Seorang wanita sedang menikmati me time

Mengenal Me Time dan Kenapa Anda Membutuhkan Waktu Sendiri

Anda pernah mendengar istilah me time? Untuk Anda yang aktif di media sosial pasti tidak akan asing dengan istilah satu ini. Sebenarnya apa artinya me time? Kenapa istilah ini semakin marak di kalangan masyarakat saat ini? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang me time, Simak artikel di bawah ini!

Me Time Artinya Apa, Sih? Begini Asal-Usulnya

Me time sebagai istilah yang semakin sering digunakan oleh kalangan Gen Z ini merupakan momen di mana seseorang menikmati waktunya sendiri. Menurut Oxford Dictionary, me time adalah situasi ketika seseorang yang biasanya sangat sibuk menghabiskan waktu untuk relax dan melakukan sesuatu yang ia gemari. Me time adalah saat di mana seseorang istirahat sejenak dari segala kesibukan, dan menikmati waktunya sendiri.

Bagaimana me time bisa muncul dan kini semakin banyak dilakukan oleh orang-orang? Dunia semakin sibuk, tuntutan lingkungan sosial pun semakin tinggi. Terlebih untuk Anda yang menetap dan bekerja di kota-kota besar, pasti tidak asing dengan kesibukan sehari-hari yang bisa berlangsung hingga larut malam. Kesibukan tersebut yang kemudian memunculkan me time, di mana orang-orang semakin sadar bahwa mereka membutuhkan waktu untuk sendiri dan rehat sejenak.

Baca juga: Penyakit Autoimun: Penyebab, Gejala, dan Contoh Penyakitnya | Prudential Indonesia

Kenapa Anda Butuh Me Time dan Pengaruhnya terhadap Kesehatan Mental

Me time dapat membantu Anda untuk melakukan berbagai hal dengan lebih maksimal. Jika Anda merasa bahwa fisik dan mental sudah terlalu lemah karena kesibukan, maka itu adalah tanda bahwa sudah saatnya Anda untuk me time! Walaupun me time terkesan sebagai sebuah aktivitas yang hanya buang-buang waktu dan egois karena hanya sendiri, sesungguhnya me time justru sangat baik untuk membuat Anda beraktivitas secara lebih produktif. Tidak ada salahnya untuk mengambil waktu santai sejenak dan menyegarkan fisik serta mental.

Melakukan me time berpengaruh positif terhadap kesehatan mental Anda loh! Anda memiliki waktu untuk refleksi diri, mendengarkan pikiran dan perasaan Anda sendiri dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa menjadi lebih percaya diri, karena perlahan mampu menikmati waktu dan bersenang-senang sendiri tanpa bergantung kepada orang lain. Selalu ingat bahwa menjaga kesehatan mental itu sangatlah penting. Anda bisa membaca artikel berikut ini untuk mengetahui perihal mengatasi masalah kesehatan mental 10 Cara Efektif Mengatasi Masalah Mental Health Anda | Prudential Indonesia.

Baca juga: Apa itu Burnout? Penyebab, Ciri dan Cara Mengatasinya | Prudential Indonesia

5 Kegiatan Me Time Versi Produktif

1. Self-Journaling

Anda sudah pernah mencoba self-journaling? Kegiatan satu ini adalah momen yang tepat agar Anda bisa lebih mengenal dan memahami diri sendiri. Jika Anda adalah tipe orang yang jarang menulis, melakukan self-journaling kemungkinan bisa menjadi hal yang sulit pada awalnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba! Anda boleh menulis apa pun, tidak harus menulis hal-hal yang berat seperti misalnya apa rencana Anda 5 tahun ke depan. Menulis tentang hal apa saja yang membuat Anda senang atau sedih pada satu hari saja boleh. Intinya, luapkan dan tumpahkan semua hal yang ada di pikiran Anda.

2. Memasak dengan Mencoba Resep Baru

Memasak adalah salah satu kegiatan yang cocok untuk me time Anda. Jika Anda gemar memasak, cobalah habiskan me time dengan memasak dan mencoba berbagai resep baru. Bisa dengan mencoba berbagai resep viral di sosial media, atau resep rumahan dan turun temurun khas keluarga Anda.

3. Workout

Ingin menghabiskan me time dengan produktif? Workout bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Bukan hanya bermanfaat untuk kebugaran fisik, workout juga akan berdampak positif terhadap kesehatan mental Anda. Tidak perlu sampai menghabiskan waktu berjam-jam, apalagi jika Anda belum terbiasa melakukan workout. 30 – 40 menit seharusnya sudah cukup. Akan jauh lebih baik jika kemudian Anda menjadikan hal ini sebagai sebuah rutinitas.

4. Membaca

Membaca bisa menjadi salah satu pilihan tepat Anda untuk me time. Bacaan yang Anda pilih tidak harus buku-buku tebal yang membutuhkan konsentrasi penuh untuk mencernanya, loh. Jenis bacaan apa pun bisa. Mulai dari buku motivasi hingga cerita-cerita pendek yang menenangkan dan menyegarkan pikiran.

5. Belajar bahasa baru

Pernah terpikirkan untuk mempelajari bahasa baru? Nah, Anda bisa menghabiskan waktu me time anda dengan kegiatan ini loh! Di era teknologi seperti sekarang, Anda bisa mulai mempelajari bahasa melalui platform manapun. Jika Anda lebih cepat mengerti dengan melihat visual, bisa mencoba YouTube. Sementara itu, jika lebih cepat mengerti dengan tulisan bisa mencoba membaca buku. Pun jika lebih cepat mengerti dengan suara, bisa mencoba mendengarkan podcast, lagu, atau melalui YouTube juga.

Baca juga: Frugal Living: Pengertian, Tujuan, Tips dan Manfaatnya | Prudential Indonesia

5 Kegiatan Me Time Versi 'Kurang' Produktif

1.    Tidur dan Malas-malasan Seharian

Siapa yang tidak suka tidur dan malas-malasan seharian? Hampir semua orang pasti senang melakukan ini, terlebih untuk mereka yang kesehariannya penuh dengan bekerja. Jika Anda adalah seorang workaholic, tidak ada salahnya untuk mengambil me time dan memilih untuk tidur dan malas-malasan seharian. Hitung-hitung untuk recharge energy dan menyegarkan pikiran.

2. Binge watching Serial TV Favorit

Pernah mendengar istilah binge watching? Sebuah aktivitas di mana seseorang menghabiskan banyak waktu untuk menonton suatu serial TV tanpa henti. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda berencana untuk me time tanpa harus melakukan aktivitas yang produktif. Lupakan kesibukan kerjaan sejenak dan mulailah binge watch serial TV favoritmu di Netflix atau platform lainnya.

3. Bermain games

Anda suka bermain game? Me time dengan bermain game kesukaan akan sangat menyenangkan loh! Jika Anda adalah salah satu pecinta game, menghabiskan me time dengan bermain game tentunya adalah pilihan paling tepat. Tapi ingat, jangan sampai lupa untuk memberikan jeda istirahat beberapa saat agar mata Anda tidak terlalu lelah.

4. Menghabiskan waktu berlebihan untuk bermain media sosial

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba sesekali. Termasuk menghabiskan waktu berlebihan untuk bermain media sosial. Setelah sibuk dengan berbagai rutinitas setiap harinya, Anda bisa melakukan me time dengan bersantai dan hanya bermain media sosial seharian penuh. Siapa tahu hal tersebut bisa membuat beban pikiran Anda berkurang dan jauh lebih relax.

5. Melamun

Apakah Anda sering melamun? Meskipun terdengar aneh, me time dengan melamun adalah salah satu aktivitas yang bisa Anda coba loh! Menghabiskan hari tanpa plan apa pun dan hanya santai sembari melamun. Dengan begini, Anda bisa mengistirahatkan otak Anda sejenak dari memikirkan hal-hal yang terlalu berat.

Baca juga: Penyakit Autoimun: Penyebab, Gejala, dan Contoh Penyakitnya | Prudential Indonesia

Me Time dan Perbedaannya dengan Kesepian

Meskipun me time adalah menghabiskan waktu dengan diri sendiri, hal ini tidak sama dengan kesepian loh! Seseorang bisa merasakan kesepian bahkan ketika ia sedang dikelilingi banyak orang di sekitarnya, sebab kesepian atau tidak bukan hanya ditentukan dengan seberapa banyak orang yang ada di sekeliling kita.

Melakukan me time pun belum tentu akan membuat Anda kesepian. Justru dengan me time Anda dapat memiliki waktu untuk lebih mengenal diri sendiri, hingga kemudian semakin mampu untuk mengandalkan diri sendiri dan tidak terlalu bergantung kepada orang lain.

Baca juga: Apa itu Penyakit TBC? Gejala, Penyebab dan Cara Mencegahnya | Prudential Indonesia

Dampak Positif Melakukan Me Time

Dilansir Psych Central, berikut beberapa manfaat positif yang dapat Anda rasakan dengan me time:

  • Meningkatkan kepercayaan diri

  • Memiliki kesempatan untuk lebih mengenal diri sendiri

  • Memiliki kesempatan untuk menyelesaikan masalah tanpa interupsi siapa pun

  • Mendapatkan waktu untuk mengatur emosi, mendapatkan kedamaian

  • Mendapatkan momen untuk bebas tanpa harus memenuhi ekspektasi lingkungan sekitar

Kurangnya waktu untuk diri sendiri berpotensi membuat seseorang mudah stress dan emosi. Me time adalah kesempatan berharga untuk seseorang melakukan refleksi diri dan menemukan dirinya sekali lagi. Jika Anda mulai merasa lelah dengan kesibukan sehari-hari, cobalah untuk me time dan lakukan berbagai aktivitas sesuai dengan tips di atas agar kondisi fisik dan mental menjadi lebih baik.

Baca juga: Nonton Konser Sendiri atau Bareng Orang Terdekat: Menciptakan Kenangan Musikal yang Berharga dengan Persiapan Finansial yang Tepat | Prudential Indonesia