Ketahui Perbedaan Asuransi Cashless dan Reimburse Agar Tidak Salah | Prudential Indonesia

Ketahui Perbedaan Asuransi Cashless dan Reimburse Agar Tidak Salah

Jika ini pertama kalinya Anda memutuskan untuk memiliki Asuransi Kesehatan, tentu ada beberapa hal yang perlu dipahami. Mulai dari jumlah Premi, jenis kebutuhan Asuransi Kesehatan, batasan usia, kredibilitas asuransi, hingga sistem klaim yang ada.

Tak hanya itu saja, Anda pun harus mengetahui juga tata cara penggantian biaya yang diberikan oleh perusahaan. Biasanya perusahaan hanya menerapkan dua sistem saja, yakni cashless dan juga reimburse. Untuk mengetahui perbedaannya, mari simak ulasan berikut ini!

Perbedaan Asuransi Cashless dan Reimburse

Tentunya, sistem cashless akan jauh lebih mudah dan sederhana, karena hanya perlu menunjukkan kartu Asuransi Kesehatan milik Anda pada saat proses pembayaran. Nantinya, pihak rumah sakit akan mengecek masa aktif atau akan diberlakukan seperti kartu debit yang digesek ke mesin.

Sedangkan sistem reimburse biasanya akan melalui beberapa proses terlebih dahulu. Memang sih, cara ini terbilang cukup rumit tapi akan mudah jika Anda sudah memahami cara kerjanya. Anda harus melampirkan formulir yang harus diisi dari Perusahaan Asuransi, serta melampirkan kuitansi saat berobat.

Biasanya, beberapa asuransi pun juga akan meminta keterangan dari dokter yang lengkap. Selain itu, sistem reimburse sangat berbeda dengan cashless, Anda diwajibkan mengeluarkan biaya sendiri terlebih dahulu, selanjutnya baru melakukan klaim.

Kelebihan dan Kekurangan Reimbursement

Seperti yang sudah dibahas di atas, kekurangan dari reimbursement yakni Anda harus mengeluarkan biaya sendiri terlebih dahulu, dan baru nantinya dapat mengajukan klaim kepada Perusahaan Asuransi.  Sedangkan kelebihan reimbursement yakni jangkauan rumah sakit lebih luas, ketimbang sistem cashless.

Baca Juga: Milennial, Ini 5 Manfaat Investasi Sejak Muda yang Sebaiknya Cepat Dilakukan

Kelebihan Asuransi Cashless

Perlu diketahui juga, bahwa kelebihan cashless tentunya lebih praktis dan dapat langsung Anda gunakan saat melakukan pembayaran, karena tinggal gesek seperti menggunakan kartu debit atau menunjukkan kartu asuransi kepada pihak rumah sakit. Anda tidak perlu melakukan klaim jika menggunakan asuransi cashless.

Setiap kelebihan, pasti selalu ada kekurangan. Cashless sendiri pun memiliki kekurangan yakni biaya Premi yang lebih tinggi dibandingkan sistem reimbursement. Biasanya, sistem cashless akan menanggung biaya tambahan demi kenyamanan mendapatkan pelayanan dari asuransi terkait.

Itu tadi perbedaan asuransi Cashless dan juga Reimbursement yang bisa Anda ketahui. Jika Anda masih bingung memutuskan pilihan dalam memilih asuransi yang pas untuk kebutuhan Anda, Prudential Indonesia pun menawarkan PRULink Generasi Baru. Produk yang satu ini memberikan perlindungan jiwa untuk para Nasabahnya.

PRULink Generasi Baru memberikan perlindungan berupa Uang Pertanggungan hingga usia 99 tahun dan dikaitkan dengan investasi.

Baca Juga: 4 Investasi Terbaik 2020 untuk Tambah Penghasilan

Back to Top