Prudential Kenalkan Keuangan Sejak Dini Melalui Kegiatan ‘Bermain Bersama Sahabat Cha-Ching’

1

2

3

4

5

1
2
3
4
5

Jakarta, 14 Juli 2019 – Menyambut Hari Anak Nasional, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menyelenggarakan acara Bermain Bersama Sahabat Cha-Ching sebagai bagian dari komitmen Prudential dalam memberikan edukasi kepada anak-anak usia 7 hingga 12 tahun untuk meningkatkan pemahaman literasi keuangan mereka sejak dini. Kegiatan ini sejalan dengan fokus “We DO Good” sebagai bagian dari salah satu program Community Investment Prudential Indonesia.

Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, mengatakan “Kami percaya penting untuk memberikan kesadaran literasi keuangan sedari dini kepada anak-anak sehingga kelak mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengambil keputusan finansial di masa depan tentang bagaimana cara mengelola keuangan secara bijak dan sesuai kebutuhan. Untuk dapat menyukseskannya, kami yakin keluarga memainkan peranan yang sangat penting.”

“Hal ini pula yang mendasari kami mengadakan acara Bermain Bersama Sahabat Cha-Ching yang melibatkan keluarga Nasabah sembari merayakan Hari Anak Nasional yang tahun ini berfokus pada peran keluarga. Selain itu, acara ini juga merupakan upaya Prudential Indonesia untuk semakin melayani keluarga Indonesia,” lanjut Nini.

Keluarga merupakan unit pertama untuk penanaman nilai-nilai literasi keuangan yang sangat efektif.[1] Seperti yang digalakkan pemerintah dalam Gerakan Literasi Nasional bahwa menguasai literasi merupakan prasyarat kecakapan hidup abad ke-21, termasuk melek literasi keuangan. Pengetahuan tentang pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya keuangan sejak dini dapat bantu membangun karakter, disiplin diri, dan integritas diri anak. Keluarga dapat melatih anak sejak dini untuk penerapan literasi keuangan melalui beragam praktik, seperti membiasakan hidup jujur dan ugahari (moderasi), menabung, berderma, melakukan wirausaha, pengenalan konsep investasi, dan praktik baik lainnya[2].

Di tahun 2019, OJK memiliki target untuk meningkatkan indeks literasi keuangan hingga 35% sehingga diperlukan sinergi dari berbagai pihak untuk mewujudkannya. Prudential terus berkomitmen untuk memberikan literasi keuangan dari tahapan usia anak-anak agar dapat membentuk kebiasaan baik dengan uang. Melalui kegiatan Bermain Bersama Sahabat Cha-Ching, Prudential Indonesia memberikan pengenalan literasi keuangan dengan metode permainan di luar ruang yang praktis dan menyenangkan. Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari berbagai kegiatan yang telah dilakukan sejak program Cha-Ching diluncurkan di tahun 2011.          

Dasar pengajaran program Cha-Ching adalah dengan menanamkan empat konsep utama dalam pengelolaan uang, yaitu Earn (memperoleh), Save (menyimpan), Spend (membelanjakan) dan Donate (menyumbangkan). Sampai saat ini, Cha-Ching telah menjangkau 83.906 siswa dan 2.746 guru di seluruh Indonesia.

“Terlaksananya kegiatan Bermain Bersama Sahabat Cha-Ching dapat menjadi pengalaman seru bagi para orang tua, khususnya para Nasabah Prudential Indonesia, serta menginspirasi mereka untuk terus berkontribusi meningkatkan wawasan keuangan anak karena apa yang anak pelajari dan pahami di usianya yang masih sangat muda akan memengaruhi kemampuan mengelola keuangan mereka ketika dewasa,” ujar Nini ketika menutup kegiatan.

###

 

Tentang Cha-Ching

Cha-Ching adalah inisiatif dari Prudence Foundation, divisi Community Investment Prudential Corporation Asia. Dikembangkan dalam kemitraan dengan Cartoon Network, kanal televisi anak-anak terkemuka di Asia Pasifik dan Dr. Alice Wilder, seorang pakar bidang pendidikan dan psikologi anak pemenang Emmy Award, Cha-Ching menggunakan pendekatan naratif musikal yang menarik dan sesuai dengan usia, untuk mengajarkan anak-anak tentang empat konsep utama manajemen dasar keuangan - Earn, Save, Spend, dan Donation.

Cha-Ching adalah serangkaian video musik animasi televisi berdurasi tiga menit untuk anak-anak berusia 7 hingga 12 tahun yang diproduksi oleh dan ditayangkan di Cartoon Network. Elemen-elemen lain dari program ini termasuk website (www.cha-ching.com) dengan permainan dan aplikasi yang menampilkan skenario manajemen keuangan riil, online resources serta rencana kegiatan untuk anak-anak, orang tua dan guru.

Saat ini, program Cha-Ching telah tersedia dalam sepuluh Bahasa yang disalurkan ke 34 juta keluarga setiap harinya melalui jaringan Cartoon Network Asia.

Di tahun 2014, Prudence Foundation bekerja sama dengan Junior Achievement Asia Pacific untuk mengembangkan program Kurikulum Cha-Ching guna menyediakan kurikulum pembelajaran yang terstruktur bagi para guru untuk menanamkan empat konsep manajemen keuangan utama dalam kehidupan sehari-hari para murid. Ini adalah program terstruktur yang terdiri dari enam sesi modular 45 menit, dimana setiap sesi diajarkan melalui pembelajaran aktif, menyenangkan dan langsung yang memungkinkan siswa mempraktikkan pengetahuan yang diperoleh. Kurikulum Cha-Ching saat ini sedang diterapkan di Filipina, Indonesia, Malaysia dan Thailand. Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Kurikulum ini  telah menjangkau lebih dari 330.000 siswa di Asia.

www.cha-ching.com

 

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, London – Inggris. Di Asia, Prudential Indonesia menginduk pada kantor regional Prudential Corporation Asia (PCA), yang berkedudukan di Hong Kong. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya pada 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Prudential Indonesia telah mendirikan Unit Usaha Syariah sejak 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya.

Hingga 31 Desember 2018, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam serta 404 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia. Sampai akhir 2018 Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,1 juta nasabah yang didukung oleh lebih dari 250.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

Prudential Indonesia terdaftar di dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Luskito Hambali

Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance

Prudential Tower, Jl. Jend. Sudirman Kav. 79 Jakarta 12910

Phone  : 021 2995 8888

Fax       : 021 2995 8855

 

[1]https://www.researchgate.net/publication/315305307_PENDIDIKAN_LITERASI_KEUANGAN_PADA_ANAK_Mengapa_dan_Bagaimana

[2] http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf

Back to Top