“PRUPoints”
Apa itu PRUPoints dan siapa yang bisa mendaftar?
PRUPoints adalah program loyalitas Nasabah/Peserta yang dikelola oleh PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) yang dirancang untuk memberikan rewards kepada Nasabah/Peserta setia Prudential Indonesia dan Prudential Syariah. Melalui PRUPoints, Nasabah/Peserta dapat mengumpulkan poin dari berbagai transaksi dan menukarkan poin tersebut dengan hadiah menarik.
-
Nasabah/Peserta Eligible yang dapat mengikuti program PRUPoints:
-
Nasabah/Peserta yang membeli Polis individual dari Tenaga Pemasar dan Bancassurance (tidak termasuk Nasabah/Peserta Polis Kumpulan (korporat) seperti PT, CV, Yayasan, dll)
-
Nasabah/Peserta memiliki Polis aktif di Prudential Indonesia dan/atau Prudential Syariah.
-
Nasabah/Peserta pemilik Polis individu produk tradisional dan unit link baik untuk konvensional maupun syariah.
-
Penentuan Loyalty Level pada awal registrasi dan setelahnya.
-
Loyalty Level Nasabah/Peserta:
-
Kriteria per Loyalty Level awal saat registrasi.
|
Level |
Total Premi/Kontribusi |
||
|
Yang dibayarkan 12 bulan terakhir* |
ATAU |
Yang disetahunkan |
|
|
Pro |
< Rp12 juta |
< Rp12 juta |
|
|
Elite |
≥ Rp12 juta sampai dengan |
≥ Rp12 juta |
|
|
Elite+ |
≥ Rp240 juta sampai dengan |
|
|
|
Prestige** |
≥ Rp500 juta atau Uang Pertanggungan ≥ Rp10 miliar |
|
|
*Total Premi/Kontribusi yang dihitung termasuk dari produk dengan pembayaran berkala, pembayaran tunggal (Single premium), dan top-up berkala (PRUSaver)
**Nasabah/Peserta yang sudah menjadi bagian dari Prestige by Prudential otomatis akan masuk Level Prestige
Contoh penentuan Loyalty Level awal saat registrasi.
|
No. |
Kondisi |
Kriteria |
Level |
|
1. |
Nasabah A memiliki PRUWell Medical dari tahun 2023 dengan Premi yang dibayarkan Rp500 ribu/bulan. Total Premi Nasabah A yang dibayarkan 12 bulan terakhir Rp6 juta/tahun |
Masuk dalam kriteria “Total Premi/Kontribusi yang dibayarkan 12 bulan terakhir <Rp12 juta.” |
Pro |
|
2. |
Nasabah B baru membeli dan melakukan pembayaran Polis PRUWell Medical pada bulan Juli 2025 dengan nilai Premi Rp1 juta/bulan dan baru register PRUPoint di bulan September 2025. Total Premi Nasabah B yang dibayarkan pada bulan Juli - September adalah Rp3 juta. Total Premi yang disetahunkan adalah Rp12 juta |
Masuk dalam kriteria “Total Premi/Kontribusi yang disetahunkan ≥Rp12 juta.” |
Elite |
|
3. |
Nasabah C memiliki PRUWell Medical dari tahun 2023 dengan Premi Rp25 juta/bulan. Total Premi Nasabah C yang dibayarkan 12 bulan terakhir adalah Rp300 juta/tahun. |
Masuk dalam kriteria “Total Premi/Kontribusi yang dibayarkan ≥ Rp240 juta - < Rp500 juta” |
Elite+ |
|
4. |
Nasabah D memiliki PAYDI PRULink NextGen dan rider PRUWell Health dari tahun 2023 dengan Premi Rp34,5 juta/bulan dengan Uang Pertanggungan Rp10 miliar. Total Premi Nasabah D yang dibayarkan 12 bulan terakhir adalah Rp414 juta/tahun. |
Masuk dalam kriteria “Total Uang Pertanggungan ≥ Rp10 miliar.” |
Prestige |
|
5. |
Nasabah E baru membeli Polis PRUWell Medical pada bulan Oktober 2025 dengan Premi Rp25 juta/bulan dan baru register PRUPoint di bulan November 2025. Total Premi yang dibayarkan pada Oktober – November sebesar Rp50 juta/bulan. Total Premi yang disetahunkan adalah Rp300 juta/tahun. |
Masuk dalam kriteria “Total Premi/Kontribusi yang dibayarkan ≥ Rp12 juta - < Rp240juta” dan “Total Premi/Kontribusi yang disetahunkan ≥Rp12 juta.” |
Elite |
-
Kriteria per Loyalty Level untuk selanjutnya selama aktif menjadi anggota PRUPoints.
