tiga orang sedang berbincang

Begini 3 Cara Mencegah Penyakit Stroke yang Harus Diikuti

Stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus Anda hindari. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, stroke menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia. Setidaknya ada sekitar 15 juta orang menderita stroke di seluruh dunia setiap tahunnya. Angka ini tentunya memicu kekhawatiran bagi banyak orang. Untuk itulah, Anda harus mengetahui cara mencegah penyakit stroke sejak dini.

Pengertian penyakit stroke beserta jenis dan gejalanya

Stroke merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini ditandai dengan berkurangnya pasokan darah ke otak Anda sehingga kinerjanya menjadi terganggu. Stroke adalah kondisi klinis yang perlu ditangani secepatnya agar sel otak tidak mati dalam hitungan menit. Jika sudah demikian, stroke bisa menyebabkan kecacatan bagi penderitanya.

Banyak penyebab kecacatan yang berasal dari penyakit ini. Pasalnya, pada tahap awal gejala stroke, Anda akan merasakan sulit untuk berbicara dan mengalami kelumpuhan pada anggota tubuh tertentu. Hal ini karena stroke biasanya menyerang kinerja panca indera serta tubuh Anda. Sakit kepala yang hebat diikuti dengan rasa mual dan ingin muntah juga bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami gejala awal stroke.

Stroke sendiri dibagi menjadi dua jenis yakni, stroke iskemik dan hemoragik. Stroke iskemik terjadi saat pembuluh darah arteri mengalami penyempitan. Akhirnya pasokan darah yang membawa berbagai nutrisi dan oksigen pun berkurang. Sementara itu, stroke hemoragik terjadi saat pembuluh darah di otak pecah dan menyebabkan pendarahan. Pendarahan ini dipicu oleh berbagai faktor, misalnya hipertensi, pembuluh darah lemah, atau menjalani pengobatan tertentu.

Baca juga: Cara Mengetahui Kanker Payudara

Penyebab umum penyakit stroke

Secara garis besar, ada beberapa penyebab terjadinya stroke. Berikut ini adalah penyebab umum mengapa stroke bisa terjadi pada Anda.

1. Punya faktor risiko

Penyebab pertama adalah Anda memiliki penyakit yang punya risiko untuk berkembang menjadi stroke. Misalnya hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, faktor genetik, dan memiliki riwayat penyakit jantung. Jika Anda mengidap penyakit tersebut, Anda memiliki faktor penyebab stroke.

2. Berat badan berlebih

Berikutnya adalah obesitas atau kondisi berat badan berlebih. Peluang terjadinya stroke akan meningkat pada mereka yang kelebihan berat badan. Pasalnya, kinerja jantung pada tubuh yang memiliki berat badan berlebih tidak maksimal, sehingga tidak bisa memompa darah untuk beredar ke seluruh tubuh dengan baik.

3. Jarang berolahraga

Penyebab terjadinya stroke yang paling umum adalah jarang berolahraga. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dengan berolahraga minimal 30 menit sehari, Anda bisa membakar lemak penyebab obesitas. Kinerja jantung juga akan semakin baik karena pada saat Anda berolahraga, jantung akan terpicu untuk memompa darah lebih baik. Maka dari itu, orang yang jarang berolahraga lebih rentan terhadap stroke.

4. Merokok dan konsumsi alkohol

Terakhir adalah kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol. Kandungan yang terdapat dalam rokok maupun alkohol bisa memicu terjadinya penumpukan lemak di arteri leher. Selain itu, darah juga rentan mengental bahkan membeku sehingga peredarannya pun tidak akan lancar. Sedihnya, mereka yang tidak merokok, namun terpapar asap rokok juga berisiko terkena penyakit stroke.

Baca juga: 4 Cara yang Bisa Menjadi Obat Depresi

Cara tepat mencegah penyakit stroke

Pasti tidak akan ada orang yang mau menderita penyakit, apalagi penyakit stroke. Untuk itu, ketahuilah cara mencegah penyakit stroke dengan melakukan beberapa hal di bawah ini!

1. Jalankan pola hidup sehat

Cara mencegah penyakit stroke yang pertama adalah dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Perhatikan konsumsi makanan Anda. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak atau daging merah karena hal itu bisa memicu penumpukan lemak dalam darah. Hindari pula melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

2. Rajin olahraga

Selain itu, biasakanlah juga untuk rutin berolahraga. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Dengan berolahraga rutin, kinerja jantung Anda akan semakin baik, apalagi olahraga akan membakar kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh.

3. Cek kesehatan secara rutin

Terakhir adalah dengan melakukan check up kesehatan secara rutin. Mungkin, Anda tidak merasa memiliki gangguan apa pun, tapi bisa saja darah dalam tubuh mengatakan hal yang berbeda. Ketika Anda cek kesehatan, darah akan diteliti apakah Anda memiliki faktor risiko penyebab stroke, misalnya kolesterol tinggi dan hipertensi. Rutin mengecek kesehatan bisa membantu Anda mengetahui apakah Anda terbebas dari risiko penyakit stroke.

Baca juga: 5 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Itulah cara mencegah penyakit stroke yang bisa Anda lakukan sejak dini agar terhindar dari penyakit berbahaya ini. Jaga selalu kesehatan Anda dengan mengaplikasikan cara-cara tersebut agar terhindar dari penyakit stroke yang dapat mengancam kesehatan. Perhatikan penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes, Anda bisa simak artikel berikut untuk mengetahui cara mencegah diabetes. Pastikan juga Anda telah telah memiliki layanan asuransi dari perusahaan yang terpercaya seperti Prudential yang dapat memberikan solusi perlindungan terbaik. Melalui kampanye “Made For Every Family” di tahun ini, Prudential Indonesia berkomitmen untuk dapat melindungi keluarga di Indonesia lebih luas lagi, tidak hanya untuk keluarga inti namun juga untuk keluarga besar agar dapat hidup lebih sehat dan sejahtera