Resep makanan sehat gluten free

Mengenal Gluten Free, Diet Sehat Masa Kini dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Daftar Isi:

 

Saat ini, sudah semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Banyak dari mereka mulai membatasi asupan makanan tertentu, salah satunya adalah gluten. Masyarakat mulai mengonsumsi makanan gluten free yang dikatakan lebih baik untuk kesehatan. Sebenarnya, apa itu gluten? Lalu, apa manfaat mengonsumsi makanan gluten free? Simak informasi selengkapnya!

 

Apa itu Makanan Gluten Free?

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gluten merupakan salah satu jenis protein yang terdapat dalam tepung atau beberapa jenis kacang-kacangan alami dan biji-bijian seperti jagung, quinoa, dan gandum. Biasanya, orang-orang yang intoleran terhadap gluten akan membutuhkan makanan khusus tanpa gluten. Oleh karena itu, gluten free adalah makanan yang kandungannya terbebas dari gluten.

Respons kekebalan tubuh pada orang yang intoleran gluten tentunya berbeda dengan orang normal. Umumnya, hal yang dialami atau dirasakan para intoleran gluten adalah munculnya penyakit celiac. Penyakit ini hadir akibat reaksi negatif sistem pencernaan saat mengonsumsi gluten. Gejala yang dialami bisa berupa diare, kembung, sembelit, kram perut, hingga anemia.

Lebih lanjut, peneliti juga menemukan bentuk lain terhadap intoleransi gluten, yaitu gluten non-celiac. Orang yang menderita kondisi ini umumnya mengalami gejala serupa, namun tidak ada gangguan pada usus. Untuk itulah, orang-orang yang sensitif terhadap gluten harus menerapkan diet gluten free, yang mana diet tersebut bertujuan mengobati celiac.

Baca Juga5 Daftar Makanan Penurun Kolesterol yang Mudah Ditemui

 

5 Manfaat Mengonsumsi Makanan Gluten Free

Walau makanan bebas gluten atau gluten free biasanya ditujukan bagi mereka yang sensitif terhadap gluten, sekarang banyak orang juga mulai mengadopsi gaya hidup bebas gluten meskipun tidak dijalankan dengan sepenuhnya. Berikut manfaat menjalankan pola makan gluten free bagi kesehatan:

  1. Mempertahankan atau Menurunkan Berat Badan

    Biasanya, orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten akan memiliki berat badan yang berubah-ubah. Hal tersebut karena mereka kekurangan nutrisi saat mengalami diare. Dengan mengonsumsi makanan gluten free, maka berat badan bisa tetap ideal.

    Menerapkan pola makan bebas gluten juga bisa salah satu cara untuk mengurangi berat badan. Dengan membatasi konsumsi beberapa jenis makanan tertentu dan mengonsumsi makanan yang mengandung, sayur dan buah, kamu dapat mencapai tujuan penurunan berat badanmu.
  2. Menambah tenaga

    Terlalu banyak mengonsumsi gluten bisa memicu risiko kerusakan usus dan bisa menyebabkan gangguan dalam sistem penyerapan nutrisi berupa zat besi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia hingga penderita merasa lelah dan lemah. Maka dari itu, memakan makanan gluten free tentunya akan membantu usus untuk sembuh dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

  3. Meminimalisir nyeri sendi

    Umumnya, penyakit celiac akan memberi reaksi kekebalan yang abnormal. Hal itu terjadi karena naiknya risiko peradangan. Akibatnya, penderita akan berisiko merasakan nyeri sendi. Nah, beralih ke makanan gluten free bisa meminimalisir nyeri sendi yang diderita.

  4. Meredakan masalah pencernaan

    Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, makanan yang mengandung gluten bisa mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit, atau kram perut. Hal ini karena tubuh memberi respons negatif terhadap masuknya makanan gluten. Bila seseorang melakukan diet gluten free, maka dapat membantu pencernaan kembali normal.

  5. Mengurangi frekuensi sakit kepala

    Seluruh tubuh kita merupakan satu kesatuan. Jika ada masalah di bagian tubuh tertentu, biasanya akan menimbulkan sakit pula di bagian lainnya. Begitu pula yang terjadi dengan penderita celiac. Bila usus mereka mengalami sakit akibat konsumsi makanan gluten, maka kepala juga akan merasakan kesakitan. Ini karena usus dan otak saling berhubungan. Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi makanan gluten free demi mengurangi frekuensi sakit kepala yang dirasakan.

