Ibu dan putrinya membawa makanan

Mencegah Penyakit Diabetes Keturunan dengan Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Setiap orang pasti mendambakan kesehatan yang prima hingga masa tua. Impian tersebut bisa dicapai kalau Anda berusaha menerapkan gaya hidup sehat yang bisa menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes atau diabetes tipe 2.

Akan lebih baik jika Anda mengenal dahulu apa itu penyakit kronis, khususnya penyakit diabetes turunan, sebelum mengetahui langkah efektif untuk menurunkan risikonya. Yuk, simak informasinya dalam pembahasan berikut ini!    

Penderita penyakit diabetes tidak memandang usia, sehingga Anda perlu membaca artikel ini Kenali Ciri-ciri Diabetes di Usia Muda. Ketahui juga langkah pencegahan dan perlindungan diri dari diabetes dengan membaca 5 Cara Cegah Diabetes dan Perlindungannya dari Prudential.

Risiko Penyakit Kronis

Mari kita mulai dengan membahas penyakit kronis terlebih dahulu, termasuk penyebab dan jenis-jenisnya.

Baca juga: Gejala Virus Corona dan Pencegahannya

Definisi dan Penyebab

Secara umum, penyakit kronis merupakan kondisi yang berlangsung selama satu tahun atau lebih sehingga membutuhkan perawatan medis yang berkelanjutan. Penyakit kronis bisa juga diartikan sebagai penyakit yang memerlukan pengobatan jangka panjang, dan dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang karena bisa membatasi aktivitas sehari-hari.

Beberapa penyebab atau faktor risiko penyakit kronis antara lain:

  • faktor genetik.

  • gaya hidup yang kurang sehat, termasuk banyak minum alkohol, konsumsi makanan tidak bergizi, merokok, dan kurang melakukan aktivitas fisik.

  • faktor lingkungan.

 
Baca juga: Protokol Kesehatan Saat Keluar Rumah

Masa Depan Terlindungi dengan PAYDI 

Pelajari di Sini

Jenis-jenis Penyakit Kronis

Ada empat jenis penyakit kronis yang umum diderita oleh masyarakat Indonesia, yaitu:

  • penyakit jantung.

  • strok

  • kanker

  • diabetes

 

Baca juga: Hidup Dengan Jantung Sehat.

Penyakit Keturunan Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Salah satu jenis penyakit diabetes adalah diabetes keturunan atau diabetes tipe 2 yang akan dibahas dalam artikel ini.

Baca juga: Ini Dia Cara Penyebaran Virus Corona

Definisi dan Penyebab

Diabetes tipe 2 adalah kondisi yang terjadi karena tubuh tidak bisa menggunakan insulin secara efektif. Akibatnya, kadar gula darah atau glukosa darah dalam tubuh meningkat sampai melewati batas normal. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah, saraf (neuropati), dan sistem kekebalan tubuh.

Ada dua masalah utama yang dialami oleh penderita diabetes tipe 2. Pertama, pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau hormon yang mengatur pergerakan gula di dalam sel. Kedua, sel-sel tubuh tidak bisa merespon      insulin dengan baik serta mengambil lebih sedikit gula.

Beberapa penyebab atau faktor risiko yang memicu munculnya diabetes keturunan antara lain:

  • obesitas (kelebihan berat badan)

  • kurangnya aktivitas fisik (jarang berolahraga)

  • pola makan yang tidak sehat

  • faktor genetik atau ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes

 
Baca juga: 3 Fakta Vaksin yang Perlu Anda Ketahui!

Gejala

Gejala diabetes tipe 2 biasanya berkembang secara perlahan. Tidak sedikit orang yang hidup dengan diabetes tipe 2 dalam waktu lama tanpa menyadarinya. Berikut beberapa gejala yang muncul pada penderita diabetes tipe 2:

  • Rasa haus yang berlebihan.

  • Lebih sering buang air kecil.

  • Mudah merasa lapar.

  • Penglihatan kabur.

  • Luka yang sulit sembuh dan lebih sering terkena infeksi.

  • Kebas atau kesemutan di area tangan atau kaki.

  • Area kulit yang menghitam, biasanya di ketiak dan leher.

 

Baca juga: 5 Cara Cegah Diabetes dan Perlindungannya dari Prudential

Menurunkan Risiko Penyakit Kronis dan Diabetes Keturunan

Upaya untuk menurunkan risiko penyakit kronis dan diabetes turunan perlu dilakukan sejak dini. Lakukan beberapa langkah di bawah ini sebagai bentuk kesadaran Anda terhadap pentingnya hidup sehat.

1. Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan berarti Anda harus lebih sering mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Lengkapi menu makanan dengan sayur-sayuran dan buah-buahan, serta hindari makanan olahan dan makanan yang mengandung gula. Pola makan yang baik dapat membantu menjaga berat badan ideal, mengatur kadar gula darah, dan menghindari terjadinya resistensi insulin sehingga risiko diabetes keturunan bisa diatasi.

2. Berolahraga Secara Teratur

Anda juga perlu berolahraga secara teratur untuk menurunkan risiko penyakit kronis dan diabetes. Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan dan      meningkatkan metabolisme tubuh. Aktivitas ini juga bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Pilihlah jenis olahraga yang disukai dan lakukan secara konsisten untuk memperoleh manfaat yang optimal.

Baca juga: Jangan Terlewat, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Saat Jogging

3. Menghindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol Berlebihan

Gaya hidup yang kurang sehat seperti kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan perlu dihindari supaya risiko penyakit kronis, termasuk diabetes keturunan, bisa diatasi. Hindari dua kebiasaan tersebut secara perlahan sampai bisa lepas sepenuhnya dari kebiasaan buruk tersebut. Bukan hanya penyakit kronis, menghindari rokok dan konsumsi alkohol berlebihan juga berdampak positif pada peningkatan kesehatan secara keseluruhan.

4. Memantau Kadar Gula Darah

Rutinlah memantau kadar gula darah Anda secara teratur untuk mengetahui kondisi kesehatan. Selain itu, langkah ini juga berguna untuk mencegah komplikasi kesehatan yang lebih serius. Bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes, memantau kadar gula darah menjadi langkah penting dalam mengontrol risiko penyakit ini.

Untuk hasil pengecekan gula darah yang lebih optimal, konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis terkait cara dan frekuensi pemantauan kadar gula darah yang baik, termasuk juga mengetahui waktu yang tepat untuk mengecek gula darah.

Mengadopsi gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan, berolahraga secara teratur, mengurangi kebiasaan merokok dan hindari konsumsi alkohol berlebihan, serta memantau kadar gula darah dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis dan penyakit diabetes keturunan. Lakukan langkah pencegahan di atas sebagai bentuk investasi penting dalam menjaga kesehatan tubuh untuk jangka panjang.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Risiko kesehatan yang muncul dari penyakit kronis dan diabetes keturunan tidak hanya menimpa tubuh, tetapi juga berdampak pada kondisi finansial. Pasalnya, penyakit tersebut membutuhkan kontrol dan penanganan yang cukup intens.

Prudential menyediakan PRULink NextGen sebagai salah satu bentuk proteksi finansial untuk Anda dan keluarga yang dilengkapi manfaat tambahan berupa Asuransi Kesehatan PRUPrime Healthcare Plus Pro yang bisa memberikan akses penggantian biaya rawat jalan atau rawat inap karena penyakit kronis maupun penyakit diabetes keturunan. Hubungi kami atau klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi ini.