|
Level |
Total Premi/Kontribusi yang dibayarkan 12 bulan terakhir* |
|
Pro |
< Rp12 juta |
|
Elite |
≥ Rp12 juta sampai dengan < Rp240 juta |
|
Elite + |
≥ Rp240 juta sampai dengan < Rp500 juta |
|
Prestige** |
≥ Rp500 juta atau Uang Pertanggungan ≥ Rp10 miliar |
*Total Premi/Kontribusi yang dihitung termasuk dari produk dengan pembayaran berkala, pembayaran tunggal (Single premium), dan top-up berkala (PRUSaver)
**Nasabah/Peserta yang sudah menjadi bagian dari Prestige by Prudential otomatis akan masuk Level Prestige.
Benefit setiap Loyalty Level.
-
Level dan Benefit yang bisa di dapatkan di PRUPoints.
|
Level |
Benefit |
|
Pro |
|
|
Elite** |
|
|
Elite +
|
|
|
Prestige |
|
Bagaimana cara mendapatkan poin?
-
Poin Utama hanya untuk kepesertaan di Level Elite, Elite+ dan Prestige
|
No. |
Jenis Transaksi |
Kriteria |
Premi/Kontribusi |
Poin |
|
1. |
Premi/Kontribusi Berkala (Autodebit)* |
Pembayaran Premi/ Kontribusi TEPAT WAKTU diterima Prudential Max. 3 hari kerja dari tanggal jatuh tempo polis |
Rp100.000 |
10 (berlaku kelipatan) |
|
2. |
Premi/Kontribusi Berkala (Autodebit)* |
Rp100.000 |
5 (berlaku kelipatan) |
* tidak termasuk pembayaran tunggal (Single premium), top-up berkala (PRUSaver) dan top-up tunggal.
-
Poin Bonus hanya untuk kepesertaan di Level Elite, Elite+ dan Prestige
|
No. |
Kriteria |
Poin |
|
1. |
Welcome Point* |
500 (tidak berlaku bagi Nasabah dengan level awal Pro) |
|
2. |
Upgrade Level* |
5.000 |
|
3. |
Aktivasi E-Correspondence** |
1.250 |
|
4. |
Usia Polis 10 tahun (termasuk jika Anda pernah mengalami lapse lalu dipulihkan)** |
1.250 |
|
5. |
Mengubah Metode Pembayaran dari Cash ke Autodebit** |
1.250 |
*hanya didapatkan satu (1) kali saat Nasabah/Peserta registrasi atau satu (1) kali pada saat upgrade level untuk satu (1) Nasabah/ Peserta
**hanya didapatkan satu (1) kali per Polis
-
Poin Ad-Hoc untuk seluruh level kepesertaan.
|
No. |
Kriteria |
Poin |
|
1. |
Survey |
Sesuai dengan ketentuan setiap survey dan campaign yang berlangsung. |
|
2. |
Campaign |
Bagaimana cara menaikkan level atau upgrade level?
-
Total Premi/Kontribusi yang dibayarkan dalam 12 bulan terakhir mengalami peningkatan dari pembayaran sebelumnya.
Contoh:
|
Tanggal |
22 November 25 |
17 Mei 26 |
|
Aktivitas |
Nasabah A registrasi PRUPoints dan sudah memiliki Polis PRUWell Medical dengan Premi Rp100 juta/tahun (autodebit) |
Nasabah/Peserta A membeli Polis lagi yaitu Polis PRUCritical Amanah dengan Kontribusi Rp150 juta/tahun (autodebit). Total Premi/Kontribusi menjadi Rp250 juta/tahun, sehingga Nasabah/Peserta A naik ke level Elite+ |
|
Perolehan Poin |
+ 10.000 poin utama dari pembayaran PRUWell Medical |
+ 15.000 poin utama dari pembayaran PRUCritical Amanah |
|
Level |
Elite |
Elite+ |
-
Level akan kembali turun jika Anda tidak melakukan pembayaran Premi/Kontribusi tepat waktu. Jika level Anda naik kembali setelah mengalami penurunan, Anda tidak berhak mendapatkan poin upgrade level.
Contoh:
|
Tanggal |
22 November 25 |
22 November 26 |
29 November 26 |
|
Aktivitas |
Nasabah sudah aktivasi PRUPoints dan memiliki dua Polis dengan Total pembayaran Premi Rp250 juta/tahun dengan rincian: - Polis A = Premi Rp100 juta/tahun (autodebit) - Polis B = Premi Rp150 juta/tahun (autodebit) |
Nasabah hanya membayar Polis A sejumlah Rp100 juta/tahun. Tidak melakukan pembayaran Polis B sejumlah Rp150 juta/tahun, sehingga turun level |
Membayarkan Premi Polis B sebesar Rp150 juta. Total Premi yang dibayarkan menjadi Rp250 juta, sehingga naik ke level Elite+ |
|
Perolehan Poin |
+ 25.000 poin utama |
+ 10.000 poin utama |
(tidak dapat poin regular karena lewat dari tanggal pembayaran tepat waktu dan tidak dapat poin upgrade level karena sebelumnya sudah pernah di level Elite+) |
|
Level |
Elite+ |
Elite |
Elite+ |
Syarat dan Ketentuan mengenai Program PRUPoints
-
Hanya Nasabah/Peserta yang memenuhi kriteria yang bisa memperoleh poin pada PRUPoints.
-
Proses aktivasi PRUPoints dapat dilakukan oleh pemegang Polis yang memiliki Polis dengan status Inforce atau aktif.
-
Polis tidak aktif atau tidak melakukan pembayaran Premi/Kontribusi (termasuk cuti premi) tidak berhak mendapatkan poin dari program PRUPoints.
-
Perhitungan poin awal pada saat registrasi:
-
Polis dengan frekuensi pembayaran bulanan atau per 3 bulan (kuartalan):
Poin akan mulai dihitung dari pembayaran Premi/Kontribusi yang dilakukan setelah aktivasi PRUPoints.Contoh:
Frekuensi Pembayaran
Waktu Aktivasi PRUPoints
Tanggal Pembayaran Premi/Kontribusi
Dapat Poin Utama?
Bulanan
15 November 2025
1 November 2025
Tidak, karena pembayaran dilakukan sebelum aktivasi PRUPoints
Bulanan
15 November 2025
25 November 2025
Ya, karena pembayaran dilakukan setelah aktivasi PRUPoints
Per 3 Bulan
15 November 2025
1 Oktober 2025
Tidak, karena pembayaran dilakukan sebelum aktivasi PRUPoints
-
Polis dengan frekuensi pembayaran per 6 bulan (semester) akan tetap mendapatkan Poin selama pembayaran Premi/Kontribusi terakhir dengan aktivasi PRUPoints jaraknya tidak lebih dari 6 bulan.
Contoh:
Frekuensi Pembayaran
Waktu Aktivasi PRUPoints
Tanggal Pembayaran
Premi/KontribusiDapat Poin Utama?
Semester
15 November 2025
6 Juli 2025
Ya, karena jarak aktivasi dengan pembayaran terakhir kurang dari 6 bulan.
Semester
15 November 2025
4 Maret 2025
Tidak, karena jarak aktivasi dengan pembayaran terakhir lebih dari 6 bulan.
-
Polis dengan frekuensi pembayaran tahunan akan ditentukan berdasarkan jarak antara aktivasi dengan pembayaran Premi/kontribusi terakhir. Jika pembayaran Premi/Kontribusi terakhir dengan registrasi jaraknya tidak lebih dari 6 bulan maka poin akan dihitung, jika pembayaran Premi/Kontribusi terakhir dengan registrasi jaraknya sudah lebih dari 6 bulan maka poin tidak dihitung.
Contoh:
Frekuensi Pembayaran
Waktu Aktivasi PRUPoints
Tanggal Pembayaran
Premi/KontribusiDapat Poin Utama?
Tahunan
15 November 2025
21 Agustus 2025
Ya, karena jarak aktivasi dengan pembayaran terakhir kurang dari 6 bulan.
Tahunan
15 November 2025
13 Januari 2025
Tidak, karena jarak aktivasi dengan pembayaran terakhir lebih dari 6 bulan.
