2 wanita berbincang

Yuk, Ketahui Metode Klaim Asuransi Cashless dan Reimburse

Klaim asuransi adalah kewajiban yang dimiliki perusahaan asuransi berupa jaminan pembayaran yang akan diberikan kepada pemegang polis selama polis masih aktif dan pemegang polis masih rutin membayar premi.

Sederhananya, klaim asuransi adalah hak yang akan didapatkan pemegang polis setelah mengajukan permohonan sejumlah dana kepada perusahaan asuransi dan mendapatkan penggantian dana berupa manfaat pertanggungan.

Umumnya, klaim asuransi terdiri dari dua. yakni melalui klaim cashless (penjamin) atau reimburse (penggantian). Di dalam polis asuransi sudah dilengkapi keterangan tentang kebijakan klaim asuransi berupa cashless atau reimburse.

Di Prudential Indonesia, nasabahnya bisa mengajukan klaim asuransi dengan cara cashless payment di rumah sakit di dalam negeri maupun luar negeri dan klaim asuransi dengan cara reimburse.

Perbedaan Metode Klaim Cashless dan Reimburse

1.   Mekanisme Pengajuan Klaim

Perbedaan pertama yang terlihat dari metode klaim asuransi cashless dan reimburse adalah mekanisme pengajuannya. Metode cashless menawarkan proses yang terbilang mudah.

Anda hanya perlu datang melakukan perawatan dan pengobatan penyakit ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau klinik yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut.

Kemudian pihak rumah sakit akan meminta kartu asuransi untuk melakukan validasi terhadap kartu asuransi Anda. Setelah itu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Lain halnya dengan metode reimburse, Anda harus menyiapkan dana terlebih dahulu untuk membayar perawatan dan pengobatan rumah sakit. Selanjutnya Anda akan mengajukan permohonan penggantian biaya pengobatan kepada perusahaan asuransi.

Anda akan diminta untuk melengkapi formulir tertentu dan melengkapi beberapa dokumen penting seperti kuitansi dan keterangan lengkap dari dokter seperti laporan diagnosis. Bila disetujui oleh perusahaan asuransi, maka Anda hanya tinggal menunggu klaim asuransi tersebut cair dan masuk ke rekening Anda.

2.   Jangkauan Rumah Sakit

Perbedaan selanjutnya adalah jangkauan rumah sakit. Secara umum, hanya rumah sakit yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi terkait yang dapat menerima metode cashless.

Sedangkan metode klaim asuransi reimburse mencakup banyak rumah sakit tanpa terbatas. Sekalipun rumah sakit tersebut belum bekerja sama dengan perusahaan asuransi, Anda tetap bisa mengajukan klaim dengan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Kelebihan Metode Klaim Cashless dan Reimburse

Cashless

Kelebihan cashless terlihat jelas yakni pemegang polis hanya perlu menyerahkan kartu asuransi tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Keadaan seperti ini tentu memudahkan Anda saat berada pada kondisi darurat di mana Anda membutuhkan pengobatan dan perawatan, misalnya saja bila terjadi kecelakaan.

Anda yang memiliki polis dengan sistem cashless juga bisa langsung mendapatkan perawatan dan pengobatan tanpa menunggu dan mengisi formulir tambahan lagi.

Reimburse

Sedangkan metode reimburse memiliki kelebihan yang paling terlihat yakni bisa digunakan untuk pengobatan dan perawatan di rumah sakit mana saja tanpa terbatas.

Baik cashless maupun reimburse, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun begitu, satu hal yang jelas adalah besarnya plafon yang dari kedua metode klaim asuransi ini sama besarnya. Jadi, jangan lupa untuk membeli produk asuransi sesuai kebutuhan, ya!