keluarga sedang berkumpul

Begini Cara Memilih dan Kriteria Perusahaan Asuransi yang Baik

Pahami Finansial Anda  dengan Edukasi Asuransi

Pelajari di Sini

Asuransi jiwa sudah menjadi produk keuangan yang tidak boleh diabaikan dalam kehidupan Anda. Asuransi merupakan bentuk proteksi terhadap risiko ketika Anda maupun anggota keluarga lainnya mengalami kejadian tak terduga. Tentu Anda perlu memilih perusahaan asuransi yang tepat untuk merasakan manfaatnya secara maksimal.

Penting sekali bagi Anda untuk memilih perusahaan penyedia layanan asuransi yang tepat. Pasalnya, asuransi adalah salah satu bentuk perlindungan finansial yang diperlukan untuk mengatasi risiko keuangan yang tidak terduga. Perusahaan asuransi yang tepat juga membantu Anda agar bisa mendapatkan produk asuransi yang sesuai kebutuhan. Anda pun bisa memperoleh perlindungan finansial yang memadai dengan premi yang terjangkau.

Singkatnya, memilih perusahaan asuransi yang tepat bisa memberikan perlindungan finansial yang lebih baik. Anda juga dapat memastikan bahwa investasi yang dilakukan pada asuransi akan memberikan manfaat yang maksimal bagi Anda dan keluarga pada masa depan, khususnya ketika terjadi hal yang tidak diduga.

Cara Memilih Perusahaan Asuransi yang Baik

Terdapat delapan cara yang bisa Anda ikuti untuk memilih perusahaan asuransi yang tepat. Simak dan terapkan langkah di bawah ini.

1. Pilih Perusahaan yang Menyediakan  Sesuai dengan Kebutuhan    

     Perusahaan yang baik menawarkan premi yang sesuai dengan benefit atau manfaat perlindungan yang ditawarkan. Cobalah membandingkan manfaat yang diperoleh dari produk premi yang berasal dari dua atau tiga perusahaan sekaligus. Pahami kebutuhan Anda agar tidak mudah tergoda ketika ditawarkan berbagai produk asuransi. Anda bisa berkonsultasi mengenai kebutuhan asuransi untuk mendapatkan produk sesuai kebutuhan.

2. Pilih Perusahaan yang Memiliki Banyak Rekanan Pusat Kesehatan Berkualitas

Tentu Anda berekspektasi memiliki asuransi jiwa agar bisa merasakan kemudahan ketika mengalami hal yang kurang diinginkan. Contohnya, Prudential dengan PRUMedical Network yang memiliki daftar rumah sakit rekanan yang tersebar di Indonesia dan luar negeri.

3. Pelajari Sistem Asuransi

 Ada baiknya Anda juga mempelajari sistem asuransi yang berlaku di perusahaan tersebut, salah satunya proses pengajuan klaim. Mempelajari sistem asuransi akan membantu Anda ketika hendak mengajukan klaim, misalnya pada saat terjadi risiko atau musibah.          

4. Pilih Agen Berlisensi

Anda sedang mendapatkan penawaran asuransi dari agen? Pastikan agen tersebut sudah memiliki lisensi sebagai bukti pengalamannya. Agen asuransi berlisensi juga terdaftar serta diawasi oleh pemerintah. Anda bisa memeriksa keanggotaan agen asuransi dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Selain AAJI, terdapat juga asosiasi asuransi umum dan asuransi syariah Indonesia yang bergerak sesuai jenis proteksi yang ditawarkan.

Baca juga artikel ini:Jangan Abai! Inilah 4 Tips Memilih Asuransi yang Tepat

Dukung Produktivitas & Kesehatan Karyawan 

Pelajari di Sini

Kriteria Perusahaan Asuransi yang Baik

Ada beberapa kriteria perusahaan asuransi kredibel yang perlu Anda ingat. Berikut sejumlah kriterianya.

1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Perusahaan asuransi yang aman harus terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Mereka juga memiliki konsultan atau agen yang sudah berlisensi. Anda sebagai calon nasabah merasa lebih nyaman untuk membeli produk asuransi dari perusahaan yang sudah diakui oleh OJK.

2. Risk Based Capital

RBC merupakan kesehatan keuangan perusahaan asuransi. Rasio RBC yang besar menunjukkan kondisi finansial perusahaan asuransi yang sehat. Kriteria RBC minimum perusahaan asuransi dari OJK adalah sebesar 120%. Anda perlu memperkirakan RBC untuk memprediksi kemampuan perusahaan dalam memenuhi janji pembayaran atau klaim saat diperlukan.

3. Memiliki Reputasi Baik

Kriteria inilah yang tidak boleh diabaikan saat memilih perusahaan asuransi. Perusahaan yang kredibel dan bereputasi baik bisa diketahui dari informasi yang beredar di media massa. Anda bisa mencari informasi mengenai penanganan klaim nasabah dan bertanya kepada konsumen yang pernah membeli produk asuransi dari perusahaan tersebut. 

4. Rasio Likuiditas Tinggi

Rasio likuiditas tinggi yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban dalam membayar utang jangka pendeknya. Makin tinggi rasio likuiditas, makin baik kondisi keuangan perusahaan. Angka ini juga menunjukkan bahwa mereka siap menanggung risiko ketika Anda mengalami kejadian tidak terduga.

5. Menyediakan Dana Jaminan

Dana jaminan merupakan aset penting yang dimiliki oleh perusahaan asuransi. Dana inilah yang menjadi jaminan terakhir untuk melindungi para pemilik polis asuransi, pihak Tertanggung, dan peserta. Regulasi mengenai dana jaminan diatur dalam UU No. 40 Tahun 2014 serta Peraturan OJK No.71/POJK.05//2016 mengenai Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Perusahaan Reasuransi.

 Baca juga: Unit Link untuk Investasi Seumur Hidup? Cek Keuntungannya | Prudential Indonesia

Nah, Anda sekarang sudah tidak ragu lagi memilih perusahaan asuransi terbaik, bukan? Pilihlah Prudential sebagai perusahaan asuransi yang telah memenuhi lima kriteria di atas. Prudential telah mencatatkan  2022     . Komitmen perlindungan Prudential ditunjukkan melalui pembayaran total klaim dan manfaat sebesar Rp16,6 triliun. RBC Prudential juga sudah hampir mencapai 4 kali lipat dari kriteria minimum yang telah ditetapkan, yakni 479%.

 

Tidak perlu ragu memilih Prudential sebagai perusahaan asuransi terbaik untuk memberikan proteksi kepada Anda dan keluarga. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan memilih produk Asuransi Prudential yang sesuai kebutuhan Anda. Lindungi diri Anda dan keluarga hanya dengan produk asuransi terbaik dari Prudential!