Seorang kakek merasakan manfaat olahraga

Selain Bikin Kurus, 5 Manfaat Olahraga Ini Sering Dilupakan

Sempatkan diri Anda berolahraga. Olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan. Pentingnya olahraga bagi kesehatan lebih dari itu.

Olahraga merupakan gerak badan untuk menguatkan otot dan tulang, serta menyehatkan tubuh. Olahraga yang bisa Anda lakukan sendiri antara lain lari, berenang, bersepeda, atau jalan cepat. Sedangkan olahraga yang dilakukan bersama orang lain seperti sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, dan masih banyak lagi.

Apapun olahraganya, mengaktifkan seluruh anggota tubuh bermanfaat secara fisik, mental, dan panjang umur. Tak terkecuali lima manfaat olahraga di bawah ini, yang terkadang dilupakan atau disepelekan.

 

5 Manfaat Olahraga Terhadap Tubuh dan Kesehatan

Membuat Kulit Sehat

Ingin kulit terlihat sehat dan glowing? Olahraga. Pasalnya, olahraga moderat secara teratur dapat meningkatkan aliran darah sekaligus produksi antioksidan alami tubuh. Fungsi antioksidan dapat melindungi sel-sel, termasuk sel kulit. Alhasil kulit pun sehat dan glowing. Imbangi berolahraga dengan mengonsumsi beragam sayuran dan buah beri (stroberi, blackberryraspberryblueberry) yang kaya akan antioksidan sekaligus makanan yang baik untuk penyakit jantung.

 Baca juga: Cara Meningkatkan Stamina Tubuh

Baik Untuk Otak dan Memori

Terkesan sepele, tetapi berolahraga akan memperbaiki fungsi otak dan memori. Secara teknis, berolahraga akan menambah detak jantung yang meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Di sisi lain, kegiatan fisik ini menstimulasi produksi hormon yang memperbanyak pertumbuhan sel otak. Alhasil olahraga dapat memperbaiki fungsi otak dan melindungi memori untuk berpikir. Sebaliknya, jika Anda malas berolahraga dan kurang menjaga asupan bernutrisi akan membuat tubuh obesitas. Bukan tidak mungkin tubuh terserang hipertensi, diabetes, atau stroke.

 Baca juga: Cara Mengantisipasi Cidera Ketika Bersepeda

Membantu Relaksasi

Ketegangan yang terjadi selama di kantor dapat membuat Anda lelah, pusing, bahkan mengganggu waktu tidur. Tak sedikit yang menyepelekan kurang tidur atau tidur cukup tetapi ketika bangun, kepala menjadi pusing. Hal terburuk akan membuat emosi Anda tidak stabil, hubungan dengan rekan kerja terganggu, hingga mempengaruhi psikis.

Jika demikian, Anda membutuhkan relaksasi. Dan relaksasi bisa Anda dapatkan dengan olahraga. Olahraga dapat merangsang proses relaksasi ketika seseorang tidur. Peningkatan suhu tubuh selama berolahraga juga dianggap meningkatkan kualitas tidur.

Selain relaksasi, berikan ketenangan jiwa pada diri Anda. Dengan cara memiliki Asuransi Kesehatan dari Prudential Indonesia. Ibarat pertemanan, Asuransi Kesehatan adalah sahabat yang mendukung kala Anda sukses. Selalu membantu ketika Anda jatuh. Dan merasa tenang saat ia berada di sisi Anda.

Baca juga: Kenali 12 Indikator Keluarga Sehat di Indonesia

Lebih Bahagia

Olahraga menambah sensitivitas otak untuk hormon serotoninnorepinefrin, dan endorfin. Hormon tersebut membuat seseorang bahagia, memperbaiki mood, dan menekan rasa cemas serta stress. Bagi pasien yang menderita kegelisahan, disarankan untuk rutin berolahraga. Karena aktivitas fisik mampu mengurangi rasa gelisah, tak peduli seberapa tinggi intensitas gerakan olahraganya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Stamina Tubuh

Menambah Energi

Olahraga dapat membuat seseorang lelah. Di sisi lain, olahraga juga bisa menambah energi, entah orang tersebut sakit atau sedang sakit. Tentu pemilihan jenis olahraga disesuaikan dengan kondisi tubuh, kebiasaan, serta usia. Bahkan olahraga teratur dapat menambah energi bagi orang-orang yang menderita sindrom kelelahan kronis.

Baca juga: Rekomendasi Jenis Olahraga Anak untuk Dicoba

Olahraga memberikan manfaat luar biasa. Selain bikin tubuh lebih kurus, olahraga secara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu, dapat meningkatkan setiap sisi kesehatan Anda.

Diskusi kebutuhan Anda di sini!

Isi data berikut dan kami akan menghubungi Anda
error
lengkapi form berikut

Pemegang Polis

Pemegang Polis

Nama

Apakah ada topik yang ingin ditanyakan?

Saya /kami telah membaca, memahami dan memberikan persetujuan saya/kami kepada Prudential Indonesia untuk mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan data pribadi saya/kami sesuai dengan Deklarasi Privasi *

Contact us