Beberapa orang berolahraga

4 Olahraga Kardio Paling Hits 2024 yang Wajib Dicoba

Siapa yang tidak tahu olahraga kardio? Hampir semua orang tentunya pernah mendengar tentang olahraga satu ini. Sebagai olahraga yang sudah dikenal dapat memberikan berbagai dampak positif untuk tubuh, nyatanya masih banyak aspek tentang kardio yang belum diketahui dan dimanfaatkan secara luas.

Melalui artikel ini, yuk pahami olahraga kardio lebih dalam! Siapa tahu, ini adalah olahraga yang cocok untuk Anda menyambut 2024 dengan lebih sehat dan bugar.

Mengenal Olahraga Kardio Lebih Dalam

Olahraga kardio atau kardiovaskular, atau yang umumnya juga disebut olahraga aerobik, adalah aktivitas ritmik yang dapat meningkatkan detak jantung ke zona target dari detak jantung Anda. Zona target tersebut merupakan zona di mana Anda paling banyak membakar kalori serta lemak.

Dilansir oleh Verywell Fit, ada salah satu hal yang membedakan olahraga kardio dengan olahraga lainnya. Hal tersebut adalah kemampuan tubuh Anda dalam mengatur penggunaan oksigen selama sesi kardio, menentukan sejauh mana kapasitas Anda dalam menjalani sesi olahraga ini.

Beberapa contoh olahraga kardio yang paling umum adalah seperti bersepeda, berenang, maupun berjalan. Meskipun begitu, sesungguhnya pekerjaan rumah seperti mengepel dan memvakum juga termasuk kardio. Beberapa olahraga ‘viral’ kekinian yang mungkin sedang sering Anda lakukan juga ada yang termasuk ke dalam olahraga kardio, loh!

Baca Juga: 6 Manfaat Joging yang Baik untuk Kesehatan dan Kondisi Fisik

Jenis Olahraga Kardio Kekinian yang Wajib Dicoba di 2024

Berikut beberapa olahraga hits terkini yang ternyata juga merupakan bagian dari olahraga kardio. Bisa jadi pilihan Anda di 2024!

Poundfit

Poundfit termasuk salah satu olahraga kardio loh! Olahraga yang sedang hits ini merupakan salah satu kardio yang mengambil inspirasi dari alat musik drum, maka olahraganya pun dilakukan dengan menggunakan sebuah stik yang mirip stik drum.

Jika Anda belum sempat mencoba poundfit, maka olahraga ini bisa jadi salah satu pilihan yang cocok untuk dicoba, untuk 2024 yang lebih fit! Mencoba poundfit sangat bagus untuk dapat mengecilkan perut, meningkatkan koordinasi, serta melatih daya memori Anda.

K-Pop Cardio

Olahraga jadi lebih menyenangkan dengan lagu-lagu favorit dari Idol K-Pop kesukaan Anda! Untuk para Kpopers, jangan sampai Anda tidak mencoba K-Pop Cardio. Selain menggunakan lagu-lagu dari Idol K-Pop, olahraga ini juga lebih banyak terdiri dari gerakan koreografi yang akan membuat suasana menjadi asyik dan tidak membosankan.

K-Pop Cardio juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk membakar kalori dan menguras tenaga lebih banyak loh! Koreografi yang terkonsep dan terdiri dari formasi dengan gerakan bersama-sama akan menghadirkan intensitas yang lebih cepat.

Zumba

Anda pasti familiar dengan zumba, bukan? Olahraga hits yang banyak disukai anak muda terutama perempuan ini juga termasuk kardio loh! Zumba adalah olahraga yang menggabungkan gerakan aerobik dengan beberapa tarian seperti flamenco, salsa, serta modern dance diiringi alunan musik, sehingga aktivitasnya menyenangkan.

Olahraga ini tidak memiliki gerakan khusus, tetapi zumba pada umumnya akan menuntut Anda untuk menggerakkan seluruh anggota tubuh. Beberapa manfaat dari zumba ialah seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan koordinasi tubuh, meningkatkan hormon bahagia, dan tentunya membakar banyak lemak serta kalori.

TRX (Total Body Resistance)

Olahraga kardio hits lainnya yang bisa Anda coba di 2024 adalah TRX atau Total Body Resistance! Sebagai olahraga yang sedang banyak disukai anak muda, TRX dilakukan dengan bantuan tali atau karet elastis khusus yang disebut dengan suspender atau suspension straps.

TRX pada umumnya termasuk ke dalam olahraga dengan intensitas sedang atau tinggi, di mana olahraga ini memanfaatkan berat badan, bertumpu pada tubuh sambil bergerak melawan gravitasi. Beberapa manfaat TRX ialah seperti memperbaiki postur tubuh, mengencangkan otot, menyehatkan kardiovaskular, serta meningkatkan fleksibilitas.

Baca Juga: Cara Hidup Sehat Saat Musim Sakit

Seberapa Efektif Olahraga Kardio untuk Kesehatan?

Melakukan olahraga kardio efektif dapat membuat Anda terhindar dari berbagai risiko kondisi kesehatan loh! Beberapa kondisi yang dimaksud di antaranya adalah risiko penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, hingga stroke serta kanker jenis tertentu.

Dilansir dari Kementerian Kesehatan Indonesia, olahraga kardio pun sangat efektif membakar lemak. Hal ini membuat kardio menjadi olahraga yang paling umum dipilih banyak orang untuk menurunkan berat badan. Selain itu, penelitian dari beberapa asosiasi jantung di dunia juga mengungkapkan bagaimana kardio sangat baik untuk kesehatan jantung di mana olahraga ini meningkatkan kebugaran kardiorespirasi.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Stamina Tubuh

Kenapa Harus Olahraga Kardio?

Sudah banyak manfaatnya, mudah sekali dilakukan pula! Olahraga kardio tidak akan membuat Anda pusing mempersiapkan banyak hal untuk memulainya. Persiapannya pun tidak selalu mahal dan menuntut Anda mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak. Kini semakin banyak acara-acara gratis yang menawarkan kardio bersama komunitas tertentu. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya di rumah sendiri.

Manfaat dari olahraga kardio yang bisa Anda rasakan pun juga begitu banyak. Mulai dari tentunya menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah, menghindari dari diabetes maupun kolesterol, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan sistem imun, menyehatkan paru-paru, hingga membuat Anda lebih Bahagia serta terhindari dari stress.

Baca Juga: 5 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Ampuh Cegah Sakit!

Memulai Olahraga Kardio dengan Excited, Begini Caranya

Suka merasa malas untuk memulai olahraga kardio? Begini cara-caranya agar Anda bisa lebih excited untuk mulai kardio!

Mulai dari Jenis Kardio yang Anda Suka atau Minati

Rasa malas untuk berolahraga pastinya akan sering muncul, terlebih untuk olahraga yang menuntut Anda banyak bergerak. Maka dari itu, sebelum memulai olahraga kardio cobalah pilih salah satu jenis kardio yang Anda suka atau minati, kardio yang dapat Anda nikmati ketika dijalani.

Sebagai contoh, jika Anda adalah pecinta K-Pop maka K-Pop Cardio bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menikmati alunan musik favorit sembari banyak bergerak, menari sambal membayangkan Idol K-Pop favorit Anda. Membakar lemak dan kalori dengan cara yang lebih membuat enjoy!

Lakukan Secara Bertahap Sesuai Kemampuan

Mulailah secara bertahap dan perlahan, jangan memaksakan diri. Bagaimanapun, Anda paling tahu bagaimana kemampuan Anda sendiri. Maka dari itu, aturlah kardio yang akan Anda lakukan sedemikian rupa sesuai dengan kemampuan Anda sendiri. Anda bisa memulai dari olahraga kardio dengan intensitas rendah, kemudian tingkatkan intensitasnya di sesi kardio selanjutnya.

