Inisiatif Perlindungan Tambahan | Prudential Indonesia

Inisiatif Perlindungan dan Kemudahan Tambahan Terhadap Kasus Infeksi Virus Corona Jenis Covid-19

Diperbarui 20 Maret 2020

Prudential Indonesia meluncurkan inisiatif untuk memberikan perlindungan tambahan dan berbagai kemudahan bagi Nasabah yang dirancang secara khusus untuk kasus infeksi COVID-19.

Periode inisiatif ini mulai dari 28 Januari – 30 April 2020 

Perlindungan tambahan dan kemudahan ini diperuntukkan bagi seluruh Nasabah tertanggung, yang memiliki atau tidak memiliki Manfaat Asuransi Kesehatan atau Rumah Sakit, dan terdiagnosis positif terinfeksi COVID-19 oleh rumah sakit, pada periode inisiatif.

Perlindungan dan kemudahan tambahan yang diberikan adalah sebagai berikut:

  1. Santunan Tunai Tambahan sebesar Rp1.000.000/hari*: Jika Nasabah terdiagnosis positif terinfeksi COVID-19 oleh rumah sakit pada periode inisiatif, dan menjalani rawat inap, dihitung sejak tanggal awal Nasabah masuk ke rumah sakit,sampai keluar, maksimal 30 hari.
  2. Prosedur klaim mudah untuk Manfaat Tunai tambahan: Nasabah hanya perlu melampirkan surat diagnosis positif terinfeksi COVID-19 dari rumah sakit dan dokumen pendukung.
  3. Kemudahan penjaminan rawat inap: Bagi Pemegang Kartu Asuransi Kesehatan, untuk klaim cashless, Surat Penjaminan (Letter of Guarantee) awal akan langsung diberikan untuk 7 hari pertama. Bagi Nasabah yang berada di luar negeri dapat mengajukan klaim secara cashless(khusus bagi Pemegang Kartu PRUPrime Healthcare (PPH) atau PRUPrime Healthcare Plus (PPH Plus) atau secara reimbursement.
  4. Penghapusan masa tunggu untuk pengajuan pemulihan polis lapsed(tidak aktif) selama masa rawat inap: Untuk Nasabah yang terlambat membayar premi akibat positif terinfeksi COVID-19 dan diagnosisnya diberikan di periode inisiatif.
  5. Perpanjangan batas waktu penyerahan klaim reimbursement:Bagi Nasabah yang didiagnosis positif terinfeksi COVID-19 di periode inisiatif dan mengajukan klaim secara reimbursement, Prudential Indonesia memberikan perpanjangan batas waktu penyerahan klaim menjadi 120 hari.
  6. Nomor telepon dan tim khusus untuk Nasabah:Nasabah dapat menghubungi nomor 021-29958708, Senin - Jumat, pukul 8.00 - 17.00 WIB, yang didedikasikan khusus untuk menjawab pertanyaan atau klaim terkait COVID-19.

 

*Santunan Tunai Tambahan sebesar Rp1.000.000/hari tidak berlaku untuk kondisi yang telah ada sebelum Polis berlaku dan atau Pemulihan Polis (pre-existing conditions)

Yang termasuk kondisi yang telah ada sebelumnya (pre-existing conditions) adalah sebagai berikut:

  1. Pernah kontak langsung dengan siapapun yang menjalani karantina dan atau didiagnosis positif infeksi COVID-19
  2. Pernah disarankan dan atau menjalani karantina karena adanya paparan terhadap COVID-19
  3. Pernah disarankan dan atau melakukan dan atau menunggu hasil tes COVID-19
  4. Pernah dinyatakan positive terinfeksi COVID-19
  5. Pernah melakukan perjalanan ke luar negeri atau di dalam negeri yang merupakan daerah dengan angka kejadian infeksi COVID-19 yang cukup tinggi 

 

Contoh 1:

Nasabah A masuk ke Rumah Sakit (RS) ZZ karena suspek COVID-19 pada tanggal 10 Maret. Setelah 2 hari dirawat, Nasabah A dirujuk ke RS Pemerintah pada tanggal 12 Maret.  Setelah menjalani beberapa tes, tanggal 13 Maret, Nasabah A didiagnosis positif terinfeksi COVID-19. Nasabah A dirawat sampai tanggal 20 Maret dan diperbolehkan pulang karena sudah sembuh.

Nasabah A adalah Nasabah Prudential dan memiliki manfaat PRU Hospital & Surgical Plus (PRU H&S), dan terdiagnosis positif terinfeksi COVID-19 pada periode inisiatif.

