2 wanita berbincang

Klaim Asuransi Cashless dan Reimburse: Ketahui Perbedaan dan Kelebihannya

Klaim asuransi adalah kewajiban yang dimiliki perusahaan asuransi berupa jaminan pembayaran yang akan diberikan kepada pemegang polis selama polis masih aktif dan pemegang polis masih rutin membayar premi.

Sederhananya, klaim asuransi adalah hak yang akan didapatkan pemegang polis setelah mengajukan permohonan sejumlah dana kepada perusahaan asuransi dan mendapatkan penggantian dana berupa manfaat pertanggungan.

Umumnya, klaim asuransi terdiri dari dua. yakni melalui klaim cashless (penjamin) atau reimburse (penggantian). Di dalam polis asuransi sudah dilengkapi keterangan tentang kebijakan klaim asuransi berupa cashless atau reimburse.

Perbedaan Metode Klaim Cashless dan Reimburse

Perbedaan antara metode klaim asuransi cashless dan reimburse menjadi hal yang penting untuk dipahami oleh pemegang polis. Kedua metode ini memiliki karakteristik yang berbeda dalam proses pengajuannya serta cakupan fasilitas kesehatan yang dapat diakses. Berikut perbedaannya:

Baca Juga: Selain Premi, Ada Biaya Asuransi Lain yang Wajib Dibayar, Apa Saja?

1.   Mekanisme Pengajuan Klaim

Perbedaan pertama yang terlihat dari metode klaim asuransi cashless dan reimburse adalah mekanisme pengajuannya. Metode cashless menawarkan proses yang terbilang mudah.

Anda hanya perlu datang melakukan perawatan dan pengobatan penyakit ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau klinik yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut.

Kemudian pihak rumah sakit akan meminta kartu asuransi untuk melakukan validasi terhadap kartu asuransi Anda. Setelah itu, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Lain halnya dengan metode reimburse, Anda harus menyiapkan dana terlebih dahulu untuk membayar perawatan dan pengobatan rumah sakit. Selanjutnya Anda akan mengajukan permohonan penggantian biaya pengobatan kepada perusahaan asuransi.

Anda akan diminta untuk melengkapi formulir tertentu dan melengkapi beberapa dokumen penting seperti kuitansi dan keterangan lengkap dari dokter seperti laporan diagnosis. Bila disetujui oleh perusahaan asuransi, maka Anda hanya tinggal menunggu klaim asuransi tersebut cair dan masuk ke rekening Anda.

2.   Jangkauan Rumah Sakit

Perbedaan selanjutnya adalah jangkauan rumah sakit. Secara umum, hanya rumah sakit yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi terkait yang dapat menerima metode cashless.

Sedangkan metode klaim asuransi reimburse mencakup banyak rumah sakit tanpa terbatas. Sekalipun rumah sakit tersebut belum bekerja sama dengan perusahaan asuransi, Anda tetap bisa mengajukan klaim dengan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Baca Juga: Pahami Cara dan Syarat Pendaftaran Asuransi di Rumah Sakit

Kelebihan Metode Klaim Cashless dan Reimburse

Dalam memilih metode klaim asuransi, penting untuk memahami kelebihan yang dimiliki masing-masing metode. Metode klaim cashless dan reimburse memiliki karakteristik yang berbeda-beda, yang dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi peserta asuransi. Berikut kelebihan dari masing-masing metode:

1. Cashless

Kelebihan cashless terlihat jelas yakni pemegang polis hanya perlu menyerahkan kartu asuransi tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Keadaan seperti ini tentu memudahkan Anda saat berada pada kondisi darurat di mana Anda membutuhkan pengobatan dan perawatan, misalnya saja bila terjadi kecelakaan.

Anda yang memiliki polis dengan sistem cashless juga bisa langsung mendapatkan perawatan dan pengobatan tanpa menunggu dan mengisi formulir tambahan lagi.

2. Reimburse

Sedangkan metode reimburse memiliki kelebihan yang paling terlihat yakni bisa digunakan untuk pengobatan dan perawatan di rumah sakit mana saja tanpa terbatas.

Baca Juga: Kenapa Klaim Asuransi Bisa Ditolak? Pelajari Penyebabnya dan Bagaimana Langkah Jitu Mengatasinya

Kesimpulan

Klaim asuransi adalah hal yang sangat penting dalam memberikan perlindungan keuangan bagi peserta asuransi. Terdapat dua metode klaim utama, yaitu cashless dan reimburse, yang menawarkan pendekatan yang berbeda dalam proses pengajuannya.

Dalam metode cashless, peserta asuransi dapat langsung mendapatkan perawatan tanpa perlu membayar secara tunai di depan. Sementara itu, metode reimburse mengharuskan peserta asuransi untuk membayar terlebih dahulu sebelum mengajukan klaim. Memahami perbedaan antara kedua metode ini akan membantu peserta asuransi untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Baik cashless maupun reimburse, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Meskipun begitu, satu hal yang jelas adalah besarnya plafon yang dari kedua metode klaim asuransi ini sama besarnya. Tunggu apa lagi? Segera lakukan klaim asuransi Anda sekarang juga!

Di Prudential Indonesia, peserta asuransi kesehatan dapat dengan mudah mengajukan klaim, baik untuk perawatan rawat inap maupun rawat jalan, menggunakan metode cashless di rumah sakit di dalam maupun di luar negeri, atau dengan metode reimburse. Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk untuk memilih produk asuransi dari Prudential.

Baca juga: Manfaat Produk Asuransi Unit Link