Prudential Indonesia Tingkatkan Edukasi dan Kesadaran Anti-Scam Melalui Risk Awareness Series 2025
Jakarta, Agustus 2025 - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan salah satu pemimpin pasar di industri asuransi jiwa di Indonesia yang terus konsisten memiliki kinerja keuangan yang kokoh selama hampir 30 tahun. Hal ini terlihat dari tingkat solvabilitas yang kuat dan senantiasa memegang teguh terhadap kepatuhan dan menjalankan bisnisnya dengan prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance), salah satunya dalam hal meminimalisir dan mengatasi terjadinya fraud/penipuan seperti scam khususnya dalam proses transaksi di sektor jasa keuangan termasuk industri asuransi. Oleh karena itu, untuk mendukung upaya perusahaan untuk terus memastikan dan mencegah terjadinya fraud dari risiko serangan siber, perusahaan kembali menyelenggarakan program Risk Awareness Series 2025 di Jakarta.
Seminar edukatif bertema “Behind the Mask: Uncovering the Psychology and Tactics of Modern Scams” ini diikuti oleh 800 peserta baik online maupun offline, dengan kehadiran para ahli dan praktisi antara lain Budi Santoso (Founder & Managing Director Asta Benah Daya Consulting, dan Vice President Training and Research ACFE) dan Agus Bangun Rahardja (Director PT Global Investigasi). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh pegawai dan tenaga pemasar Prudential Indonesia terhadap berbagai modus scam yang kian kompleks di era digital, mulai dari email phishing, penipuan belanja online, peluang investasi palsu, hingga pencurian identitas yang menargetkan segala lapisan masyarakat.
Tony Benitez, President Director Prudential Indonesia menyampaikan, “Sebagai mitra dan pelindung tepercaya bagi keluarga Indonesia, kami senantiasa menerapkan kepatuhan dan mewujudkan tata kelola perusahaan dengan memastikan internal perusahaan memiliki kewaspadaan tinggi dan siap melindungi diri sendiri termasuk dalam menjaga keamanan data dan transaksi nasabah dari risiko scam tersebut.” Ia menambahkan bahwa risk awareness series ini juga sebagai pengingat bahwa menjaga keamanan informasi dan data pribadi merupakan tanggung jawab bersama.
Adapun berbagai program untuk menghindari dan memitigasi terjadinya scam yang telah diinisasi oleh Prudential Indonesia, antara tidak menolerir segala bentuk tindakan fraud, pemetaan risiko fraud, sistem deteksi dini perilaku kecurangan, dan prosedur respon terhadap kasus fraud. Maria Rosalinda, Chief Risk & Compliance Officer, Prudential Indonesia, juga menegaskan komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang teredukasi, patuh terhadap regulasi dan mampu mengenali dan mencegah potensi dan risiko scam. “Peningkatan kesadaran dan edukasi yang dimulai dari pegawai dan tenaga pemasar agar dapat mengenali, menghindari, melaporkan, dan memulihkan diri dari scam,”kata Maria.
Hal ini juga sejalan dengan Peraturan OJK nomor 12 tahun 2024 tentang Penerapan Strategi Anti Fraud bagi Lembaga Jasa Keuangan, di mana setiap lembaga jasa keuangan diwajibkan untuk mengembangkan dan menerapkan strategi anti-fraud yang komprehensif untuk mencegah, mendeteksi dan menanggapi aktivitas penipuan.
Budi Santoso, Founder & Managing Director Asta Benah Daya Consulting, dan Vice President Training and Research ACFE menjelaskan bahwa modus Penipuan telah berevolusi dimulai dari metode manual, sekarang telah menjadi digital. Ke depannya modus penipuan ini akan semakin berkembang, dan menggunakan teknologi yang semakin canggih. Hal ini akan membuat sistem konvensional semakin sulit untuk mengidentifikasi aksi para penipu.
Pernyataan tersebut didukung oleh pemaparan dari Bapak Agus Bangun Rahardja, Director PT Global Investigasi, “Tantangan dalam memberantas fraud di industri asuransi amat nyata. Dibutuhkan ketekunan dan keberanian untuk melakukan investigasi lapangan dan juga memiliki SOP yang mumpuni dalam merespon kasus fraud.”
Prudential Indonesia juga senantiasa bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, untuk terus meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan risiko dan bahaya dari scam dan meningkatkan layanan kepada nasabah yang didukung inovasi teknologi seperti sistem Electronic Know Your Customer (eKYC) dan tanda tangan digital pada pengajuan polis baru secara opsional. Tujuannya ialah memberikan ketenangan bagi nasabah ketika melakukan transaksi dan menginformasikan data pribadinya kepada Prudential Indonesi, sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi di Indonesia.
Ke depannya, Prudential Indonesia berharap pegawai dan tenaga pemasar Prudential Indonesia dapat menjadi agen perubahan dalam membangun budaya anti-scam di lingkungan kerja maupun masyarakat luas. “Dengan meningkatnya literasi digital serta pemahaman mengenai modus penipuan, dalam jangka panjang, perusahaan dapat terus mendukung terciptanya ekosistem industri asuransi yang sehat dan terpercaya bagi nasabah agar merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi,”ungkap Maria.
Tentang Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.
Pada tahun 2024, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 5 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan, serta 309 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 72.000 Agen/Mitra Bisnis Agency berlisensi.
Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Corporate Communications Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance
Email: communications@prudential.co.id
Prudential Centre - Kota Kasablanka 17th Floor
Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia