wanita sedang menggunakan kalkulator

Cara Melakukan Investasi dengan Modal Kecil di Bawah 1 Jutaan yang Bisa Dilakukan

Selain menabung di bank, investasi juga merupakan cara yang tepat untuk mengelola keuangan Anda. Pasalnya, Anda akan senantiasa melawan investasi setiap tahunnya dengan mengandalkan bunga return yang diperoleh. Selain itu, investasi merupakan salah satu metode untuk membangun kekayaan dan memungkinkan Anda mengumpulkan dana pensiun secara benar.

Investasi merupakan kegiatan yang bijak untuk dilakukan. Namun, terkadang masih banyak yang enggan memulainya karena keterbatasan dana. Padahal, saat ini sudah banyak metode investasi modal kecil di bawah 1 jutaan yang bisa diikuti. Ingin tahu apa saja jenisnya? Simak beberapa contohnya berikut ini!

Emas atau Logam Mulia

Nilai emas bergantung pada harga pasar. Namun, Anda biasanya akan membayar sekitar Rp700.000 hingga Rp900.000-an untuk setiap gramnya. Jika angka ini dirasa besar, kini terdapat banyak platform yang memungkinkan Anda mengikuti kegiatan investasi emas secara online dengan modal di bawah Rp10.000.

Reksa Dana

Metode yang satu ini merupakan pilihan tepat apabila Anda mencari investasi modal kecil di bawah 1 jutaan atau bahkan di bawah Rp100.000. Pada kegiatan reksa dana, manajer investasi akan mengumpulkan dana para investor seperti Anda dan mengelolanya pada berbagai instrumen, seperti pasar uang, saham, dan obligasi.

Peer-to-Peer (P2P) Lending

Instrumen ini sedang naik daun karena kemudahannya. Mirip seperti reksa dana, P2P lending akan menghimpun dana para investor atau pemberi pinjaman (lender) dan menyalurkannya pada seorang pengaju pinjaman (borrower). Di ujung masa pinjaman, masing-masing lender akan menerima kembali dana mereka beserta bunga.

Kelebihannya adalah Anda dapat memulai modal dari Rp100.000 saja. Tak hanya itu, Anda juga bebas menentukan siapa yang akan dipinjamkan dana dan Anda juga bisa mengetahui kenapa borrower meminjam dana, misalnya untuk kepentingan pendidikan atau kesehatan.

Saham

Selain melalui reksa dana, Anda juga dapat terlibat dalam kegiatan investasi saham sendiri. Saat ini, banyak perusahaan sekuritas yang memperbolehkan Anda untuk bisa membeli saham, bahkan dengan modal di bawah Rp2.000 saja. Pastikan instrumen dapat Anda jadikan pertimbangan juga.

Demikian tadi beberapa cara investasi modal kecil di bawah 1 jutaan. Kesimpulannya, kegiatan investasi dapat dimulai kapan pun dan tak menuntut modal yang besar. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengelola harta dan meraih keuntungan melalui investasi.

Namun, apabila Anda ingin mencari opsi lain, Prudential Indonesia juga menawarkan produk asuransi terkait investasi di mana Premi atau kontribusi yang Anda berikan setiap bulannya akan dikembangkan pada instrumen-instrumen investasi tertentu. Sehingga, produk-produk ini mampu memberikan Anda rasa aman secara finansial dan juga perlindungan jiwa atau kesehatan di saat yang bersamaan.