Pria sedang bersepeda

Berencana Touring? Ikuti 5 Tips Bersepeda Jarak Jauh Berikut

Touring atau perjalanan darat jarak jauh dengan kendaraan sedang menjadi tren di kalangan pesepeda. Bahkan dua tahun belakangan ini, muncul istilah bike tourism yang berarti segala aktivitas perjalanan untuk tujuan kesenangan dengan menggunakan sepeda.

Tren touring dengan sepeda ini pun terjadi di Indonesia. Sering kali, komunitas mengadakan touring dengan antar-wilayah di Indonesia, mulai dari lintas kota hingga lintas pulau.

Bersepeda sendiri merupakan aktivitas fisik yang cukup menguras tenaga, terutama jika jarak tempuhnya panjang seperti ketika touring. Agar tenaga tidak terkuras habis dan terhindar dari risiko cedera, berikut tips bersepeda jarak jauh untuk Anda yang akan pergi touring.

Tips bersepeda jarak jauh agar touring tetap aman

Dengan jarak tempuh yang panjang, Anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelum berangkat touring, terutama jika ini adalah pengalaman pertama. Berikut beberapa tips bersepeda jarak jauh yang bisa Anda terapkan saat mempersiapkan touring:

1. Siapkan kondisi fisik yang prima

Seperti yang telah disebutkan, touring dengan sepeda bisa sangat menguras tenaga. Untuk itu, touring perlu persiapan fisik yang optimal. Tips bersepeda agar tidak cepat lelah bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan dan memenuhi asupan makanan untuk tenaga. Perbanyak konsumsi makanan bergizi dan hindari junk food yang tidak baik untuk kesehatan.

Untuk mempertahankan stamina agar tidak cepat lelah, lakukan latihan ringan secara rutin. Anda bisa bersepeda jarak dekat untuk membiasakan diri.

Latihan kekuatan seperti squat dan leg press juga akan sangat membantu Anda untuk mengayuh sepeda dalam waktu lama. Beri jeda satu hari sebagai waktu pemulihan dan menghindari cedera.

2. Periksa kondisi sepeda

Selain fisik, jangan lupa untuk mempersiapkan kendaraan yang Anda gunakan saat touring, yaitu sepeda. Periksalah dengan cermat, apakah ada komponen yang perlu diperbaiki atau bahkan diganti.

Jika memang terdapat kerusakan, segera lakukan perbaikan. Jangan lupa juga untuk melumasi bagian rantai dan rem sepeda.

Begitu pula dengan bagian roda sepeda. Pastikan ban masih dalam kondisi baik dan tidak aus. Permukaan roda yang aus akan mengurangi daya gigitnya terhadap permukaan jalan. Akibatnya, sepeda akan mudah tergelincir.

Pastikan Anda melakukan pemeriksaan secara rutin dan menyeluruh. Tubuh dan sepeda yang prima adalah perpaduan sempurna untuk mencapai tujuan.

3. Bawa perbekalan

Tips bersepeda jarak jauh berikutnya adalah membawa perbekalan yang cukup. Tidak perlu membawa bekal yang berlebihan karena akan membebani perjalanan Anda. Beberapa bekal yang perlu disiapkan adalah air minum, makanan ringan (pilih yang bernutrisi dan mudah dikemas seperti protein bar), dan suplemen pengganti ion dalam tubuh agar tidak cepat lemas.

Anda juga perlu membawa kotak P3K yang berisi obat-obatan dan peralatan untuk menangani kecelakaan atau cedera. Ada baiknya juga untuk membawa tool kit seperti kunci L, obeng, dan pembuka rantai sebagai persiapan.

4. Buat rencana

Pastikan Anda memahami rute yang akan dilalui untuk bisa sampai ke tujuan. Cari tahu detail selengkap-lengkapnya agar bisa melakukan persiapan dengan baik. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah mengenal medan dengan baik.

Ini akan memudahkan Anda menentukan rute terbaik yang bisa menghemat tenaga hingga mencapai tujuan.

Jika memang kurang begitu mengenal rute, gunakanlah GPS. Pilih tool yang memang bisa mudah disematkan di sepeda agar tidak menghambat pergerakan Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar bila merasa bingung atau kesulitan.

5. Atur kecepatan dan jaga jarak

Tips bersepeda jarak jauh yang terakhir adalah mengatur kecepatan dan jaga jarak. Atur kecepatan sepeda Anda dengan mengayuh secara konstan (tidak terlalu cepat, tapi juga tidak terlalu lambat). Hal ini akan membantu Anda menjaga daya tahan fisik supaya tidak cepat lelah.

Selain itu, mengatur kecepatan juga akan menjaga jarak Anda dari sepeda peserta touring lainnya. Dengan begitu, risiko terjadinya tabrakan bisa diminimalkan.

 

Nah, itu dia tips bersepeda jarak jauh yang bisa Anda terapkan sebelum touring dengan sepeda. Kuncinya hanya satu: persiapan. Dengan persiapan yang matang, bersepeda jarak jauh tentu akan aman dan Anda pun selamat sampai tujuan.

Tak sabar untuk ikut touring sepeda? Anda bisa mendaftarkan diri di PRURide Indonesia 2022. Event persembahan Prudential Indonesia ini terdiri atas 2 kategori, PRURace dan Fun Ride yang akan diselenggarakan pada 29 Oktober 2022 di Bandung. Kemudian, ada juga virtual ride yang digelar mulai dari 29 Oktober hingga 6 November 2022. Setiap peserta akan mendapat perlindungan asuransi PRUWorks Personal Accident PRURide 2022. Yuk, daftar segera di sini!