seorang pria menjelaskan di papan tulis

Inilah Tren Investasi yang Menguntungkan di 2021!

Bagi sebagian orang, saham yang melemah saat pandemi COVID-19 justru menjadi investasi yang menguntungkan, karena Ia bisa membeli saham dengan harga yang lebih murah. Seiring PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dilonggarkan, beberapa saham yang mengalami penurunan kembali menguat secara signifikan dan banyak masyarakat yang memanfaatkan momentum tersebut untuk masuk ke dalam pasar.

 

Memilih Investasi yang Menguntungkan dengan Analisis Fundamental 

Banyak faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan seorang investor untuk masuk ke dalam pasar, salah satunya melalui analisis fundamental. Analisis fundamental sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menganalisa banyak hal yang berkaitan dengan kinerja suatu perusahaan.

 

Top down approach adalah satu dari dua pendekatan analisis fundamental yang kerap dipakai investor. Menurut Warta Ekonomi (17/05/19), top down approach mengandalkan tiga aspek, yaitu:

 

1.   Kondisi Ekonomi 

Kondisi ekonomi secara makro dapat menjadi gambaran bagi investor dalam memilih aset. Misalnya saja pada awal pandemi COVID-19 di Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan pada minggu pertama Maret 2020 pada level 4,907.57 dari 5,498.54 dan baru menunjukkan kenaikan pada minggu ketiga Mei 2020 hingga awal Juni 2020 di level  4,947.78 (Tambunan, 2020).

 

Pergerakan pasar saham yang fluktuatif menjadi sebuah alarm bagi para investor untuk berhati-hati dalam menempatkan dana.

 

2.   Kondisi Industri 

Aspek ini juga memiliki peran penting dalam dunia investasi, khususnya saham. Seperti halnya ketika pandemi COVID-19, industri kesehatan yang secara global sedang mengalami peningkatan signifikan akan membuat saham-saham yang bergerak di bidang tersebut mengalami peningkatan pula.

 

Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika saham di bidang industri travel atau perjalanan mengalami penurunan saat pandemi COVID-19, maka harga sahamnya juga dapat dipastikan mengalami penurunan.

 

3.   Kondisi Perusahaan 

Kondisi perusahaan yang prima, dalam artian memiliki manajemen yang baik, prospek bisnis yang jelas, dan pengelolaan keuangan yang sehat menjadi primadona bagi para investor.

 

 

 

 

Tren Investasi di 2021 yang Berpotensi Menguntungkan 

Di bawah ini adalah investasi yang berpotensi menguntungkan di 2021 dan bisa diteliti kembali menggunakan analisis fundamental jika Anda ingin mengetahuinya lebih dalam. Tren investasi tersebut antara lain:

 

1.   Cryptocurrency  

Cryptocurrency atau aset kripto merupakan aset digital yang bergerak pada suatu jaringan internet yang dapat digunakan sebagai investasi. Di Indonesia sendiri, aset kripto tidak diakui sebagai alat pembayaran, namun sebagai instrumen investasi dan telah dilegalkan oleh BAPPEBTI.

 

Pada awal 2021, salah satu aset kripto yang mengalami peningkatan harga yang sangat signifikan adalah bitcoin. Tanggal 14 Maret lalu, bitcoin pernah mencapai harga tertingginya yaitu $ 61,226.

 

Kemudian, momen ketika Elon Musk, pendiri Tesla membeli bitcoin dalam jumlah besar yaitu senilai 1,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 21 Triliun pada Februari 2021 membuat bitcoin sempat trending di media sosial Twitter.

 

Karena itulah, bitcoin makin dikenal masyarakat sebagai instrumen investasi yang patut dicoba dan berpotensi menguntungkan di tahun 2021.

 

2.   Sektor Kesehatan 

Banyaknya permintaan obat-obatan dan peralatan medis membuat sektor kesehatan menjadi salah satu peluang besar bagi Anda yang ingin berinvestasi di tengah pandemi COVID-19.

 

Untuk memulainya, Anda bisa berinvestasi dengan membeli saham dari perusahaan farmasi yang berpeluang besar memproduksi vaksin COVID-19 maupun alat-alat penunjang medis.

 

3.   Reksa Dana 

Dilansir dari Jpnn (5/02/21) dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Populix kepada 3070 responden di berbagai wilayah di Indonesia, reksa dana menduduki posisi pertama sebagai investasi yang diminati pada 2021 karena berpotensi menguntungkan.

 

Reksa dana sendiri memang cocok bagi para investor pemula yang fokus mendapat fixed return dengan risiko yang minim dan bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar.

 

4.   Emas 

Masih dalam survei yang sama, emas menduduki peringkat kedua sebagai investasi yang diminati dan berpotensi menguntungkan di 2021. Sering dianggap sebagai aset yang tahan inflasi, kini banyak cara untuk berinvestasi di emas selain menyimpannya dalam bentuk fisik, misalnya dengan berinvestasi emas secara digital.

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai analisis fundamental dan 4 tren investasi yang berpotensi menguntungkan di 2021.

 

Nah, kalau Anda ingin memberikan proteksi untuk keluarga yang dilekatkan dengan investasi, Anda bisa memilih produk asuransi Prudential Indonesia yang dikaitkan dengan investasi.

 

Terpenting, jangan lupa pelajari dan konsultasikan dengan pihak terpercaya sebelum memulainya, ya! Selamat berinvestasi!