Pria Makan Sehat Untuk Menjaga Imun Tubuh

Inilah 7 Cara Menjaga Imun Tubuh agar Tetap Sehat

Sistem kekebalan tubuh atau yang sering disebut juga sebagai ‘Imun’ adalah sistem yang sangat penting untuk dijaga. Sebab, imun tubuh berperan dalam melindungi tubuh Anda dari zat berbahaya termasuk kuman, bakteri, hingga virus yang dapat menimbulkan penyakit.

Dilansir dari Penn Medicine, jika imun tubuh menurun maka Anda akan lebih mudah terserang penyakit. Penyakit tersebut misalnya flu, mudah terserang infeksi, menjadi mudah lelah, hingga meningkatkan stres.

Oleh karena itu, penting bagi Anda dan keluarga untuk mengetahui cara menjaga imun tubuh agar terhindar dari segala macam risiko penyakit. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak selengkapnya!

7 Cara Menjaga Imun Tubuh agar Tetap Sehat

Nah, sebenarnya banyak sekali cara untuk menjaga imun tubuh yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memulainya dari hal sederhana yang mungkin sering terlewat, di antaranya:

1. Makan Tepat Waktu

Cara pertama untuk menjaga imun tubuh yang mudah dilakukan salah satunya adalah makan tepat waktu. Dengan menerapkan waktu makan yang teratur dan mengonsumsi makanan bergizi, tubuh menjadi tidak mudah lelah dan tetap bugar.

Tubuh yang sehat dan bugar akan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit, seperti obesitas, maag, jantung, dan penyakit infeksi. Anda dapat mengatur waktu makan dengan jadwal seperti berikut ini:

  • Makan pagi pukul 06.00-08.00

  • Makan siang pukul 12.00-13.00

  • Makan malam pukul 18.00-20.00

 

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Terlalu sering berada di dalam rumah seringkali membuat kita malas melakukan aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik memiliki peran penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dilansir dari Alodokter, olahraga teratur setidaknya 30 menit setiap hari mampu menjaga imunitas, meredakan peradangan, serta memiliki efek lebih besar terhadap imun tubuh apabila dibandingkan dengan olahraga yang hanya dilakukan sesekali.

3. Istirahat 7-8 Jam Perhari

Banyaknya deadline pekerjaan membuat sebagian dari kita tidak memiliki waktu istirahat yang ideal. Waktu tidur yang tidak ideal membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit karena penurunan imun.

Maka dari itu, walaupun terdengar sepele, istirahat 7-8 jam perhari mampu membuat tubuh menjadi kuat untuk melawan berbagai paparan zat berbahaya, termasuk virus atau bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu, tubuh Anda juga lebih siap untuk memulai aktivitas dan tidak mudah lelah.

4. Rajin Minum Air Putih

Kurang lebih 60% tubuh kita terdiri dari air. Konsumsi air yang cukup akan membantu otak untuk berkonsentrasi dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh kuat untuk melawan berbagai virus dan kuman. Jadi, pastikan Anda tetap terhidrasi dan konsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan, ya!

5. Kurangi Aktivitas Merokok

Seperti yang Anda tahu, merokok dapat meningkatkan risiko infeksi paru-paru. Mengutip dari Ketua Umum Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) di situs Kompas, sudah terbukti bahwa bahan yang terkandung pada asap rokok mampu menghambat proses pergerakan imun tubuh saat akan melawan infeksi. Dengan mengurangi aktivitas merokok, paru-paru akan lebih sehat dan mengurangi potensi infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis sampai pneumonia.

6. Kelola Stres

Berbagai macam problematika kehidupan dan keadaan yang tidak menentu dapat menyebabkan stres yang berkepanjangan. Padahal, stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, sehingga akan mengganggu kerja sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

Oleh sebab itu, cobalah untuk mengelola tingkat stres Anda dengan bermeditasi, melakukan hobi, bermain dengan hewan peliharaan, memasak makanan favorit, berkebun, dan sebagainya.

7. Konsumsi Vitamin

Mengonsumsi vitamin secara rutin dan lengkap dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu vitamin yang penting bagi tubuh untuk melawan infeksi adalah vitamin D. Selain itu, vitamin D juga berperan untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Dilansir dari Alodokter, vitamin lain yang mampu meningkatkan kinerja sistem imun antara lain adalah vitamin C, B3, B5, B6, dan E. Namun, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum konsumsi vitamin dan suplemen, ya!

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan 5 Vitamin Ini untuk Daya Tahan Tubuh

Cukup mudah bukan 7 cara menjaga imun tubuh di atas? Selain bisa dilakukan di rumah, Anda bisa menciptakan pola hidup sehat sedari dini dengan memulai dari hal yang sederhana.

Selain itu, kunjungi situs resmi dan unduh aplikasi PULSE untuk mempermudah Anda memantau kondisi imun tubuh. PULSE adalah aplikasi khusus berteknologi AI dari Prudential untuk membantu Anda tetap sehat dan bugar.

Pada aplikasi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dari rumah lewat fitur Bicara Dengan Dokter. Aplikasi PULSE juga memiliki fitur Perencana Makanan Saya​ yang akan memberikan ragam inspirasi makanan sehat setiap hari. Ayo, jaga selalu kesehatan Anda bersama PULSE dari Prudential Indonesia. Anda juga bisa mencari informasi seputar produk asuransi lainnya di situs resmi Prudential Indonesia!