Sertakan Istirahat pada Setiap Putaran

Bukan hanya memerhatikan olahraga, Anda pun harus memerhatikan istirahat. Dalam olahraga kardio biasanya akan ada satu putaran yang terdiri dari 4 atau 5 rangkaian latihan yang Anda pilih sendiri. Setiap kali satu putaran selesai, Anda bisa beristirahat selama 1 menit. Jika Anda melakukan olahraga kardio dengan intensitas rendah, bisa mulai melakukan istirahat dari 30 detik.

Baca Juga: Selain Bikin Kurus, 5 Manfaat Olahraga Ini Sering Dilupakan

Olahraga Kardio dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Bukan hanya fisik, olahraga kardio juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan mental Anda.

Mengurangi Depresi

Melakukan olahraga kardio adalah salah satu cara efektif untuk bisa mengurangi depresi, jika Anda sedang mengalaminya. Kardio akan melepaskan endorfin yang dapat memberikan rasa nyaman, Pikiran Anda akan mendapatkan rasa tenang, bebas dari depresi yang biasanya menghantui. Cobalah untuk menambahkan jadwal kardio di tengah kesibukan Anda, agar perlahan bisa terhindar dari depresi. Untuk memahami lebih jauh perihal depresi, Anda bisa membaca artikel berikut loh Apa itu Depresi? Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Menambahkan olahraga kardio menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda loh! Latihan-latihan yang menantang akan mendorong diri Anda merasa lebih baik setelahnya ketika berhasil melelaui proses yang dirasa cukup sulit.

Mengatasi Stress dan Kecemasan

Jika Anda seringkali mengalami stress dan kecemasan berlebih, cobalah untuk melakukan olahraga kardio serta menambahkannya ke rutinitas Anda. Kardio akan mengurangi kadar hormon stress dalam tubuh. Suasana hati dan pikiran Anda juga akan menjadi lebih nyaman setelah selesai melakukan kardio. Dilansir penelitian dari Harvard Medical School, manfaat mental dari olahraga kardio memilikibasis neurokimia. Hal ini berarti aktivitas ini mengurangi hormon stress tubuh, dan merangsang produksi endorfin dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Olahraga Kardio

Sebelum melakukan olahraga kardio, tentunya terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda terlebih dahulu sebelum memulai.

Pemanasan

Jangan pernah melewatkan pemanasan sebelum berolahraga, apalagi olahraga kardio yang menuntut banyak gerakan. Perhatikan juga pemanasan seperti apa yang Anda lakukan. Pastikan bahwa pemanasan Anda berguna dan akan menghindari Anda dari potensi terkena cedera saat kardio.

Jadwal yang Tetap

Untuk mendapatkan olahraga kardio dengan hasil yang maksimal, jadwal yang Anda tentukan memiliki peran besar dalam hal tersebut. Anda bisa menentukan jadwal tetap untuk kardio misalnya 3 atau 4 kali sehari, setiap di pagi hari selama 30 menit. Tentukanlah waktu olahraga sesuai kemampuan dan jadwal sehari-hari Anda.

Makanan dan Air Putih

Banyak orang yang seringkali menganggap sepele aspek ini, padahal makanan dan air putih sangat penting untuk keberlangsungan olahraga Anda. Sebelum memulai olahraga kardio, siapkanlah air putih dalam jumlah banyak agar tubuh Anda tetap mendapatkan cairan yang cukup. Selain itu, siapkan pula makanan secukupnya yang mengandung protein serta karbohidrat.

Jika Anda belum melakukan olahraga kardio, yuk mulai dari sekarang! Mulai tahun yang baru dengan menjadikan kardio sebegai salah satu rutinitas Anda. Mulai ikuti beberapa tips di atas untuk tahun baru yang lebih sehat serta bugar!

Baca Juga: Jangan Terlewat, Ini 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga