3 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan yang Perlu Dilakukan

Seperti yang sudah kita tahu, jelang akhir tahun hingga awal bulan musim hujan turun di sebagian besar wilayah di Indonesia. Terlebih lagi dengan adanya bencana banjir yang melanda sebagian besar kota di Jabodetabek belakangan ini. Tak bisa dipungkiri menjaga kesehatan saat musim hujan pun harus dilakukan. Akan ada banyak penyakit yang berdatangan saat musim hujan, mulai dari terkena influenza, DBD, tifus, dan masih banyak lagi.

Nah, agar kamu terhindar dari penyakit di atas tadi, sebaiknya lakukan 3 hal berikut ini untuk menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan tiba. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

  1. Selalu Sediakan Payung & Jas Hujan

Untuk Anda yang bepergian dengan menggunakan kendaraan umum, tips menjaga kesehatan saat hujan yang pertama adalah dengan selalu menyediakan payung & jas hujan, meskipun saat Anda ingin keluar rumah matahari terlihat cerah, namun kita tidak tahu bahwa nantinya bisa saja turun hujan yang lebat. Untuk menghindari Anda mengalami risiko terkena penyakit flu dan demam, sebaiknya jangan pernah meninggalkan kedua barang tersebut, ya.

  1. Jaga Pola Makan yang Teratur & Cukupi Asupan Cairan

Menurut Kemenkes, sebaiknya selama musim hujan tiba Anda harus menjaga pola makan yang teratur agar tetap sehat selama musim hujan. Perlu diketahui bahwa asupan gizi merupakan salah satu aspek terpenting bagi daya tahan tubuh, lho. Bila Anda kurang nutrisi, daya tahan tubuh akan menurun, sehingga akan ada banyak penyakit yang mudah masuk dan berkembang, terlebih lagi saat musim hujan.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan secara teratur, mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. Usahakan juga, kalau Anda mengonsumsi makan-makanan yang sehat, hindari konsumsi makanan yang berminyak atau goreng-gorengan, ya. Selain jaga pola makan yang teratur, Anda juga harus cukupi kebutuhan air dalam tubuh dan konsumsi minimal 2 liter air per harinya, agar tidak dehidrasi.

  1. Mandi Air Hangat & Jaga Kebersihan

Tips menjaga kesehatan saat musim hujan yang terakhir yakni mandi air hangat. Banyak orang yang terkena hujan saat pulang kantor. Usai terjebak hujan, demi meningkatkan suhu tubuh kita, sebaiknya Anda langsung membilas tubuh dan mandi dengan air hangat.

Tak hanya menghangatkan tubuh saja, cara ini juga mampu membantu kita untuk menyingkirkan kuman dan melindungi tubuh kita dari infeksi. Selain mandi air hangat, Anda juga perlu untuk selalu menjaga kebersihan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan Anda, mulai dari membersihkan kamar tidur, toilet, halaman rumah, dan ruangan lainnya agar tidak menjadi sarang bakteri yang menimbulkan penyakit.

Nah, itu tadi 3 tips menjaga kesehatan saat musim hujan yang bisa Anda lakukan. Meskipun begitu, rasanya kurang lengkap jika Anda tidak dibarengi dengan perlindungan yang tepat.

Salah satu perlindungan yang bisa diandalkan dan terjangkau adalah PRUSafe Guard. Merupakan produk asuransi dari Prudential Indonesia, PRUSafe Guard menawarkan banyak manfaat yang bisa Anda miliki, mulai perlindungan jiwa, manfaat kecelakaan, dan penyakit khusus. Tersedia juga Premi yang terjangkau dan bisa dikembalikan pada akhir masa perlindungan. Produk ini memberikan perlindungan selama 15 tahun dengan masa pembayaran Premi yang hanya 10 tahun saja.

Back to Top