Prudential Indonesia Perkuat Pemberdayaan Kreator Muda Bali Melalui Influencer Gathering bersama Cuap bareng Prudential

Denpasar, November 2025 - Perluas jangkauan edukasi finansial ke lebih banyak kota di Indonesia, Prudential Indonesia menjadikan Denpasar sebagai tujuan berikutnya untuk menghadirkan Influencer Gathering dan memberdayakan kreator muda melalui konten digital yang positif dan informatif. Setelah sukses digelar di Surabaya pada 25 Oktober dan Medan pada 15 November, kehadiran Influencer Gathering bersama Cuap bareng Prudential pada 22 November 2025 di The Brass Bali, menegaskan komitmen Prudential Indonesia dalam mendorong generasi muda menjadi lebih cerdas, kreatif, dan berdampak dalam menyebarkan literasi keuangan.

Bali memiliki ekosistem kreator digital yang berkembang pesat. Sepanjang 2024, tercatat 7.927 unit usaha ekonomi kreatif, tumbuh 59% dari tahun sebelumnya, didukung akses internet Bali yang termasuk terbaik di Indonesia[1]. Namun, di balik potensi tersebut, tantangan literasi keuangan masih nyata. Meskipun Indeks Inklusi Keuangan Bali mencapai 92,21%, tingkat literasi keuangan baru berada di angka 57,66%[2], menandakan perlunya pemahaman finansial yang lebih kuat. Dari lebih dari 448 ribu UMKM di Bali, baru sekitar 34% yang telah mengadopsi digitalisasi pemasaran dan keuangan, memperlihatkan pentingnya edukasi finansial yang dikemas secara kreatif dan dekat dengan budaya digital anak muda.

Dalam konteks tersebut, Influencer Gathering Bali dari Prudential Indonesia hadir sebagai jembatan antara kreativitas digital dan pemahaman finansial. Acara yang dihadiri 113 kreator konten lokal, serta komunitas kreatif Denpasar ini mengajak peserta mengikuti sesi berbagi wawasan mengenai personal branding, storytelling di media sosial, serta cara menciptakan konten edukasi finansial yang ringan namun substansial. Peserta juga mempraktikkan langsung pembuatan agar mereka mampu menghasilkan materi edukatif yang bisa disebarkan secara konsisten di kanal digital mereka.

Acara ini turut menghadirkan Nyoman David, konten kreator, yang membagikan pengalaman kreatif dan strategi membangun engagement di tengah pasar konten yang kompetitif. Kehadiran kreator lokal Bali memberi inspirasi bagi peserta untuk menggabungkan kreativitas dengan pesan edukatif yang berdampak bagi masyarakat.

Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia, menyampaikan pentingnya peran kreator muda dalam memperluas literasi keuangan di Indonesia. “Generasi muda adalah motor perubahan. Melalui Influencer Gathering dari Prudential Indonesia dan hadirnya Cuap bareng Prudential, kami ingin membangun generasi yang lebih cerdas secara finansial, kreatif, dan berdampak. Kami berharap para kreator muda dapat menghasilkan konten yang positif dan impactful, sekaligus memberikan edukasi finansial yang bermanfaat bagi komunitas mereka. Influencer Gathering ini menunjukkan bahwa literasi keuangan bisa dikemas dengan cara yang kreatif, relevan, dan memberdayakan.”

Program Cuap (Cerita Untuk Akses Perlindungan) bareng Prudential merupakan inisiatif afiliasi dari Prudential Indonesia yang memungkinkan siapa pun—mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga produktif, pekerja muda, hingga kreator digital—untuk memperoleh penghasilan tambahan hanya dengan membagikan konten edukasi keuangan dan informasi produk proteksi. Dengan materi konten yang siap pakai, proses pembuatan konten menjadi lebih mudah, dan para Cuapers berkesempatan mendapatkan insentif berdasarkan konversi tautan Cuap mereka. Program ini menjadi solusi fleksibel yang sejalan dengan tren anak muda yang mencari peluang pendapatan digital dan pekerjaan kreatif berbasis komunitas.

Dengan mengusung komitmen untuk menghadirkan edukasi finansial yang inklusif dan mudah diakses, Prudential Indonesia berharap semakin banyak kreator muda Bali yang terdorong untuk menciptakan konten yang informatif, menginspirasi, dan membantu masyarakat memahami cara mengelola keuangan untuk masa depan yang aman, sehat, dan sejahtera.

[1] https://ojk.go.id/id/Publikasi/OJK-Daerah/Siaran-Pers-Daerah/Pages/Siaran-Pers-KOJK-Provinsi-Bali---Kinerja-Industri-Jasa-Keuangan-Provinsi-Bali-Posisi-Desember-2024-Tumbuh-Positif-dan-Terja.aspx

[2] https://katabali.com/2024/11/gelar-edukasi-cakap-erwin-ingatkan-indeks-literasi-keuangan-bali-57-66-penting-perluasan-digitalisasi/

***

Tentang Prudential Indonesia

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung tepercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.

Pada tahun 2024, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 5 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan, serta 309 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 80.000 Agen/Mitra Bisnis Agency berlisensi.

Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Corporate Communications Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assuranceiara
Email: communications@prudential.co.id
Prudential Centre - Kota Kasablanka 17th Floor
Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia