Ibu dan anak bercengkrama

Wajib Paham! Intip 5 Manfaat Berpikir Positif Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

PULSE by Prudential menyediakan fitur Mental Wellness untuk Anda menilai kesehatan jiwa dan mental terkini

Unduh di sini

Salah satu hal yang dapat membuat tubuh Anda lebih sehat adalah dengan menanamkan pikiran positif tentang segala hal. Pikiran yang positif akan membuat Anda lebih fokus untuk melihat kebaikan dalam situasi apapun. Hal ini akan membuat Anda menjauhi hal-hal negatif dan pengaruh buruk lainnya. Sehingga, memiliki pikiran positif tidak hanya baik untuk kesehatan mental Anda, tapi juga akan membuat Anda kuat secara fisik.

Selain untuk kesehatan, masih sangat banyak manfaat berpikir positif yang bisa Anda rasakan. Lantas, apa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap berpikir positif? Simak selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Berpikir Positif untuk Fisik dan Mental

Ada banyak manfaat bagi fisik dan mental yang bisa Anda rasakan saat memiliki pikiran yang positif. Berikut ini beberapa manfaat yang telah dirangkum dari para ahli, yaitu:

  1. Mengurangi Stres dan Mencegah Depresi

Pemikiran negatif merupakan salah satu faktor yang menyebabkan stres dan depresi. Dengan mengubah cara berpikir menjadi positif, ini bisa membantu Anda memerangi perasaan stres tersebut. Saat dihadapkan pada situasi yang memicu stres, berpikir positif dapat membantu pikiran untuk berpikir lebih efektif ketimbang pesimis.

Hal ini didukung oleh studi yang diterbitkan oleh Journal of Counseling Psychology yang menunjukkan bahwa orang dengan pemikiran positif umumnya lebih bahagia daripada  orang yang melihat setengah gelas kosong. Daripada stres memikirkan hal-hal yang memang sudah tidak bisa dirubah, mereka akan menyusun rencana tindakan dan meminta bantuan atau nasihat orang lain.

  1. Memperkuat Imun Tubuh

Manfaat berpikir positif selanjutnya adalah untuk memperkuat imun tubuh dan mencegah penyakit. Pasalnya, pikiran negatif dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya, orang-orang yang optimis biasanya dapat menunjukkan respons kekebalan yang lebih kuat.

  1. Lebih Mudah untuk Menerapkan Hidup Sehat

Menjaga diri agar berpikir positif tentunya akan memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Dengan berpikiran positif, Anda jadi mampu mengurangi kebiasaan buruk, gaya hidup tak sehat, serta bisa memilih menerapkan pola hidup positif untuk kesehatan jiwa dan fisik.

  1. Memperlambat Penuaan dan Memperpanjang Harapan Hidup

Dilansir dari Canadian Medical Association Journal menunjukkan bahwa orang tua yang kurang menikmati hidup, 80% lebih mungkin mengalami masalah fungsional seperti kurangnya mobilitas dan keseimbangan hingga inkontinensia (hilangnya kontrol kandung kemih).

Lalu, pada studi lainnya yang dilakukan oleh JAMA Psychiatry juga menunjukkan bahwa orang dewasa yang optimis memiliki kemungkinan 55% lebih kecil untuk meninggal lebih awal daripada rekan-rekannya yang sering berpikiran negatif.

Dapat dikatakan, orang yang bersikap positif memiliki kemungkinan untuk berumur lebih panjang. Pasalnya, orang yang berpikir positif biasanya juga memiliki pikiran yang lebih optimis, sehingga hal ini dapat menjaga kestabilan kesehatan fisik dan mental.

  1. Lebih kuat Menghadapi Sesuatu yang Berat

Manfaat berpikir positif lainnya adalah dapat memberikan Anda ketangguhan dalam menghadapi masalah. Ini karena, Anda dapat dengan lebih mudah mencari jalan keluar dari sebuah masalah, jika memikirkannya dari sisi positif masalah tersebut.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan 5 Caranya

Cara Melatih dan Menumbuhkan Pikiran Positif

Saat terbiasa berpikir positif, Anda akan lebih fokus untuk melihat kebaikan dalam situasi apa pun. Berikut adalah cara melatih dan menumbuhkan pikiran positif yang bisa Anda coba.

  • Mulai membangun cara berpikir optimistis. Selalu pikirkan bahwa apa yang Anda lakukan memiliki sisi positif dan tidak semuanya buruk.

  • Coba untuk lebih sering tersenyum. Lakukan hal ini bahkan bila saat Anda tidak sedang mengalami apa pun. Tindakan sederhana ini bisa mengubah perasaan jadi lebih baik.

  • Biasakan pola hidup sehat. Pasalnya, pola hidup sehat tidak hanya dapat melindungi diri dari beragam penyakit, tetapi juga baik untuk kesehatan mental.

  • Selalu perhatikan atau catat hal apa saja yang bisa membuat Anda bahagia. Evaluasi juga hal-hal yang bisa menimbulkan rasa kesal dan usahakan jauhi hal tersebut.

Baca juga: Inilah 5 Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja!

Hal yang Dapat Dilakukan untuk Memulai Berpikir Positif

Sejatinya pikiran positif dapat membantu Anda melihat sisi baik dari sebuah tantangan. Ini dapat membentuk pribadi yang lebih baik, ketimbang mereka yang cenderung berpikir negatif. Ini dia hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mulai berpikir positif.

  1. Menertawakan Humor

Coba untuk lebih sering menghargai dan menertawakan humor yang Anda dengar. Dengan begitu, Anda bisa belajar menghargai hal-hal kecil yang terjadi di hidup Anda.

  1. Bersikap Optimisme

Pikiran yang positif sangat erat kaitannya dengan sikap optimis. Dengan optimisme yang ada, pikiran Anda akan lebih tenang karena tidak berpikir hal-hal yang memang di luar kendali. Maka, biasakan untuk selalu bersikap optimis pada situasi apa pun.

  1. Belajar Menerima Sesuatu dengan Ikhlas

Rintangan dan cobaan pasti akan dialami oleh semua orang. Pastikan Anda menerima segala sesuatu dengan ikhlas. Jadikan rintangan tersebut sebagai pelajaran untuk masa yang akan datang. Meski terkadang membutuhkan waktu untuk menerimanya dengan ikhlas, namun seiring berjalannya waktu Anda akan memahami makna dari setiap kejadian yang ada.

  1. Dikelilingi dengan Orang yang Juga Menanamkan Pikiran Positif

Lingkungan adalah yang akan membantu bagaimana karakter diri Anda. Jadi, pilih lah orang-orang yang juga memiliki pikiran positif sebagai teman terdekat Anda. Di sisi lain, Anda dapat saling mendukung satu sama lain bila sedang menghadapi masalah.

Nah itu dia penjelasan mengenai cara dan berbagai manfaat berpikir positif. Berpikir positif sangat baik untuk kesehatan jiwa, raga, dan lingkungan sekitar Anda. Bahkan, Anda bisa mengajak orang terdekat untuk sama-sama berpikir positif untuk hidup yang lebih baik.

Baca juga4 Cara yang Bisa Menjadi Obat Depresi

PULSE by Prudential telah meluncurkan fitur mental wellness yang dapat membantu Anda dalam menilai dan mengetahui kesehatan mental serta jiwa terkini Anda dalam beberapa aspek seperti depresi, stres, kecemasan, dan lain sebagainya.

Selain mendapatkan penilaian terhadap kesehatan jiwa dan mental Anda, fitur ini juga menyediakan rekomendasi konten yang dapat membantu untuk mengatasi sifat dan perasaan negatif tersebut. Yuk, unduh aplikasi PULSE by Prudential di App Store dan Play Store sekarang juga!

Selain itu, Anda dapat menemukan produk asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, hingga asuransi pendidikan dengan mengunjungi situs resmi Prudential Indonesia.