foto makanan sehat

Simak Pengertian Makanan Gluten Free dan 5 Manfaatnya

Saat ini, sudah semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Banyak dari mereka mulai membatasi asupan makanan tertentu, salah satunya adalah gluten. Masyarakat mulai mengonsumsi makanan gluten free yang dikatakan lebih baik untuk kesehatan. Sebenarnya, apa itu gluten? Lalu, apa manfaat mengonsumsi makanan gluten free? Simak informasi selengkapnya!

Apa itu Makanan Gluten Free?

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gluten merupakan protein yang terdapat dalam tepung atau beberapa jenis kacang-kacangan alami dan biji-bijian seperti jagung, quinoa, dan gandum. Biasanya, orang-orang yang intoleran terhadap gluten akan membutuhkan makanan khusus tanpa gluten. Makanan yang kandungannya terbebas dari gluten disebut sebagai makanan gluten free.

Respons kekebalan tubuh pada orang yang intoleran gluten tentunya berbeda dengan orang normal. Umumnya, hal yang dialami atau dirasakan para intoleran gluten adalah munculnya penyakit celiac. Penyakit ini hadir akibat reaksi negatif sistem pencernaan saat mengonsumsi gluten. Gejala yang dialami bisa berupa diare, kembung, sembelit, kram perut, hingga anemia.

Lebih lanjut, peneliti juga menemukan bentuk lain terhadap intoleransi gluten, yaitu gluten non-celiac. Orang yang menderita kondisi ini umumnya mengalami gejala serupa, namun tidak ada gangguan pada usus. Untuk itulah, orang-orang yang sensitif terhadap gluten harus menerapkan diet gluten free, yang mana diet tersebut bertujuan mengobati celiac.

5 Manfaat Mengonsumsi Makanan Gluten Free

Walau makanan gluten free biasanya ditujukan bagi mereka yang sensitif terhadap gluten, sekarang banyak orang juga mulai mengadopsi gaya hidup bebas gluten meskipun tidak dijalankan dengan sepenuhnya. Diet gluten ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang tak hanya bisa dirasakan para penderita intoleransi gluten, yaitu:

  1. Mempertahankan berat badan ideal
    Biasanya, orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten akan memiliki berat badan yang berubah-ubah. Hal tersebut karena mereka kekurangan nutrisi saat mengalami diare. Dengan mengonsumsi makanan gluten free, maka berat badan bisa tetap ideal.
  2. Menambah tenaga
    Terlalu banyak mengonsumsi gluten bisa memicu risiko kerusakan usus dan bisa menyebabkan gangguan dalam sistem penyerapan nutrisi berupa zat besi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia hingga penderita merasa lelah dan lemah. Maka dari itu, memakan makanan gluten free tentunya akan membantu usus untuk sembuh dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  3. Meminimalisir nyeri sendi
    Umumnya, penyakit celiac akan memberi reaksi kekebalan yang abnormal. Hal itu terjadi karena naiknya risiko peradangan. Akibatnya, penderita akan berisiko merasakan nyeri sendi. Nah, beralih ke makanan gluten free bisa meminimalisir nyeri sendi yang diderita.
  4. Meredakan masalah pencernaan
    Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, makanan yang mengandung gluten bisa mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit, atau kram perut. Hal ini karena tubuh memberi respons negatif terhadap masuknya makanan gluten. Bila seseorang melakukan diet gluten free, maka dapat membantu pencernaan kembali normal.
  5. Mengurangi frekuensi sakit kepala
    Seluruh tubuh kita merupakan satu kesatuan. Jika ada masalah di bagian tubuh tertentu, biasanya akan menimbulkan sakit pula di bagian lainnya. Begitu pula yang terjadi dengan penderita celiac. Bila usus mereka mengalami sakit akibat konsumsi makanan gluten, maka kepala juga akan merasakan kesakitan. Ini karena usus dan otak saling berhubungan. Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi makanan gluten free demi mengurangi frekuensi sakit kepala yang dirasakan.

Itulah penjelasan mengenai makanan gluten free dan juga manfaatnya bagi tubuh. Pastikan Anda sekeluarga tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan tinggi nutrisi. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mempersiapkan proteksi tambahan seperti asuransi kesehatan dari Prudential. Prudential akan membantu Anda dalam memberi perlindungan lebih bagi Anda dan keluarga.

Selain itu, Anda juga bisa download aplikasi PULSE by Prudential yang sudah dilengkapi banyak fitur untuk membantu Anda menjaga kesehatan. Mulai dari kalkulator BMI hingga konsultasi dengan dokter terpercaya. Di PULSE, Anda juga bisa bergabung di komunitas healthy eating, lho, sambil berbagi rekomendasi makanan gluten free dan makanan sehat lainnya!