pria sedang makan

Inilah 4 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Bisa Dicoba

Apakah selama ini Anda sudah menjaga pola makan Anda? Menjaga asupan makanan sangat penting untuk mencegah risiko penyakit yang tidak diinginkan.

Bila pola makan Anda tidak sehat, maka bisa saja Anda terserang berbagai penyakit, salah satunya adalah kolesterol tinggi.

Sebenarnya, kolesterol adalah lemak yang akan diproduksi secara alami dalam tubuh. Namun,  terkadang lemak ini jadi berlebihan dalam tubuh akibat konsumsi makanan hewani.

Pastinya Anda tak ingin mengidap penyakit kolesterol tinggi, bukan? Karenanya, simak artikel ini untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi dengan tepat.

Kenalan dengan Kolesterol

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kolesterol adalah lemak yang bisa diproduksi secara alami oleh tubuh dan juga dari makanan yang mengandung protein hewani. Sebenarnya, kolesterol dibutuhkan untuk membentuk vitamin D, hormon, dan asam empedu yang memiliki fungsi mencerna lemak.

Jika kolesterol dalam tubuh berada pada kadar normal, kehadirannya bisa membantu membentuk sel-sel yang dibutuhkan agar tubuh berfungsi normal.

Namun, apabila kolesterol dalam tubuh berada di level yang tinggi, hal ini justru akan berbahaya bagi kesehatan Anda. Kolesterol yang tinggi bisa memicu penyakit dan komplikasi yang tidak diinginkan.

Kolesterol akan dibawa oleh protein di dalam darah, gabungan ini disebut dengan istilah lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein yang utama, yaitu lipoprotein kepadatan rendah (LDL) atau disebut juga kolesterol jahat dan lipoprotein kepadatan tinggi (HDL) yang disebut kolesterol baik.

Nilai dari LDL dan HDL ini perlu Anda perhatikan agar bisa mengetahui apakah kolesterol Anda masuk dalam kadar yang normal atau tidak. Bila kadar kolesterol kurang dari 200 mg/dL, maka hal itu masih bisa ditoleransi.

Namun, jika sudah lebih dari angka 200, berarti kolesterol Anda sudah masuk ambang batas tinggi. Bahkan apabila sudah menginjak angka 240, artinya Anda menderita kolesterol tinggi.

Faktor Risiko Kolesterol Tinggi

Jika sudah memasuki kadar kolesterol yang tinggi, Anda harus berhati-hati. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika nilai kolesterol mencapai 240 md/dL, maka Anda berisiko menderita penyakit yang serius. Beberapa poin di bawah ini adalah faktor yang meningkatkan kolesterol tinggi:

1. Obesitas

Biasanya, orang yang mengalami kegemukan berlebih atau obesitas memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Anda harus bisa menghitung apakah Anda masuk dalam golongan orang yang obesitas atau tidak. Hal ini bisa diketahui dengan menghitung Body Mass Index (BMI) Anda.

2. Gemar mengonsumsi makanan/minuman manis

Faktor berikutnya adalah kegemaran mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Hal ini bisa memicu penyakit diabetes yang berisiko meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Untuk itu, perhatikan asupan makanan serta minuman Anda agar tidak melewati batas normal konsumsi gula.

3. Punya riwayat penyakit tertentu

Seperti yang sudah disampaikan di atas, jika Anda mengidap diabetes atau obesitas, kemungkinan besar Anda juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu, jika Anda mengidap hipertensi, maka besar kemungkinan kolesterol Anda juga tinggi.

4. Merokok

Faktor berikutnya adalah kebiasaan merokok. Penting untuk diketahui bahwa kebiasaan merokok bisa menurunkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Jadi, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan buruk ini agar terhindar dari risiko penyakit yang tidak diinginkan.

5. Jarang berolahraga

Terakhir adalah kebiasaan buruk jarang melakukan olahraga. Padahal, dengan berolahraga, tubuh akan membakar lemak. Dengan begitu, tubuh bisa dengan sendirinya mengeliminasi kelebihan lemak serta kolesterol jahat dalam tubuh.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Bisa Dicoba

Apabila Anda adalah salah satu orang yang memiliki kadar kolesterol cukup mengkhawatirkan, berikut ini adalah beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

1. Jaga pola makan

Cara pertama adalah menjaga pola makan. Mulailah biasakan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung karena kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu penyakit jantung.

Kurangi asupan lemak jenuh yang terdapat dalam daging merah serta susu yang penuh lemak. Pilihlah makanan yang mengandung omega-3 karena asam lemak omega-3 baik untuk jantung. Omega-3 bisa Anda dapatkan dari ikan salmon, makarel, dan juga walnut.

2. Mulai rajin berolahraga

Cara menurunkan kolesterol tinggi yang berikutnya adalah rajin berolahraga. Rutinlah berolahraga minimal 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, bersepeda, atau jogging. Tingkatkan aktivitas fisik Anda agar terhindar dari segala macam penyakit, termasuk yang disebabkan oleh kolesterol tinggi

3. Berhenti merokok

Berikutnya, berhentilah merokok. Mengingat bahwa merokok dapat mengurangi kadar kolesterol baik, maka cobalah untuk menghentikannya secara perlahan. Menurut penelitian, dalam waktu setahun setelah Anda lepas dari ketergantungan rokok, risiko terkena penyakit jantung akan semakin berkurang.

4. Periksa kolesterol secara berkala

Cara menurunkan kolesterol tinggi yang terakhir adalah dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mengetahui kadar kolesterol Anda.

Apalagi, sehari-hari Anda tak bisa menghitung secara persis jumlah kolesterol yang masuk atau diproduksi dalam diri. Dengan memahami kadar angka kolesterol, maka Anda bisa menjauhi makanan-makanan yang memicu kenaikan kolesterol.

 

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai kolesterol serta cara menurunkan kolesterol tinggi. Jaga selalu kesehatan Anda dan keluarga, termasuk dari risiko kolesterol tinggi, dengan ekstra perlindungan melalui layanan asuransi  terpercaya dari Prudential.

Untuk memilih produk asuransi kesehatan Prudential yang sesuai dengan kebutuhan, klik di sini. Follow juga Instagram Prudential agar tidak ketinggalan informasi terkini seputar dunia asuransi!