manfaat joging

6 Manfaat Joging yang Baik untuk Kesehatan dan Kondisi Fisik

Joging dapat menjadi olahraga pilihan bagi Anda untuk memulai rutinitas hidup sehat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Decathlon bersama YouGov pada tahun 2021, jumlah orang yang minat dengan olahraga joging mencapai 64% dari 1.000 responden yang disurvei di area Jakarta dan sekitarnya. Tidak heran olahraga ini menjadi pilihan karena ada banyak manfaat joging , baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Joging merupakan rekomendasi olahraga yang bisa meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, ada juga cara lainnya yang bisa Anda baca lebih lanjut dalam artikel ini: Cara Meningkatkan Stamina Tubuh.

Kenali manfaat joging yang berdampak positif pada kesehatan fisik dan mental Anda dalam bacaan artikel ini!

Manfaat Kesehatan dari Joging

Mari kita mulai dengan membahas manfaat kesehatan yang bisa didapatkan melalui olahraga joging di bawah ini!

1. Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru dan Kardiovaskular

Ketika Anda berlari, paru-paru bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan oleh otot. Olahraga ini membantu memperkuat paru-paru serta meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga pernapasan menjadi lebih efisien.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Joging secara teratur juga baik untuk kesehatan jantung. Saat berlari, jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga memperkuat jantung dan pembuluh darah. Aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar sehingga risiko penyakit jantung dapat berkurang.

3. Mengendalikan Berat Badan

Joging adalah cara yang efektif untuk mencegah kelebihan berat badan. Joging bisa  membantu pembakaran lemak yang menjadi kunci menjaga berat badan ideal.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Massa Otot

Joging juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Berlari membuat tubuh mempersiapkan tulang untuk menahan tekanan tambahan sehingga bisa memperkuat tulang dan mencegah cedera. Selain itu, joging juga melibatkan otot-otot besar seperti otot paha belakang, betis, dan bokong, sehingga membantu mengencangkan tubuh. Setiap kali berolahraga, otot-otot tubuh akan mengalami stres fisik, yang pada akhirnya membuat tubuh lebih kuat.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat lain dari joging adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Joging secara teratur akan membuat tubuh memiliki respons yang lebih baik terhadap penyakit dan gangguan kesehatan. Aktivitas ini juga merangsang produksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi bakteri dan virus. Intinya, joging secara konsisten akan membuat tubuh Anda tetap bugar dan tidak mudah sakit.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Joging juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gangguan tidur seperti insomnia. Aktivitas aerobik yang terlibat dalam joging juga dapat membantu menurunkan risiko sleep apnea.

Baca juga: Cara Mengetahui Kanker Payudara

Ciptakan Keamanan Finansial  melalui PAYDI

Pelajari di Sini

Manfaat Mental dari Joging

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, joging juga memiliki dampak positif pada kesejahteraan mental, seperti:

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Joging termasuk dalam olahraga aerobik yang bisa  melindungi otak dari efek negatif stres. Joging secara teratur dapat meningkatkan fungsi eksekutif otak dan melindungi otak dari penurunan yang terkait dengan penuaan dan stres.

2. Meningkatkan Mood dan Perasaan Bahagia

Joging selama 10 menit dengan intensitas sedang setiap hari telah terbukti meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang mengatur suasana hati dan kemampuan untuk melakukan tugas mental yang kompleks. Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Tsukuba, Jepang, yang diterbitkan melalui website-nya. Jadi, joging dapat membantu meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih bahagia.

3. Meningkatkan Energi dan Konsentrasi

Joging secara teratur juga dapat meningkatkan tingkat energi sepanjang hari. Selain itu, aktivitas ini juga membantu meningkatkan tingkat konsentrasi dan fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Penghargaan Diri

Mengatur rutinitas joging dan mencapai target tertentu dalam aktivitas fisik ini dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, Anda akan merasa bangga dan menghargai diri sendiri karena telah melampaui batas yang dipikirkan sebelumnya.

5. Mengurangi Risiko Depresi dan Meningkatkan Kesejahteraan Mental secara Keseluruhan

Joging secara teratur dapat membantu mengurangi risiko depresi dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan. Hormon endorfin yang dilepaskan selama berlari dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengatasi perasaan negatif.

Baca juga: Mengenal Fungsi Ginjal Manusia

Tips untuk Memulai dan Mencapai Manfaat Joging

Menarik sekali melihat manfaat joging di atas, bukan? Agar manfaat di atas bisa dirasakan secara maksimal, lakukan enam langkah di bawah ini.

1. Konsultasikan dengan Dokter sebelum Memulai Program Joging

Sebelum memulai program joging, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau pernah mengalami cedera. Pendapat dari dokter bermanfaat dalam merencanakan program joging yang sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan.

2. Pilih Sepatu Lari yang Sesuai untuk Menghindari Cedera

Gunakan sepatu lari yang sesuai dan nyaman untuk melindungi kaki dari cedera. Pilih ukuran sepatu yang tidak terlalu sempit untuk memaksimalkan efisiensi berlari. Gunakan juga kaus kaki untuk mengurangi gesekan antara telapak kaki dan bagian dalam sepatu yang menimbulkan ketidaknyamanan saat berlari.

3. Mulai dengan Langkah Kecil dan Tingkatkan Intensitas secara Bertahap

Mulailah rutinitas olahraga berlari dengan jarak dan waktu yang singkat agar tubuh tidak terlalu lelah dengan kebiasaan baru. Seiring tumbuhnya kebiasaan tersebut, Anda bisa meningkatkan intensitas dan jarak secara bertahap sesuai dengan kondisi kebugaran yang makin terbentuk.

4. Tetaplah Terhidrasi dengan Minum Air yang Cukup Sebelum, Selama, dan Setelah Joging

Sediakan botol berisi air minum supaya Anda tetap terhidrasi. Joging mengeluarkan keringat yang bisa menyebabkan dehidrasi sehingga memengaruhi kinerja tubuh. Maka dari itu, konsumsi air minum yang cukup sebelum, selama, dan setelah joging.

5. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan Sebelum dan Setelah Joging

Sebelum joging, lakukan pemanasan selama beberapa menit untuk mempersiapkan otot Anda. Setelah berlari, lakukan pendinginan untuk mengurangi risiko cedera. Cari tahu lebih lanjut mengenai manfaat pemanasan sebelum olahraga dalam artikel ini: Jangan Terlewat, Ini 5 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga.

6. Buat Jadwal Rutin untuk Joging agar Menjadi Kebiasaan yang Teratur

Tentukan jadwal rutin untuk joging sehingga menjadi kebiasaan yang teratur dalam kehidupan Anda. Disiplin dalam menjalankan rutinitas ini akan membantu Anda meraih manfaat joging secara optimal.

Waktu yang bisa digunakan untuk joging adalah di pagi dan sore hari, dengan durasi 1 sampai 1.5 jam. Menurut Halodoc, baik pagi atau sore mempunyai manfaat tersendiri yang baik bagi kesehatan tubuh. Bila dilakukan di pagi hari, manfaat joging selain meningkatkan metabolisme, juga dapat membakar kalori. Sedangkan bila Anda joging di sore hari, fungsi dan kekuatan otot dapat lebih optimal dan daya tahan lebih tinggi.

Baca juga: Hidup Dengan Jantung Sehat

Tantangan dan Solusi dalam Joging

Tidak jarang kita menemukan tantangan dalam joging, apalagi jika hendak membentuk kebiasaan baru. Namun, setiap tantangan pasti ada solusinya. Lihat penjelasan mengenai tantangan dalam joging serta solusi yang bisa Anda lakukan di bawah ini.

1. Mengatasi Kebosanan dengan Variasi Rute atau Mendengarkan Musik

Tantangan pertama yang muncul saat joging adalah bosan. Perasaan ini bisa muncul karena sensasi monoton akibat berlari di rute yang sama atau tidak ada hiburan saat joging. Untuk mengatasi kebosanan selama joging, coba variasikan rute lari Anda. Tambahkan hiburan dengan mendengarkan musik yang menginspirasi agar semangat Anda tetap terjaga.

2. Menghindari Cedera dengan Melakukan Peregangan dan Penguatan Otot

Tidak jarang ditemukan berbagai jenis cedera yang bisa menghambat aktivitas joging. Solusinya, lakukan peregangan untuk mencegah cedera otot sebelum dan setelah berlari. Selain itu, tambahkan latihan kekuatan otot ke dalam rutinitas untuk meningkatkan stabilitas dan ketahanan tubuh.

3. Mengatasi Kendala Cuaca dengan Alternatif Indoor seperti Treadmill atau Gym

Cuaca yang tidak mendukung terkadang menjadi alasan yang menghambat rutinitas joging yang terbentuk. Masalah ini bisa diatasi dengan mempertimbangkan untuk menggunakan treadmill di rumah atau berolahraga di pusat kebugaran (gym).

4. Menangani Kelelahan dengan Istirahat yang Cukup dan Pemulihan yang Kuat

Rasa lelah akibat joging perlu diatasi dengan istirahat yang cukup. Lakukan juga pemulihan kelelahan pada otot dan energi dengan mengompres hangat atau dingin pada bagian otot yang nyeri.

5. Tetap Termotivasi dengan Mencari Teman Joging atau Bergabung dengan Kelompok Joging Lokal

Tantangan terakhir yang cenderung dialami dalam membangun kebiasaan baik ini adalah kurangnya motivasi untuk melanjutkannya. Carilah teman joging atau Anda bisa bergabung dengan kelompok joging lokal supaya tetap termotivasi dan terinspirasi dalam menjalankan aktivitas ini.

 Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Mengetahui manfaat joging pada kesehatan fisik dan kesejahteraan mental, Anda pasti termotivasi untuk memulai kebiasaan baru ini. Lakukan tips yang telah dibagikan di atas agar Anda bisa merasakan manfaat joging secara maksimal. Jangan ragu jika menemukan tantangan dalam joging karena Anda bisa melakukan solusi untuk mengatasinya.