Ajak Generasi Muda Jawa Timur Melek Finansial, Prudential Indonesia Berpartisipasi Aktif di Financial Expo 2025 dan Hadirkan Program CUAP Bareng Prudential di Surabaya

Surabaya, 29 Oktober 2025 - Kolaborasi menjadi kunci dalam memperluas dampak literasi dan inklusi keuangan nasional. Dengan semangat tersebut, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali mengambil peran aktif dalam Financial Expo 2025 (FinExpo 2025), yang merupakan bagian dari rangkaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) dan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ajang tahunan ini mengusung tema “Inklusi Keuangan untuk Semua, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju” dan berfokus pada peningkatan pemahaman serta akses keuangan masyarakat secara menyeluruh.

Tahun ini, Surabaya dipilih menjadi tuan rumah sebagai respons terhadap hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2025, yang menunjukkan indeks inklusi keuangan di Jawa Timur mencapai 92,99%, sementara indeks literasi keuangannya masih 55,32%. Data ini menunjukkan tingginya akses terhadap layanan keuangan, namun juga menegaskan pentingnya edukasi yang lebih masif dan kolaboratif agar masyarakat dapat memanfaatkannya secara optimal.

Prudential Indonesia mengambil peran aktif dalam momentum ini untuk memperluas dampak edukasi melalui pendekatan kolaboratif. Bersama regulator, mitra komunitas, dan publik, Prudential menghadirkan berbagai aktivitas yang dapat menginspirasi masyarakat untuk menjadi lebih cerdas dan mandiri secara finansial. Salah satu sorotan utama adalah sesi talkshow bersama Influencer Ribut Santoso yang membahas pentingnya perencanaan keuangan dan proteksi asuransi sebagai pondasi hidup yang tangguh dan berkelanjutan.

Lebih dari sekadar kegiatan edukatif, Prudential Indonesia juga menggelar CUAP Gathering Surabaya dengan topik “Personal & Content Branding in the Digital Era: Turn Content into Winning Strategy”. Acara ini menghadirkan Stefani Angelia (Cinfung), Content Creator, dan mengajak para peserta, mulai dari mahasiswa, first jobbers, hingga ibu rumah tangga berusia 17–35 tahun, untuk belajar cara membangun personal branding dan membuat konten digital yang menarik, bermakna, dan berdampak positif.

Selain mengasah kemampuan kreatif, acara ini juga menjadi sarana untuk mengenalkan lebih jauh tentang CUAP Bareng Prudential, sebuah program digital yang mengajak generasi muda menjadi Cuapers, yaitu komunitas kreator yang menyebarkan edukasi keuangan lewat media sosial dengan cara yang ringan, seru, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia mengatakan, “Generasi muda adalah motor perubahan. Melalui CUAP, kami ingin membantu mereka mengelola keuangan dengan lebih cerdas, memahami pentingnya proteksi diri dan keluarga, sekaligus menjadi agen perubahan finansial di komunitas mereka. Kegiatan seperti Cuap Gathering di Surabaya menjadi bukti nyata bagaimana edukasi finansial bisa dikemas dengan cara yang seru, relevan, dan memberdayakan.”

Hingga Oktober 2025, lebih dari 1.500 Cuapers aktif telah bergabung dalam gerakan ini dan menjangkau berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia. Sejak 2024 hingga Agustus 2025, berbagai inisiatif literasi keuangan Prudential Indonesia juga telah menjangkau lebih dari 62 juta masyarakat, mulai dari anak muda, perempuan, pelaku UMKM, hingga kelompok disabilitas.

“Literasi keuangan tidak bisa dilakukan sendirian. Hanya melalui kolaborasi erat antara regulator, sektor swasta, dan masyarakat, kita dapat membangun ekosistem finansial yang kuat dan berkelanjutan,” lanjut Karin.

Dengan semangat “For Every Life, For Every Future”, Prudential Indonesia terus berkomitmen menghadirkan solusi perlindungan dan pemberdayaan finansial yang inklusif, agar semakin banyak masyarakat Indonesia mampu mencapai masa depan yang lebih aman, sehat, dan sejahtera.

***

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung tepercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.

Pada tahun 2024, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 5 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan, serta 309 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 80.000 Agen/Mitra Bisnis Agency berlisensi.

Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Corporate Communications Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assuranceiara
Email: communications@prudential.co.id
Prudential Centre - Kota Kasablanka 17th Floor
Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia