Kasus Pneumonia Melonjak, Prudential Indonesia Dukung Pemerintah Tekan Angka Kasus Pneumonia Lewat Vaksinasi

Jakarta, September 2023 - Kualitas udara perkotaan yang buruk di Jakarta, membuat masyarakat semakin riskan terpapar penyakit pneumonia, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dan asma. Khusus pneumonia, saat ini penyakit tersebut masih menjadi fokus perhatian pemerintah karena mayoritas menyerang balita, di mana menurut WHO, risiko kematiannya mencapai 14% pada 2019. Urgensi terkait risiko pneumonia ini mendorong Prudential Indonesia untuk ikut mendukung pemerintah menekan angka kasus pneumonia dengan sosialisasi tentang pentingnya publik memahami antisipasi dan perlindungan dari risiko penyakit ini melalui vaksinasi.

Mengutip laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada April 2023, pneumonia termasuk dalam daftar 10 penyakit dengan jumlah kasus terbesar. Penyakit ini bersifat kritis karena berisiko memicu peradangan pada kantong-kantong udara (alveoli) pada salah satu atau kedua paru-paru[2]. Umum terjadi pada anak-anak, populasi usia lanjut, dan pasien dengan komorbid, pneumonia seringkali disebabkan oleh bakteri, yang akan bereaksi ketika terkena infeksi virus tertentu seperti demam atau flu. Beberapa faktor lain juga dapat memicu tingkat kronis penyakit ini, seperti riwayat perokok aktif dan pasif, paparan polusi udara, dan lainnya.

Karin Zulkarnaen, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia mengatakan, “Inisiatif yang kami lakukan merupakan wujud komitmen berkelanjutan Prudential Indonesia dalam mengajak masyarakat senantiasa mengedepankan hidup yang sehat untuk masa depan lebih baik. Vaksinasi pneumonia sangat penting dilakukan demi meminimalisir angka kematian akibat penyakit ini. Upaya ini  sejalan dengan tekad pemerintah untuk fokus menekan angka kasus pneumonia  guna memastikan hidup lebih sehat dan produktif.”

Terkait peningkatan kasus pneumonia, data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta  menyebutkan di awal 2023 pneumonia mengalami kenaikan 400 kasus dibandingkan awal tahun 2022 yang hanya 200 kasus. Prudential Indonesia juga mencatat jumlah klaim pneumonia masuk dalam 10 besar kasus terbanyak yang mengajukan klaim di bulan Agustus di wilayah Jakarta. Untuk bronchopneumonia dari yang sebelumnya ada di peringkat 6 klaim terbanyak pada bulan Juli, naik ke peringkat 4 pada bulan Agustus. Sementara untuk kasus pneumonia berada di peringkat 7 dengan jumlah klaim terbanyak.

Oleh karenanya vaksinasi menjadi tameng pencegahan dini terhadap pneumonia, sehingga dapat semakin menekan risiko terserang pneumonia, yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi hidup lebih sehat.

Guna mendukung sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi pneumonia, Prudential Indonesia bersinergi dengan mitra bisnis PT Pfizer Indonesia dan Prodia. Pfizer merupakan produsen Vaksin PCV 13 yang merupakan vaksin pneumonia dan bisa digunakan untuk segala usia. PCV 13 adalah vaksin yang memberikan kekebalan terhadap 13 strain bakteri streptococcus pneumonia yang menyebabkan pneumonia pada manusia. Pfizer memberikan vaksin pneumonia secara gratis khususnya bagi nasabah Prestige by Prudential.

Sementara itu, Prodia memberikan harga khusus bagi karyawan Prudential Indonesia beserta keluarganya, dan juga tenaga pemasar, untuk melakukan vaksinasi pneumonia dengan vaksin PCV 13 dari Pfizer di klinik Prodia. Prodia juga memberikan harga khusus untuk melakukan pemeriksaan tambahan berupa rontgen thorax dan panel healthy life I – IV setelah melakukan vaksinasi PCV 13.

Sinergi bersama Pfizer dan Prodia sekaligus melengkapi misi Prudential Indonesia untuk membantu masyarakat hidup lebih sehat, yakni melalui peningkatan pelayanan agar selalu relevan dengan perubahan zaman, serta selalu terdepan memberi perlindungan kepada keluarga Indonesia dalam melewati masa-masa sulit.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk memberikan kontribusi berkelanjutan agar masyarakat dapat memperoleh yang terbaik dalam kehidupan, termasuk akses terhadap vaksin pneumonia, sehingga dapat membantu masyarakat Indonesia semakin #YakinMelangkah menuju kehidupan yang lebih sehat dan sejahtera,” tutup Karin.

 

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential PLC, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi pertamanya pada 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia.

Hingga 31 Desember 2022, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 6 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Batam serta 356 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia. Sampai akhir 2022, didukung oleh lebih dari 150.000 Tenaga Pemasar berlisensi.

Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Corporate Communications Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance

Email: communications@prudential.co.id

Prudential Centre - Kota Kasablanka 17th Floor

Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia