makanan diet

8 Rekomendasi Makanan untuk Diet yang Patut Dicoba

Diet sering kali dikaitkan dengan penurunan berat badan. Itulah kenapa banyak orang lebih fokus membatasi asupan makanan dan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi demi membakar lemak. Padahal, tujuan utama diet adalah untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat. Tak hanya membatasi jumlah makanan yang masuk ke tubuh, ada beberapa makanan untuk diet yang juga wajib dikonsumsi.

Namun, bagaimana memilih makanan untuk diet yang sehat? Tentunya makanan tersebut harus memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan lemak sehat. Ini dia beberapa rekomendasi makanan diet yang patut Anda coba!

8 Rekomendasi Makanan untuk Diet Sehat

1. Dada ayam

Tidak semua bagian ayam mengandung tinggi lemak, contohnya bagian dada ayam. Dibandingkan bagian paha, dada memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah. Di sisi lain, bagian ini justru mengandung zat besi dan protein yang tinggi. Anda bisa mengolah dada ayam dengan cara dipanggang atau direbus dan hindari menggorengnya supaya tidak merusak kandungan baiknya.

2. Telur

Selain dada ayam, telur juga bisa menjadi pilihan makanan untuk diet. Tak hanya ramah di kantong, telur juga kaya nutrisi seperti protein, vitamin D, dan kolin. Bila ingin lebih sehat lagi, Anda bisa mengonsumsi putih telurnya saja. Umumnya, satu butir putih telur mengandung 406 gram protein sebagai sumber energi. Anda bisa mengonsumsi telur dengan cara merebusnya untuk mendapatkan kandungan terbaiknya.

3. Daging sapi tanpa lemak

Masih banyak yang menganggap bahwa daging merupakan makanan yang tak bisa dikonsumsi saat diet. Padahal, ada bagian daging yang tidak mengandung banyak lemak. Bagian ini biasanya terdapat di sekitar leher atau has luar. Di dalam daging tanpa lemak ini terkandung protein, zat besi, vitamin, mineral, zinc, dan vitamin B12. Untuk menikmatinya, Anda bisa memasak daging sapi dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang tanpa lemak di atas pan anti lengket.

4. Kentang

Diet bukan berarti menghilangkan sumber karbohidrat. Anda hanya perlu mengganti sumber karbohidrat menjadi lebih sehat, seperti kentang. Makanan untuk diet satu ini mengandung kalium yang menjaga tekanan darah tetap stabil, namun kalorinya pun relatif rendah. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin B6. Olahan kentang dengan cara direbus atau dikukus agar tidak menghilangkan gizinya.

5. Kacang-kacangan

Kelompok kacang-kacangan juga termasuk makanan untuk diet yang bagus. Dalam kacang-kacangan terdapat aneka vitamin dan mineral, bahkan zat besi dan folat yang baik untuk mencegah anemia. Selain itu, kacang-kacangan juga tinggi protein dan serat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Anda bisa memilih kacang kedelai, kacang tanah, atau kacang merah untuk variasi masakan.

6. Brokoli

Sayuran hijau satu ini kerap kali dijauhi anak-anak. Padahal, brokoli mempunyai banyak manfaat baik, khususnya untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Di dalamnya terdapat vitamin C, karbohidrat yang baik, juga serat. Manfaat mengonsumsi brokoli saat diet dapat membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil dan melancarkan pencernaan.

7. Buah alpukat

Alpukat sering kali disebut sebagai buah yang dapat menggemukkan badan karena kaya lemak. Padahal, lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang justru baik untuk menurunkan kolesterol. Alpukat juga cocok dijadikan makanan untuk diet karena bisa mengecilkan lingkar perut dan menahan lapar.

8. Gandum

Makanan untuk diet yang tak kalah baik adalah gandum karena tingginya serat yang terkandung di dalamnya. Dengan mengganti sumber karbohidrat menjadi gandum, Anda akan kenyang lebih lama sehingga mencegah dari makan berlebihan. Sebaiknya, pilihlah gandum utuh karena gandum jenis ini tidak dicampur bahan-bahan lainnya. Mulailah mengonsumsi gandum sebagai menu sarapan untuk memulai diet yang sehat.

 

Menjaga tubuh sehat adalah hal yang wajib dilakukan mengingat bahwa kesehatan sangatlah berharga. Untuk itu, selain menjaga asupan konsumsi sehari-hari dengan makanan untuk diet di atas, Anda juga perlu melindungi diri dengan manfaat proteksi dari Prudential Indonesia. Klik di sini dan follow Instagram Prudential Indonesia untuk cari tahu lebih banyak tentang dunia asuransi!