Rentetan Program Kegiatan Prudential yang Harus Anda Ikuti

Melakukan hal baik dapat dimulai dari sekitar lingkungan tempat tinggal. Hal ini pula yang dilakukan oleh Prudential Indonesia. Perusahaan Asuransi yang berusia 23 tahun ini menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) di mana perusahaan beroperasi.

Community Investment

Sejatinya investasi tak hanya dalam bidang keuangan dan kesehatan. Investasi ilmu pun juga berguna untuk masa depan seseorang maupun kelompok. Sejak 2012, Prudential menggiatkan inisiatif tanggung jawab sosial dalam lingkup Community Investment. Inisiatif tersebut mendukung pemberdayaan masyarakat Indonesia agar semakin mandiri dan sejahtera.

Community Investment Prudential fokus pada empat pilar, yaitu Pendidikan, Filantropi, Kesehatan & Keamanan, serta Pemberdayaan Indonesia Timur. Untuk lebih jelas mengenai Kegiatan Prudential, berikut adalah beberapa kegiatan yang kami lakukan.

Pendidikan. Ilmu adalah investasi masa depan, Prudential berkomitmen meningkatkan literasi keuangan bagi semua kalangan. Mulai dari anak-anak, mahasiswa, perempuan, hingga masyarakat berpenghasilan rendah. Di samping itu, perusahaan juga mendukung program literasi keuangan yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Literasi keuangan untuk anak-anak berupa program Sekolah Ramah Anak Papua dan Cha-Ching. Untuk program sekolah, perusahaan menggandeng Wahana Visi Indonesia dan telah membangun perpustakaan di SD Inpres Komba dan merenovasi SD YPK Ifar Babrongko. Program Cha-Ching merupakan kegiatan digital interaktif regional yang memberikan pendidikan keuangan kepada anak-anak usia 7-12 tahun.

Sedangkan untuk mahasiswa, Prudential memberikan fasilitas dan beasiswa Program Pendidikan Aktuaria di Universitas Indonesia, serta Beasiswa Chevening untuk mahasiswa jenjang S2. Bagi masyarakat luas, perusahaan menggelar seminar Sosialisasi Keuangan Syariah, Literasi Keuangan untuk perempuan di berbagai kota di Indonesia, dan Chairman's Challenge untuk para relawan Prudential (PRUVolunteer) yang ingin berkontribusi ke masyarakat sekitar.

Filantropi. Program Filantropi yang dilakukan oleh Prudential tak lepas dari literasi keuangan. Bersama dengan OJK, perusahaan mengoperasikan SiMOLEK atau Si Mobil Literasi Keuangan dan mendukung kegiatan OJK antara lain Pasar Keuangan Rakyat serta Pasar Rakyat Syariah. SiMOLEK berada di Jakarta, Bandung, Denpasar, Surabaya, dan Medan. Selain itu, perusahaan berbagi kebahagiaan di Lembaga Pembinaan Anak.

Kesehatan & Keamanan. Sejalan dengan kegiatan bisnis perusahaan, Prudential juga mengedukasi masyarakat tentang kesehatan dan keamanan kerja. Program Asuransi Prudential ini meliputi Cancer Awareness, Safe Steps, dan Bantuan Untuk Bencana.

Cancer Awareness. Sejak 2003, perusahaan berkomitmen untuk membantu anak-anak pasien kanker untuk mendapatkan pengobatan dan ruangan memadai di rumah sakit. Perusahaan juga selalu sigap dalam memberikan bantuan bencana, seperti ketika ada bencana di Lombok dan Palu.

Selain itu, perusahaan mempunyai Safe Steps. Ini adalah informasi layanan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran. Caranya dengan memberikan informasi mengenai masalah yang mengancam kehidupan. Program ini diharapkan dapat menyelamatkan jiwa dan membangun komunitas yang tangguh.

Pemberdayaan Indonesia Timur. Kegiatan Prudential yang terakhir adalah Pemberdayaan Indonesia Timur. Perusahaan perlu memfokuskan perhatian ke Timur, karena literasi keuangan di sana paling rendah dibanding daerah lain. Untuk menyukseskan program ini, perusahaan menggandeng Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Salah satu program pemberdayaannya adalah Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda. Kegiatan tersebut memberikan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi anak muda asal Papua yang berusia 18-35 tahun. Tujuan pendidikan ini menciptakan generasi penggerak kegiatan usaha asal Papua yang tangguh, kreatif, mengikuti perkembangan zaman, serta berdaya saing tinggi.

Perusahaan percaya bahwa literasi keuangan merupakan salah satu hal penting untuk memperoleh keuangan sehat. Dan semua Program Asuransi Prudential itu menitikberatkan pada keuangan dan kesehatan.

Back to Top