Ibu dan anak memilah makanan

5 Daftar Makanan Penurun Kolesterol yang Mudah Ditemui

Sejak pandemi COVID-19, gaya hidup beraktivitas di rumah saja semakin banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Karena tidak memperoleh hiburan, banyak orang yang kemudian beralih pada makanan sebagai sumber penghiburan bagi mereka. Akibatnya, banyak yang memiliki pola makan tidak terkontrol hingga menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Sejatinya, kolesterol diperlukan oleh tubuh manusia. Akan tetapi, dengan pola makan yang tidak terkontrol, kadar kolesterol dalam tubuh bisa mengalami peningkatan dan menimbulkan gangguan kesehatan. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui makanan penurun kolesterol yang mudah ditemui!

Serba-Serbi Kolesterol

Sebelum beranjak pada daftar makanan penurun kolesterol, ketahui dahulu bahwa tubuh manusia tetap membutuhkan kolesterol. Dilansir dari Kemenkes, untuk anak-anak, total kadar kolesterol yang harus dimiliki oleh tubuh adalah sebesar 170 miligram per desiliter, sedangkan untuk orang dewasa kadar kolesterol yang dibutuhkan berada pada kisaran 125-200 mg/dL.

Untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin. Alangkah baiknya pemeriksanan dilakukan sejak umur 9-11 tahun dan diteruskan per lima tahun sekali. Untuk anak yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, stroke, dan jantung dari anggota keluarganya, dusarankan untuk mengecek kadar kolesterol lebih dini.

Ketahuilah bahwa terdapat tiga jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu kolesterol baik (HDL), kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida. Pada dasarnya, kadar dari setiap komponen tersebut harus seimbang agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi dan komplikasi kolesterol, meliputi serangan jantung, gagal jantung, hingga penyakit jantung koroner.

Kadar kolesterol yang baik akan berguna bagi metabolisme tubuh manusia. Selain itu, kolesterol juga dapat berfungsi untuk melindungi sel, membentuk hormon, membentuk asam empedu, menjaga fungsi otak, dan membantu produksi vitamin D secara otomatis ketika terpapar sinar matahari. Apabila kadar kolesterol dalam tubuh normal, 7-dehidrokolesterol (7-DHC) dalam kulit akan diubah menjadi calcitriol yang kemudian diubah menjadi vitamin D oleh hati dan ginjal.

Baca Juga: Gejala Asam Urat yang Sering Disepelekan, Apa Saja?

5 Makanan Penurun Kolesterol

Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal, pastikan Anda tidak sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi. Namun, apabila kadar kolesterol telanjur tinggi, cobalah konsumsi 5 makanan penurun kolesterol berikut ini.

1.   Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah dengan kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan alpukat yang terdiri dari fitosterol dan polifenol dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga baik dikonsumsi oleh orang dengan berat badan berlebih seperti obesitas. Namun, tentu konsumsinya tidak dicampur dengan susu, gula, dan krim, ya!

2.   Apel

Buah apel memiliki beberapa kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Buah ini juga berfungsi untuk memperlambat oksidasi kolesterol jahat. Selain itu, kandungan dalam buah apel, yaitu polifenol dan antioksidan, juga berperan untuk mencegah peradangan pada arteri atau pembuluh darah manusia. Dengan mengonsumsi buah ini, kadar kolesterol dalam tubuh dapat diturunkan ke tahap normal.

3.   Oat

Serat adalah sumber makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Makanan yang mengandung serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Salah satu makanan yang memiliki kandungan serat tinggi sekaligus dapat menjadi makanan penurun kolesterol adalah oat. Oat mempunyai serat larut yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan menyeimbangkannya dengan kolesterol baik (HDL).

4.   Tahu dan tempe

Makanan berikutnya yang memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah tahu dan tempe. Meskipun sederhana, makanan olahan kedelai ini mempunyai kandungan fitokimia, seperti saponin, fitosterol, lecithin, dan asam linoleat yang berperan aktif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, mengonsumsi produk olahan kedelai dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

5.   Kacang-kacangan

Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah kacang-kacangan. Hal ini disebabkan oleh kandungan fitosterol yang dapat menurunkan proses penyerapan kolesterol jahat dalam aliran darah. Contoh kacang-kacangan yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah kacang almond dan kenari. Meskipun memiliki kandungan manfaat yang baik, porsi konsumsi kacang-kacangan juga perlu dikontrol karena memiliki kalori yang cukup tinggi.

Baca jugaCara Mengantisipasi Cidera Ketika Bersepeda

Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, usahakan untuk tidak sering mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi. Apabila telanjur tinggi, lima makanan penurun kolesterol di atas bisa Anda coba konsumsi. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dan mengaktifkan asuransi kesehatan Prudential Indonesia.