seorang pria sedang bekerja

Beginilah Cara Menjaga Produktivitas Kerja Selama WFH

Sebelum pandemi, aktivitas Work from Home (WFH) mungkin hanya berlaku bagi beberapa sektor pekerjaan tertentu. Namun, saat pandemi semakin banyak bidang pekerjaan yang memberlakukan WFH untuk mengurangi risiko penularan COVID-19, khususnya pada klaster perkantoran. Menjaga produktivitas kerja adalah salah satu kunci agar performa tetap terjaga selama WFH.

 

Pentingnya Produktivitas Kerja Selama Pandemi

Merupakan hal yang wajar apabila kamu merasa bosan dengan situasi pandemi yang membuat sebagian kegiatan menjadi terbatas. Maka dari itu, kamu bisa mengalihkan perhatian dengan beraktivitas, salah satunya dengan tetap produktif saat bekerja.

Tetap produktif bekerja saat pandemi adalah hal penting, karena hal tersebut dapat membantu kamu untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan melakukan kegiatan dan menghasilkan karya, baik untuk karir atau apapun yang kamu inginkan.

 

Cara Menjaga Produktivitas Kerja

Untuk menjaga produktivitas kerja, khususnya dari rumah, kamu bisa ikuti 6 tips berikut ini:

1. Buat Jadwal

Kalau kamu tadinya gak terlalu suka untuk membuat jadwal, inilah saatnya untuk memulai.

Dengan melakukan penjadwalan kamu jadi tahu apa saja yang harus dikerjakan berdasarkan prioritas yang ada. Sehingga kamu tidak perlu membuang-buang waktu untuk memikirkan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Jadwal bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik itu harian atau mingguan.

 

2. Charge Gadget Sebelum Memulai Hari

Lupa nge-charge gadget adalah hal remeh yang bisa mengganggu produktivitas kerja. Tips-nya adalah, setelah kamu bangun tidur, segera charge gadget yang akan digunakan untuk bekerja, baik itu smartphone, laptop, tablet, bahkan power bank.

Dengan mempersiapkannya, kamu bisa sedikit lega apabila ada pemadaman listrik saat jam kerja, karena baterai laptop dan smartphone masih penuh. Lalu dengan power bank yang terisi penuh, setidaknya kamu bisa mengisi daya smartphone dan tetap memberikan kabar kepada orang kantor.

 

3. Lakukan Rutinitas Pagi Seperti Biasa

Godaan terbesar melakukan WFH adalah suasana yang mirip dengan “hari libur”. Hal sederhana yang perlu kamu lakukan adalah menjalani rutinitas pagi seperti biasa saat Work from Office (WFO).

Mandi, pakai baju yang nyaman, dan mengisi perut akan membuat pikiran dan tubuh kamu lebih siap untuk melakukan pekerjaan.

4. Atur Suasana

Setelah mandi dan sarapan, kamu bisa mulai untuk mengatur suasana yang nyaman untuk bekerja. Pilihlah ruangan atau tempat di rumah yang memiliki pencahayaan baik dan ventilasi yang cukup. Kalau perlu, kamu bisa memutar playlist kesukaan dan membuat kopi/teh/susu sebagai teman kerja.

 5. Terapkan Teknik Pomodoro

Secara sederhana, Teknik Pomodoro ini adalah melakukan aktivitas (khususnya belajar/kerja) dengan menerapkan interval selama 25 menit yang diisi oleh waktu istirahat selama 5-20 menit.

Cara untuk melakukan Teknik Pomodoro ini adalah:

  • Siapkan pekerjaan yang harus diselesaikan

  • Set timer di smartphone selama 25 menit

  • Lakukan pekerjaan seperti biasa

  • Berhenti dan ambil istirahat 5 menit bila timer sudah berbunyi

  • Setelah 5 menit, lanjutkan kembali pekerjaanmu dan atur timer lagi selama 25 menit

  • Setelah kamu mengulangi alur yang sama sebanyak 4 kali, kamu bisa mengambil istirahat panjang yaitu 15-30 menit

Kalau kamu merasa lelah karena bekerja seharian, sebaiknya kamu mulai untuk menerapkan teknik pomodoro ini agar tubuh dan pikiran tetap fresh serta mampu meningkatkan produktivitas.

 

6. Ingat, Kesehatan yang Terpenting!

Walaupun bekerja dari rumah, jangan pernah abai dengan kesehatanmu, ya! Tidur yang cukup, rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat dan vitamin adalah kunci agar tubuh senantiasa dalam keadaan prima untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dan deadline yang tetap ada di saat pandemi.

Memastikan produktivitas kerja tetap terjaga adalah keharusan agar tetap profesional, tapi jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh, ya!

Kalau kamu ingin mengetahui tips kesehatan lainnya, download aplikasi Pulse dan temukan informasi menarik seputar kesehatan di dalamnya!