Baca juga: Apa Gejala dan Penyebab Asam Lambung Naik?

Makanan yang Termasuk Gluten Free

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bebas gluten atau gluten free:

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu produk susu yang tidak mengandung gluten. Produk olahan susu seperti yoghurt juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung bakteri baik yang membantu memperbaiki sistem pencernaan.

Bakteri yang ada di dalam yoghurt membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, sehingga menjadikannya sebagai pilihan makanan yang baik untuk kesehatan.

2. Jagung

Jenis makanan yang tidak mengandung gluten berikutnya adalah jagung. Konsumsi jagung secara langsung dari tongkolnya membuatnya bebas dari gluten.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa jagung tidak selalu bebas dari gluten. Apabila Anda ingin membeli jagung yang sudah dikemas untuk menjalani diet bebas gluten, disarankan untuk memeriksa keterangan pada kemasan dengan teliti.

3. Beras

Beras merupakan salah satu jenis makanan yang tidak mengandung gluten. Banyak orang tidak menyadari hal ini dan mengira bahwa mengonsumsi beras akan serupa dengan mengonsumsi gandum, padahal tidak.

Beras dapat menjadi pilihan biji-bijian bebas gluten yang populer, terutama bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau memiliki sensitivitas terhadap gluten.

4. Quinoa

Quinoa dapat menjadi alternatif makanan pengganti biji-bijian yang mengandung gluten. Selain itu, Quinoa memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, termasuk antioksidan yang lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya, yang bermanfaat bagi mereka yang menjalani diet sehat.

5. Kentang

Kentang juga merupakan salah satu jenis bahan makanan yang bebas gluten. Akan tetapi, tidak semua varietas kentang tidak mengandung gluten. Olahan kentang juga berpotensi mengandung gluten, jadi penting untuk memeriksa daftar kandungan jika Anda ingin menggunakan kentang kemasan sebagai bagian dari program penurunan berat badan.

6. Daging

Daging merupakan contoh makanan alami yang tidak mengandung gluten. Semua jenis daging aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang menjalani diet bebas gluten.

Akan tetapi, perlu waspada terhadap daging yang telah diolah. Sebaiknya periksa terlebih dahulu bahan tambahan yang digunakan sebelum mengonsumsinya, karena risiko kandungan gluten dalam makanan olahan dapat tinggi.

Baca Juga: Mengenal Bahaya Gula Darah Tinggi dan Cara Mencegahnya

Kesimpulan

Gluten adalah protein yang terdapat dalam tepung atau beberapa jenis kacang-kacangan alami dan biji-bijian seperti jagung, quinoa, dan gandum. Masyarakat yang intoleran terhadap gluten membutuhkan makanan khusus tanpa gluten, sehingga munculah konsep gluten free. Beberapa contoh makanan bebas gluten antara lain yoghurt, jagung, beras, quinoa, kentang, dan daging. Akan tetapi, perlu diingat bahwa makanan olahan juga dapat mengandung gluten, sehingga penting untuk memeriksa kandungannya sebelum mengonsumsinya.

Itulah penjelasan mengenai makanan gluten free dan juga manfaatnya bagi tubuh. Pastikan Anda sekeluarga tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan tinggi nutrisi. Jika saat ini Anda sedang menjalani diet, Anda dapat membaca juga artikel kami mengenai rekomendasi makanan untuk diet yang patut Anda coba. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mempersiapkan proteksi tambahan seperti asuransi kesehatan dari Prudential. Prudential akan membantu Anda dalam memberi perlindungan lebih bagi Anda dan keluarga.

Selain itu, Anda juga bisa download aplikasi PULSE by Prudential yang sudah dilengkapi banyak fitur untuk membantu Anda menjaga kesehatan. Mulai dari kalkulator BMI hingga konsultasi dengan dokter terpercaya. Di PULSE, Anda juga bisa bergabung di komunitas healthy eating, lho, sambil berbagi rekomendasi makanan gluten free dan makanan sehat lainnya!