orang berlari sebagai contoh jenis olahraga anak

Demi Anak Sehat, Berikut Jenis Olahraga Anak yang Bisa Dicoba

Berolahraga adalah salah satu cara untuk menjaga badan untuk tetap sehat. Namun, berolahraga tak hanya harus dilakukan orang dewasa. Aktivitas fisik ini juga perlu bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pasalnya, olahraga bagi anak akan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Sebagai orang tua, Anda bisa mulai memperkenalkan olahraga-olahraga yang sistematis dan terstruktur pada anak. Berikut ini rekomendasi jenis olahraga anak yang cocok untuk membantu tumbuh kembangnya!

Olahraga sangat baik untuk mendorong pertumbuhan perkembangan anak seperti dilansir IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

1. Mengurangi risiko obesitas

Jika sejak kecil anak sudah rutin berolahraga, nantinya ia akan terhindar dari kemungkinan mengidap obesitas. Dengan melakukan aktivitas fisik berupa olahraga selama minimal 30 menit selama tiga kali seminggu, risiko obesitas pada anak akan berkurang. Namun, perlu diingat juga kalau asupan gizi anak juga harus diperhatikan.

2. Mendorong pertumbuhan tulang dan otot yang kuat

Manfaat olahraga yang kedua pada anak adalah pertumbuhan tulang dan otot semakin kuat. Berdasarkan penelitian, anak yang rutin berolahraga akan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Dengan begitu, mereka akan terhindar dari risiko osteoporosis di masa tua nanti. Selain tulang, otot anak juga akan semakin kuat. Dengan rutin olahraga yang tepat, kemampuan motorik anak akan lebih baik. Hal ini juga baik untuk melatih koordinasi otak dengan otot mereka.

3. Melancarkan peredaran darah

Selanjutnya, peredaran darah anak juga akan semakin lancar. Tahukah Anda bahwa darah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh? Bayangkan jika peredaran tidak lancar dan asupan oksigen tidak terpenuhi. Pastinya anak jadi mudah terkena penyakit, apalagi oksigen sangat diperlukan bagi kelangsungan aktivitas dalam tubuh. Selain itu, darah juga membawa beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak. Maka dari itu, pastikan kalau anak Anda rajin olahraga agar peredaran darahnya lancar.

4. Menjaga kesehatan mental

Tahukah Anda saat ini semakin banyak orang yang mengalami masalah mental? Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa selama pandemi, pengidap gangguan mental semakin meningkat. Untuk itu, Anda harus menjaga kesehatan mental anak dengan mengajaknya berolahraga.

Dengan olahraga, anak jadi terhindar dari depresi, kecemasan berlebih, serta memiliki tidur yang berkualitas. Biarkan anak Anda mengeksplorasi hal dan tempat yang baru. Berolahraga juga bisa meningkatkan kemampuan mereka bersosialisasi dengan teman sebaya.

Jenis olahraga anak yang cocok dilakukan

Ada berbagai jenis olahraga anak yang bisa dilakukan . Namun, perlu diperhatikan bahwa sebelum melakukan olahraga ada baiknya anak Anda mempersiapkan diri dengan makanan dan minuman bergizi serta melakukan pemanasan. Dengan melakukan pemanasan, otot dan kerja jantung akan lebih siap. 

1. Atletik

Olahraga yang satu ini terdiri dari berbagai jenis kegiatan yang bisa anak Anda lakukan. Contohnya berlari, melompat atau berjalan. Aktivitas yang satu ini mengajak anak untuk bergerak lebih cepat dan tepat serta menjadi lebih lentur. Dengan melakukan olahraga ini, kepadatan tulang anak juga  semakin baik.

2. Renang

 O lahraga  kedua yang bisa dicoba adalah renang. Dengan berenang anak bisa belajar untuk mengatur pernapasan serta otot tubuh. Selain itu, olahraga ini juga tepat dilakukan bagi anak yang menderita asma. Pasalnya, saat berenang, paru-paru akan dilatih untuk bekerja secara optimal.

3. Senam

Selanjutnya adalah senam atau dikenal juga dengan gimnastik. Jenis olahraga anak yang satu ini dapat melatih kelenturan tubuh mereka. Dengan melakukan senam secara rutin, anak juga bisa mengatur keseimbangan tubuh mereka.

4. Sepak bola

Siapa yang tak kenal olahraga yang satu ini? Sepak bola bisa dikatakan sebagai olahraga favorit bagi anak maupun orang dewasa. Biasanya banyak anak laki-laki akan menyukai olahraga ini, meskipun tidak menutup kemungkinan anak perempuan pun menyukainya.

Jenis olahraga anak ini bisa meningkatkan kinerja jantung, memperkuat otot serta membantu anak agar lebih baik dalam hal koordinasi antara mata dan kaki. Selain itu, karena olahraga ini jarang dilakukan sendirian, anak juga jadi bisa berlatih sportivitas dan kerja sama dalam tim.

5. Sepeda

Jenis olahraga anak yang terakhir adalah bersepeda. Olahraga menyenangkan satu ini mengajarkan anak untuk tetap seimbang di atas sepeda. Anda bisa mengajarkan mereka secara bertahap dari sepeda roda empat, tiga, hingga akhirnya mereka berani dengan sepeda roda dua. Anak bisa diajarkan untuk berani tapi tetap berhati-hati saat melakukan olahraga ini. Nantinya, otot kaki akan semakin kuat dan kerja jantung semakin baik dengan bersepeda.

Baca Juga: Dampak Bencana Alam Banjir

Itulah beberapa jenis olahraga anak yang bisa dilakukan. Untuk menjaga kesehatan anak serta keluarga, pastikan Anda memiliki asisten kesehatan pribadi yang tepat. Prudential sebagai perusahaan asuransi berkomitmen untuk melindungi Anda dari segala jenis penyakit. Untuk informasi lain mengenai produk asuransi dari Prudential yang bisa melengkapi kesehatan keluarga, silakan lihat produk asuransi kesehatan yang terseda dari Prudential Indonesia!

Dalam upaya mengingkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, Prudential Indonesia menyelenggarakan PRUActive Family, yaitu suatu kegiatan seru yang dapat untuk dinikmati bersama keluarga dengan berbagai aktivitas menarik, seperti Family Fun Workout, Medical Check dan Health Consultation, Family Games, dan beragam aktivitas menarik lainnya.

PRUActive Family akan diselenggarakan secara offline di 4 kota besar Indonesia, yaitu:

  • Surabaya: Exhibition Hall - Grand City Surabaya. Minggu, 29 Oktober 2023

  • Bandung: Trans Convention Centre - Trans Luxury Hotel Bandung. Minggu, 12 November 2023

  • Makassar: Golden Lily Ballroom - Four Points by Sheraton. Minggu, 19 November 2023

  • Jakarta: Prajurit Expo - Balai Kartini. Minggu, 26 November 2023

 

Segera daftarkan diri Anda bersama keluarga. Jangan sampai ketinggalan untuk menikmati aktivitas seru dan ragam hadiah menarik dalam acara PRUActive Family!

Diskusi kebutuhan Anda di sini!

Isi data berikut dan kami akan menghubungi Anda
error
lengkapi form berikut

Pemegang Polis

Pemegang Polis

Nama

Apakah ada topik yang ingin ditanyakan?

Saya /kami telah membaca, memahami dan memberikan persetujuan saya/kami kepada Prudential Indonesia untuk mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan data pribadi saya/kami sesuai dengan Deklarasi Privasi *

Contact us