Apa Itu Asuransi Pendidikan dan Seberapa Penting?

Apa itu Asuransi Pendidikan? Apakah Asuransi Pendidikan penting? Banyak pertanyaan seperti itu terlontar dari masyarakat. Tak sedikit pula yang menganggap sebelah mata tentang Asuransi Pendidikan.

Asuransi Pendidikan adalah produk asuransi yang menjamin biaya pendidikan anak hingga jenjang perguruan tinggi. Besarnya biaya ini tergantung premi yang Anda bayarkan setiap bulan. Meski demikian Asuransi Pendidikan menggabungkan manfaat dana pendidikan sekaligus Asuransi Jiwa. Namun, seberapa penting Asuransi Pendidikan untuk anak? Sangat penting.

Pasalnya, pendidikan merupakan pondasi untuk memiliki kehidupan layak bagi anak. Anak berpendidikan tinggi akan memiliki bekal ilmu untuk bekerja dengan baik, mendapatkan gaji yang sesuai skill, bermanfaat bagi lingkungan sekitar, serta mempunyai pandangan luas mengenai hal-hal yang terjadi di kehidupan. Sedangkan Asuransi Pendidikan membantu Orang Tua mewujudkan tujuan tersebut. Tidak ada ruginya memiliki Asuransi Pendidikan. Karena Anda dan anak akan merasakan manfaat penting dari asuransi, yaitu:

Memberikan Perlindungan

Hadiah terbaik untuk anak adalah masa depan yang cerah. Hal itu bisa diusahakan melalui pendidikan dan Asuransi Pendidikan. Dengan pendidikan, memungkinkan anak memilih sekolah dan mengikuti les yang menunjang cita-citanya. Sedangkan dengan Asuransi Pendidikan, anak mendapatkan perlindungan jiwa.

Jika hal buruk terjadi pada Anda, anak masih bisa mendapatkan pendidikan layak. Ia tak perlu memikirkan biaya sekolah, karena Asuransi Pendidikan akan memberikan uang pertanggungan setiap bulan.

Menyiapkan Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan setiap tahun selalu naik. Sehingga tak mengherankan jika biaya sekolah, apalagi sekolah swasta, lumayan tinggi. Bahkan sektor pendidikan menjadi salah satu penyumbang inflasi negara. Di sinilah manfaat Asuransi Pendidikan muncul. Meski ironis, tak sedikit yang beranggapan bahwa asuransi itu mahal. Padahal Asuransi Pendidikan menyiapkan semua biaya sekolah bagi anak Anda.

Ya, Asuransi Pendidikan telah memikirkan kenaikan biaya sekolah. Sehingga Orang Tua dapat mempersiapkan dana tanpa rasa khawatir. PRULink Edu Protection dari Prudential Indonesia telah melakukannya. Asuransi Pendidikan ini telah menghitung dampak inflasi terhadap kenaikan biaya sekolah.

Jadi asuransi memberlakukan setiap tiga tahun sekali manfaat bulanan naik sebesar 15 persen dari nilai awal. Premi awalnya adalah minimal Rp500.000 per bulan. Selama Anda mampu secara finansial, ada baiknya semakin cepat menyiapkan biaya pendidikan. Sehingga pendidikan anak akan terjamin.

Fasilitas Asuransi

Pertimbangan dalam memilih asuransi adalah fasilitasnya. Biasanya, Asuransi Pendidikan tidak berdiri sendiri. Asuransi Pendidikan dan Asuransi Jiwa akan menggandeng Asuransi Tambahan (Riders). Namun pilih Riders sesuai kebutuhan Anda.

Selain itu, pertimbangankan mengenai fasilitas pencairan dana. Pasalnya tak sedikit asuransi telah menentukan waktu pencairan. Di luar waktu tersebut, dana tidak dapat dicairkan. Ada baiknya, Anda pilih asuransi yang memberikan keluwesan soal waktu pencairan. Alternatif lain, pilih Asuransi Pendidikan dengan fasilitas investasi. Karena memungkinkan Anda mencairkan dana investasi tanpa mengganggu premi asuransi bulanan.

Perencanaan matang akan memberikan Anda manfaat penting asuransi. Bukan hanya untuk Anda, juga untuk pendidikan dan masa depan anak.

Back to Top