-
-
Waktu penambahan poin untuk welcome point akan diterima langsung setelah registrasi berhasil. Sedangkan untuk penambahan poin lainnya akan ditambahkan maksimal dua (2) hari setelah pembayaran atau aktivitas berhasil dilakukan.
-
Pembayaran Premi/Kontribusi yang diberikan rewards adalah pembayaran yang dilakukan tepat waktu. Pembayaran tepat waktu dikatakan dari tanggal jatuh tempo Polis sampai 3 hari setelahnya.
-
Pembayaran Premi/Kontribusi Tunggal tidak akan menghasilkan Poin Utama di PRUPoints.
-
Akumulasi Premi/Kontribusi untuk menentukan loyalty level akan dihitung berdasarkan Total Premi/Kontribusi yang dibayarkan 12 bulan kebelakang sesuai dengan tabel ”Kriteria per Loyalty Level untuk selanjutnya selama aktif menjadi anggota PRUPoints”.
-
Poin yang tidak ditukarkan dalam waktu dua (2) tahun akan hangus sesuai dengan tanggal perolehan poin dan poin yang harus ditukarkan, sehingga poin yang hangus adalah sisa poin yang belum ditukarkan dari tanggal perolehan poin.
Contoh:Tanggal
17 Nov 25
17 Nov 26
5 Mei 27
17 Nov 27
17 Nov 27
Aktivitas
Autodebit Premi/Kontribusi
Rp 100 jutaAutodebit Premi/Kontribusi
Rp 100 jutaMenukarkan Poin (diambil dari Poin di tahun 2025)
Autodebit Premi/Kontribusi
Rp 100 jutaPoin di tahun 2025 hangus
Perolehan/Penggunaan Poin
+ 10.000 poin utama
+ 500 welcome point+ 10.000 poin utama
- 5.000 poin ditukarkan
+ 10.000 poin utama
- 5.500 poin hangus
Poin tersisa
10.500
20.500
15.500
25.500
20.000
-
Jika Anda tidak melakukan pembayaran Premi/Kontribusi tepat waktu, terdapat kemungkinan loyalty level Anda akan turun.
-
Khusus level Prestige, ketika Anda tidak memenuhi kriteria Prestige lagi (Total pembayaran Premi/Kontribusi 12 bulan terakhir ≥ Rp500 juta atau Uang Pertanggungan ≥ Rp10 miliar) maka akan diberikan waktu selama 90 hari untuk mempertahankan level.
-
Total poin akan diakumulasi dari semua Polis dengan Pemegang Polis yang sama.
-
Prudential Indonesia dan Prudential Syariah berhak membatalkan atau menyesuaikan poin jika ditemukan adanya penyalahgunaan, kesalahan sistem, atau pelanggaran ketentuan.
-
Penukaran hadiah/rewards dapat dilakukan di website PRUPoints (https://prupoints.prudential.co.id) Penukaran yang terjadi di luar website tersebut tidak menjadi tanggung jawab Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.
-
Poin dan/atau rewards tidak dapat diuangkan atau dipindahtangankan.
-
Pajak atas hadiah atau insentif (jika ada) akan ditanggung oleh Prudential Indonesia dan Prudential Syariah, sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Jika terdapat perbedaan pajak/kewajiban perpajakan yang timbul akibat pemenuhan kewajiban perpajakan dari Pemegang Polis sehubungan dengan ketentuan perpajakan yang berlaku, maka hal tersebut merupakan kewajiban dari Pemegang Polis dan di luar tanggung jawab Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.
-
Biaya pengiriman hadiah fisik yang ditukarkan di PRUPoints menjadi tanggungan Nasabah/Peserta dengan menukarkan Poin yang dimiliki.
-
Prudential Indonesia dan Prudential Syariah berhak mengubah syarat dan ketentuan, termasuk mekanisme pemberian poin dan daftar rewards, dengan adanya pemberitahuan sebelumnya melalui website atau media resmi sesuai dengan ketentuan.
-
Prudential Indonesia dan Prudential Syariah tidak bertanggung jawab atas kehilangan poin yang disebabkan jika Nasabah/Peserta kehilangan perangkat smartphone atau perangkat lainnya yang digunakan untuk akses PRUPoints atau digunakan oleh pihak lain. Nasabah/Peserta dianjurkan untuk logout setelah selesai mengakses PRUPoints untuk keamanan data.
