tiga orang sedang berlari

Tips Meningkatkan Stamina Tubuh

Tau gak kalau perkembangan berlari seseorang dapat dinilai berdasarkan kecepatan dan beberapa faktor. Salah satu faktor itu adalah tingkat kebugaran dan genetik orang tersebut. Pada tahun 2015, Strava melaporkan lebih dari 14 juta pengguna aplikasi mereka, rata-rata pelari pria di Amerika Serikat memiliki kecepatan 9:03 menit per mil (1.6 km) dan rata-rata kecepatan pelari wanita 10:21 per mil. Kalau kamu sendiri berada di bawah atau di atas rata-rata? Nah, Apabila kamu ingin meningkatkan kecepatan lari kamu, yuk coba tips berikut ini :

Meningkatkan Stamina/ Daya Tahan Tubuh

Kecepatan berlari sangat tergantung dengan daya tahan tubuh, oleh karena itu penting bagi kamu untuk melakukan Interval dan Tempo Training.

- Interval training

Lakukan pemanasan selama 10 menit dengan lari pelan/ jogging. Lalu, lari dengan kecepatan tinggi selama 2-5 menit (dimana kamu gak bisa lagi ngobrol dengan nyaman). Kemudian ulangi selama 4-6 kali. Lakukan minimum 1-2 kali per minggu hingga kamu merasa nyaman mencapai kecepatan yang diinginkan.

- Tempo training

Tujuan latihan ini adalah meningkatkan dan menjaga kecepatan dalam berlari. Caranya dengan kamu berlari pada kecepatan yang sama dalam beberapa menit, diikuti oleh beberapa menit jogging. Lakukan 10-15 menit untuk 5 km dan 20-30 menit mengikuti kecepatan lari yang ingin kamu tempuh.

Baca juga: 8 Rekomendasi Makanan untuk Diet yang Patut Dicoba

 

Meningkatkan Kecepatan

Kecepatan berlari seseorang biasanya ditentukan dari rata-rata lari sepanjang 1 kilometer. Tips untuk menentukan kecepatan langkah terbaik kamu :

- Gunakan jalur terdekat

- Pemanasan selama 5-10 menit

- Tentukan kecepatan lari kamu sejauh 1 kilometer. Gunakan kecepatan lari yang kamu mampu, tetapi jangan dipaksain.

Tentukan target kilometer yang ingin dicapai untuk latihan. Lakukan selama beberapa minggu, terus lakukan pada jalur, waktu, dan kecepatan yang sama untuk memonitor progres lari kamu. Jika kamu lakukan secara konstan, maka akan banyak manfaat kesehatan yang akan kamu rasakan. Yuk, simak juga artikel berikut untuk mengetahui manfaat olahraga bagi kesehatan yang perlu diketahui!

Baca juga: Jangan Terlewat, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Saat Jogging

Download aplikasi Pulse dan bergabung dalam komunitas PRURun untuk berbagi tips berlari agar tubuh tetap sehat.

Sumber: https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/average-running-speed#stay-safe

Diskusi kebutuhan Anda di sini!

Isi data berikut dan kami akan menghubungi Anda
error
lengkapi form berikut

Pemegang Polis

Pemegang Polis

Nama

Apakah ada topik yang ingin ditanyakan?

Saya /kami telah membaca, memahami dan memberikan persetujuan saya/kami kepada Prudential Indonesia untuk mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan data pribadi saya/kami sesuai dengan Deklarasi Privasi *

Contact us