Prudential Indonesia Dorong Literasi Keuangan pada Bulan Inklusi Keuangan untuk Perempuan Indonesia
Jakarta, 13 Oktober 2025 – Dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2025, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) kembali mengadakan kegiatan Financial Literacy for Women Chapter Jakarta bertema “Generasi Cerdas Keuangan: Perempuan Berdaya, Ekonomi Jaya”. Kegiatan yang dihadiri 671 peserta luring dan daring ini bertujuan meningkatkan literasi keuangan perempuan agar semakin percaya diri mengelola keuangan keluarga, memahami risiko keuangan, serta mampu berkontribusi lebih besar pada ketahanan ekonomi keluarga dan masyarakat.
Dalam sambutannya, Hj. Arifatul Choiri Fauzi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, turut menyampaikan bahwa pemberdayaan perempuan juga menjadi bagian dari upaya menciptakan keluarga yang sejahtera dan terlindungi. “Perempuan adalah tiang negara, dan di balik perempuan yang hebat ada dukungan keluarga, terutama suami. Dari sisi pemerintah, kami terus memperkuat program pemberdayaan ekonomi perempuan agar para ibu di seluruh Indonesia bisa hidup bahagia dan sejahtera. Harapannya, kegiatan seperti ini tidak berhenti di sini, tetapi berlanjut dengan tindak lanjut nyata di lapangan.”
Dalam kesempatan yang sama, Dr. Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK, mengatakan, “Tingkat literasi keuangan yang masih rendah juga membuat perempuan menjadi kelompok yang paling rentan terhadap kejahatan finansial digital. Perempuan perlu semakin sadar dan berhati-hati agar tidak menjadi korban. Semakin tinggi literasi keuangan, semakin besar pula kemampuan kita untuk melindungi diri dan keluarga.”
Data Satgas PASTI OJK melalu IASC[1] menunjukkan, sepanjang 2024 terdapat lebih dari 200.000 laporan aktivitas keuangan ilegal dengan total kerugian mencapai sekitar Rp6 triliun. Modus yang paling sering ditemukan meliputi penipuan jual beli online, fake call, phishing, penawaran investasi palsu, hingga love scam. Sebagian besar korbannya adalah perempuan, yang sering menjadi sasaran karena perannya sebagai pengatur keuangan rumah tangga. Friderica menekankan pentingnya kemampuan dasar seperti mengenali lembaga keuangan yang terdaftar di OJK, memahami kontrak sebelum menandatangani perjanjian, dan berani menolak tawaran yang tidak logis.
Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia menyebutkan, “Momentum Bulan Inklusi Keuangan ini mengingatkan kita bahwa perempuan punya peran besar dalam menjaga stabilitas ekonomi keluarga. Ketika seorang ibu memahami nilai dan pengelolaan uang, ia tidak hanya melindungi keluarganya, tetapi juga mewariskan pengetahuan finansial kepada anak-cucunya. Maka, dengan pemahaman finansial yang baik, mereka bisa melindungi keluarga dari risiko tak terduga dan mengambil keputusan yang lebih bijak.”
Dr. Hj. Siti Ma’rifah, S.H., M.H., M.M., Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah, menambahkan bahwa konteks perempuan sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak menjadikan literasi keuangan semakin penting. “Dengan memahami cara mengelola keuangan rumah tangga, menabung, hingga berinvestasi, perempuan bisa membuat keputusan finansial yang cerdas. Mereka adalah perintis dan pewaris nilai-nilai keuangan keluarga. Ketahanan keluarga sangat terkait dengan ketahanan ekonomi, karena itu perempuan berdaya berarti ekonomi jaya. Sebagai bagian dari ekosistem ekonomi syariah, kami terus mendukung upaya literasi keuangan agar perempuan siap menghadapi setiap guncangan ekonomi dengan bijak.”
Melalui workshop edukasi keuangan dalam program Financial Literacy for Women, Prudential Indonesia mengajak perempuan untuk memahami prinsip dasar pengelolaan keuangan seperti memisahkan dana darurat dan tabungan harian, membedakan kebutuhan dan keinginan (needs vs wants), serta pentingnya menabung dan berinvestasi secara konsisten. Prudential berharap semakin banyak perempuan melek finansial dan mandiri, sehingga dapat menciptakan efek domino yang membawa dampak positif bagi keluarga dan masyarakat luas, sekaligus menjadi agen perubahan dalam membangun ekonomi Indonesia yang lebih inklusif dan tangguh.
Sejak 2009, melalui program Financial Literacy for Women, Prudential Indonesia telah mengedukasi lebih dari 77 ribu perempuan Indonesia dan menjangkau lebih dari 35 juta orang (awareness) melalui edukasi di media sosial. Prudential menyelenggarakan berbagai workshop, baik secara offline maupun online, di kota-kota prioritas yang ditetapkan OJK untuk Prudential sepanjang tahun 2025, seperti Jakarta Utara, Pacitan, Blitar, dan Bondowoso, bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah.
[1] https://monitorday.com/temuan-ojk-soal-penipuan-keuangan-sepanjang-nov-2024-sept-2025-buat-merinding/
***
Tentang Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, yang menyediakan asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika. Dengan menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi saat ini dan generasi mendatang, dengan menyediakan solusi keuangan dan kesehatan yang sederhana dan mudah diakses.
Hingga Kuartal III 2024, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 5 kantor pemasaran di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan. serta 320 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Indonesia, dan didukung oleh lebih dari 87.000 Tenaga Pemasar berlisensi.
Prudential Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:
Corporate Communications Prudential Indonesia
PT Prudential Life Assurance
Email: communications@prudential.co.id
Prudential Centre - Kota Kasablanka 17th Floor
Jl. Kasablanka, kav. 88, Jakarta Selatan 12870, Indonesia
