pria sedang bersepeda

Cara Mengantisipasi Cidera Ketika Bersepeda

Ketika kamu jatuh dari sepeda pasti ada perasaan yang gak karuan muncul. Mulai dari panik, kaget sampai kecewa jadi satu. Tapi tau gak rasa yang paling nyata yaitu sakit secara fisik yang muncul setelah badan kamu membentur jalanan. Dengan informasi ini semoga bisa mengurangi rasa sakit yang yang timbul ketika badan kamu terbentur jalanan. Yuk, Pelajari teknik-tekniknya di bawah ini:

1. Tetap Fokus dan Tenang.

Lemaskan bahu dan gerakan lengan sedikit, untuk menyerap dan menahan getaran agar tidak sampai ke stang sepeda, sehingga kita mendapatkan kontrol yang lebih baik. Bernafas lebih pelan dan dalam untuk memaksimalkan oksigen yang masuk ke otak dan otot.

2. Jangan melawan gerakan saat terjatuh.

Usaha keras kamu untuk menahan efek jatuh dengan tangan atau siku malah dapat membuat energi terfokus di satu tempat dan hal tersebut membuat dampak kecelakaan semakin besar. Cara terbaik adalah mendistribusikan energi dari dampak kecelakaan saat terjatuh dengan memutar tubuh untuk menghilangkan energi tersebut.

3. Helm yang terbaik.

Sama seperti lampu sepeda, Helm sepeda wajib dipakai ketika bersepeda. Helm sepeda berguna untuk melindungi kepala kita dari cedera akibat benturan di kepala. Hal yang terpenting dalam memilih helm sepeda adalah kenyamanan dan tingkat keselamatan. Oleh karena itu pelindung kepala dengan bahan dan design yang terbaiklah yang mampu untuk mengurangi resiko cedera dari kecelakaan.

4.Ingat S.I.P.D.E agar selamat.

Scan, Identify, Predict, Decide, Execute adalah teknik aman berkendara dengan kendaraan beroda dua. (Scan) Waspada dengan keadaan situasi di sekitar kamu. (Identify) Saat kamu berbelok, amati secara seksama seluruh area di sekitar kamu, waspada terhadap kendaraan dan keadaan yang berpotensi bahaya. (Predict), Kemudian prediksi dengan pemikiran yang matang keputusan apa yang akan kamu ambil. (Decide) hingga akhirnya memutuskan apa yang akan kamu ambil. (Execute) Jalankan keputusan yang sudah kamu ambil dengan matang.

Apabila hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti jatuh dari sepeda dan cedera, kamu bisa langsung menghubungi dokter atau menuju rumah sakit terdekat.

Download aplikasi Pulse dan bergabung dalam komunitas PRURun untuk berbagi tips berlari agar tubuh tetap sehat. Tetap waspada dan aman dalam bersepeda ya!

Sumber:

https://www.telegraph.co.uk/health-fitness/body/fall-bicycle-without-injuring/