Wanita Sedang Jogging Sebagai Cara Hidup Sehat

4 Cara Hidup Sehat Selama Musim Sakit dan Pancaroba

Musim pancaroba merupakan musim terjadinya transisi atau pergantian antara dua musim, seperti musim kemarau menuju musim penghujan maupun sebaliknya. Musim pancaroba ditandai dengan kondisi cuaca yang tak menentu. Hal ini yang mengakibatkan berbagai macam virus hingga bakteri menjadi cepat berkembang biak.

Di musim ini tentu orang-orang yang memiliki sistem imun rendah akan mudah terserang penyakit. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga kesehatan di tengah aktivitas harian yang dijalani.

Kesehatan Tetap Dijaga Walaupun Banyak Beraktivitas

Saat musim pancaroba seringkali risiko penyakit melanda, apalagi dengan banyak aktivitas yang dilakukan seperti bekerja, kuliah, belanja bulanan, dan sebagainya akan terasa lebih berat dan melelahkan. Nah, maka dari itu, Anda harus terus menjaga sistem imun tubuh, ya!

Dilansir dari Kemenkes, sistem imun adalah kemampuan tubuh untuk melindungi dirinya dari serangan “musuh” atau benda asing yang masuk seperti misalnya bakteri, jamur, virus, dan lain-lain. Jika sistem imun lemah, maka sudah pasti Anda akan mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Gak Cuma Korona, Waspadai Juga 5 Penyakit Akibat Virus Lainnya!

4 Tips Hidup Sehat saat Musim Pancaroba

Jika ingin coba menerapkan hidup sehat, Anda bisa memulainya di rumah dari hal sederhana kok! Berikut ini 4 tips hidup sehat yang bisa Anda terapkan, antara lain:

1. Batasi Asupan Garam dan Gula

Sering kali kita mengonsumsi makanan kaleng, makanan beku (frozen food), dan makanan olahan (processed food) apabila tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Akan tetapi, jenis makanan tersebut memiliki kadar garam lebih tinggi dibandingkan makanan lainnya.

Sebagai gantinya, Anda bisa memakai bumbu rempah dibandingkan garam untuk menghadirkan cita rasa masakan yang lezat dan mengonsumsi makanan sehat. Perlu diingat, ya, kalau jumlah konsumsi garam yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO) adalah kurang dari 5 gram per hari.

Begitu juga dengan gula. Jumlah maksimum konsumsi gula yang diperbolehkan hanyalah 5% dari kebutuhan kalori harian. Kalau ingin mengonsumsi makanan yang manis-manis, Anda bisa mengonsumsi buah segar atau buah kering sebagai penggantinya.

2. Hindari Begadang

Menonton film dan series sampai larut malam memang menjadi hiburan untuk melepas penat. Namun ternyata, waktu tidur yang tidak optimal dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, setidaknya tidur 8 jam per hari agar Anda mempunyai istirahat yang berkualitas. Kemudian, jauhkan smartphone dari jangkauan Anda 30 menit sebelum tidur agar tubuh menjadi rileks dan tidur lebih nyenyak.

3. Olahraga Teratur

Menurut WHO, Kurangnya aktivitas fisik selama pandemi dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Apalagi terbatasnya ruang untuk bergerak bebas dapat menambah stres dan mengganggu kesehatan mental.

Melakukan olahraga secara teratur dapat menjadi solusi agar tubuh tetap sehat baik secara fisik maupun mental. Intensitas yang direkomendasikan oleh WHO adalah 150 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang per minggu.

4. Berhenti Merokok dan Batasi Konsumsi Alkohol

Rokok mengandung zat adiktif berbahaya seperti tar yang dapat memicu terjadinya gangguan pernapasan dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Dengan berhenti merokok, risiko kesehatan tersebut bisa dihindari dan tubuh memiliki sistem kekebalan yang kuat.

Selain itu, WHO mengatakan jika konsumsi alkohol yang berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mampu membentengi dirinya dari penyakit menular seperti batuk dan flu.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Stamina Tubuh

Jika masih merasa kesulitan untuk berhenti merokok atau membatasi konsumsi alkohol, Anda bisa mengalihkan perhatian dengan mengunyah makanan yang lebih sehat, seperti permen karet tanpa gula, kacang-kacangan, atau biji bunga matahari.

Jika terasa sulit menerapkan 4 cara hidup sehat di atas, Anda bisa memulainya secara perlahan namun tetap konsisten, ya! Selain itu, kunjungi situs resmi dan unduh aplikasi PULSE untuk mempermudah Anda mendapatkan tips kesehatan dan gaya hidup sehat. PULSE adalah aplikasi khusus berteknologi AI dari Prudential untuk membantu Anda tetap sehat dan bugar.

Pada aplikasi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dari rumah lewat fitur Bicara Dengan Dokter. Aplikasi PULSE juga memiliki fitur Perencana Makanan Saya​ yang akan memberikan ragam inspirasi makanan sehat setiap hari. Ayo, jaga selalu kesehatan Anda bersama PULSE dari Prudential Indonesia. Anda juga bisa mencari informasi seputar produk asuransi lainnya di situs resmi Prudential Indonesia!