Manfaat yang akan didapatkan:

  • Manfaat sesuai dengan plan PRU H&S yang Nasabah miliki, untuk di RS ZZ.
  • Untuk biaya di RS Pemerintah akan ditanggung oleh Pemerintah.
  • Santunan Tambahan Tunai sebesar Rp 10.000.000 (10 hari rawat inap di rumah sakit X Rp 1.000.000/hari.

 

Contoh 2:

Nasabah B masuk ke RS. YY karena suspek COVID-19 pada tanggal 29 April. Setelah 2 hari dirawat, Nasabah B dirujuk ke RS Pemerintah pada tanggal 1 Mei.  Setelah menjalani beberapa tes, tanggal 2 Mei, Nasabah B didiagnosis positif terinfeksi COVID-19. Nasabah B dirawat sampai tanggal 10 Mei dan diperbolehkan pulang karena sudah sembuh.

Nasabah B adalah Nasabah Prudential dan memiliki manfaat PRU Hospital & Surgical Plus (PRU H&S), dan terdiagnosis positif terinfeksi COVID-19 pada periode inisiatif.

Manfaat yang akan didapatkan:

  • Manfaat sesuai dengan plan PRU H&S yang Nasabah miliki, untuk di RS YY.
  • Untuk biaya di RS Pemerintah akan ditanggung oleh Pemerintah.
  • Santunan Tambahan Tunai sebesar Rp 11.000.000 (11 hari rawat inap di rumah sakit X Rp 1.000.000/hari)

 

Prosedur Klaim

  1. Prosedur Klaim Manfaat Tunai Tambahan
  • Mengisi Formulir Klaim Rawat Inap, yang dapat diunduh di: 

https://www.prudential.co.id/export/sites/prudential-id/.galleries/PDF/Form_Klaim_Manfaat_Rawat_Inap.pdf

serta menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yaitu:

  1. Surat diagnosis positif terinfeksi COVID-19 atau Resume Medis dari rumah sakit.
  2. Kwitansi asli atau fotokopi kwitansi yang telah dilegalisir sehubungan dengan rawat inap dari rumah sakit
  3. Hasil pemeriksaan penunjang berupa hasil serologi yang menyatakan positif COVID-19
  • Mengirimkan seluruh dokumen ke:

PT Prudential Life Assurance ke email customer.idn@prudential.co.id dengan subyek: Inisiatif Perlindungan Tambahan – Virus Corona

 

  1. Prosedur Klaim di rumah sakit di luar negeri, temasuk di Mainland China

 

  1. Prosedur Klaim di Rumah Sakit di Indonesia

 

  1. Prosedur Klaim Rawat Inap dengan reimbursement
  • Mengisi Formulir Klaim Rawat Inap, yang dapat diunduh di: 

https://www.prudential.co.id/export/sites/prudential-id/.galleries/PDF/Form_Klaim_Manfaat_Rawat_Inap.pdf

serta menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yaitu:

  1. Surat diagnosis positif terinfeksi COVID-19 atau Resume medis beserta dokumen perawatan dari rumah sakit.
  2. Kwitansi asli dari rumah sakit beserta rinciannya
  3. Hasil pemeriksaan penunjang berupa hasil serologi yang menyatakan confirmed Covid-19
  • Mengirimkan seluruh dokumen ke:

Kantor Pusat PT Prudential Life Assurance

Prudential Tower, Jalan Jend. Sudirman Kav 79, Jakarta 12910, Indonesia

Atau kirim email ke customer.idn@prudential.co.id dengan subyek: Inisiatif Perlindungan Tambahan - Virus Corona

 

Syarat & Ketentuan

  1. Inisiatif Perlindungan dan Kemudahan Tambahan ini diperuntukkan bagi seluruh Nasabah tertanggung, yang memiliki atau tidak memiliki Manfaat Asuransi Kesehatan atau rumah sakit. Perlindungan tambahan ini hanya diberikan 1x per Tertanggung (bukan berdasarkan jumlah Polis yang dimiliki) yang memenuhi persyaratan.
  2. Nasabah tertanggung terdiagnosis positif terinfeksi COVID-19 oleh rumah sakit.
  3. Penjaminan tidak berlaku jika Nasabah telah mendapatkan pembiayaan rawat inap dari Pemerintah.
  4. Memiliki Polis in-force(aktif) pada masa sebelum dirawat di rumah sakit.

 

Disclaimer

PT Prudential Life Assurance berhak untuk mengubah, memutuskan, menghentikan Inisiatif Perlindungan dan Kemudahan Tambahan Terhadap Kasus Infeksi COVID-19 sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Back to Top