jenis-asuransi

Ketahui 6 Jenis Asuransi agar Tidak Salah Memilihnya

Kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pentingnya asuransi memang mengalami peningkatan. Buktinya, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di website-nya melaporkan bahwa sebanyak 75,45 juta masyarakat Indonesia sudah mempunyai Asuransi Jiwa pada kuartal pertama tahun 2022. Kendati demikian, angka tersebut masih minim dibandingkan total jumlah penduduk Indonesia. Apa pun jenis asuransi yang dimiliki, semuanya penting untuk melindungi risiko finansial dari kondisi yang tidak terduga. 

Pentingnya Memiliki Asuransi

Asuransi merupakan hal penting dalam pengelolaan keuangan dan manajemen risiko. Asuransi memberikan proteksi finansial apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan, seperti masuk rumah sakit, kecelakaan, atau bencana alam. Pun ketika nasabah pemegang polis asuransi meninggal, ahli waris bisa memperoleh santunan atau bantuan dari polis yang dibayarkan.

Baca juga: Begini Cara Memilih dan Kriteria Perusahaan Asuransi yang Baik

Ciptakan Keamanan Finansial  melalui PAYDI

Pelajari di Sini

Jenis-Jenis Asuransi berdasarkan Kebutuhan Nasabah

Simak dahulu tujuh jenis asuransi di bawah ini.

1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kehidupan dan kematian pemegang polis. Karakteristik utama asuransi jiwa adalah pemberian manfaat berupa uang pertanggungan kepada ahli waris jika pemegang polis berpulang. Apabila pemegang polis masih hidup dalam jangka waktu yang ditentukan, mereka akan mendapatkan manfaat dalam bentuk nilai tunai.Manfaat dan perlindungan yang diberikan asuransi jiwa berupa uang pertanggungan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.    

2. Asuransi Kesehatan

Sesuai namanya, asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang memberikan perlindungan finansial ketika mengalami masalah kesehatan. Asuransi ini berguna ketika nasabah menjalani rawat inap, operasi, maupun bentuk perawatan lainnya yang dilakukan di rumah sakit. Asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki karena bisa melindungi aset atau keuangan nasabah pada saat melakukan pengobatan dengan biaya yang tidak sedikit.

Terdapat beberapa jenis asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan individu, asuransi kesehatan keluarga, dan asuransi kesehatan perusahaan. Prudential sendiri menyediakan Asuransi Kesehatan yang mencakup Perlindungan Penyakit Kritis, Perawatan Medis, serta Kecelakaan dan Disabilitas.

Informasi lebih lanjut tentang Asuransi Kesehatan bisa dibaca di artikel ini: Apa Itu Asuransi Kesehatan? Beda Jenis, Beda Pula Manfaat Perlindungannya

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan jenis asuransi yang berguna untuk memberikan proteksi dan perencanaan masa depan pendidikan anak. Orang tua harus memiliki asuransi pendidikan karena biaya pendidikan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Asuransi pendidikan bermanfaat dalam memberikan kepastian terhadap masa depan si buah hati.

Asuransi pendidikan dapat mencakup manfaat tunai atau pengembalian premi pada masa depan yang dapat digunakan untuk membayar biaya pendidikan. Selain itu, asuransi pendidikan juga memberikan jaminan perlindungan jika pemegang polis meninggal dunia sebelum masa pendidikan anak selesai, sehingga anak tetap dapat melanjutkan pendidikannya tanpa terhambat oleh masalah keuangan. Ada berbagai jenis asuransi pendidikan yang tersedia, yaitu asuransi pendidikan tradisional dan asuransi pendidikan yang dikaitkan dengan investasi atau unit link.

4. Asuransi Tambahan (Rider)

Terakhir, ada asuransi tambahan alias rider yang disediakan sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi. Asuransi tambahan bisa dibeli ketika Anda sudah memiliki asuransi utama yang berkaitan dengan manfaat tambahan tersebut.

Baca Juga: Beda Asuransi Umum & Asuransi Jiwa Unit Link

5. Asuransi Kendaraan

Berikutnya, ada asuransi kendaraan yang berguna sebagai bentuk perlindungan finansial terhadap kendaraan bermotor yang dimiliki. Setiap pemilik kendaraan bermotor, baik individu maupun lembaga, membutuhkan asuransi untuk kendaraan bermotor karena biaya perbaikan akibat kerusakan atau kehilangan kendaraan memakan jumlah yang tidak sedikit.

Ada juga produk asuransi kendaraan yang perlindungan terhadap tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga dalam kasus kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan atau cedera atau manfaat tambahan berupa pertanggungan terhadap banjir, kebakaran, atau bencana alam tertentu. Di sisi lain, kendaraan yang memiliki asuransi akan lebih tinggi nilainya ketika dijual apabila polisnya masih dalam masa berlaku. Jenis-jenis asuransi kendaraan ini mencakup asuransi mobil, asuransi motor, dan asuransi moda transportasi lainnya.

6. Asuransi Properti

Jenis asuransi ini dibutuhkan oleh pemilik rumah, apartemen, gedung, dan sejenisnya. Asuransi properti memberikan perlindungan finansial terhadap properti jika terjadi risiko seperti kerusakan akibat kebakaran, kerusuhan, dan bencana alam. Setiap pemilik sebaiknya memiliki asuransi properti karena produk ini memberikan ketenangan pikiran terhadap properti yang dimiliki.

Baca juga: Tips Menabung Agar Bisa Punya Rumah

Begitu pula jika terjadi kehilangan properti akibat pencurian, asuransi properti menanggung risiko tersebut. Selain itu, asuransi properti juga dapat mencakup tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika ada kerusakan atau cedera yang terjadi pada properti mereka. Jenis-jenis asuransi properti mencakup asuransi rumah, asuransi apartemen, dan asuransi bangunan komersial.

7. Asuransi Perjalanan

Ketika melakukan perjalanan, sering kali terjadi risiko yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, sakit mendadak, pembatalan atau penundaan perjalanan, atau kehilangan barang berharga. Asuransi perjalanan memberikan jaminan keuangan dan keamanan selama melakukan perjalanan baik untuk liburan maupun keperluan bisnis.

Asuransi perjalanan dapat mencakup biaya perawatan medis atau evakuasi darurat jika terjadi kecelakaan atau sakit mendadak. Selain itu, ada juga produk asuransi perjalanan yang memberikan kompensasi ketika terjadi pembatalan atau penundaan perjalanan yang tidak terduga, serta perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan barang berharga seperti paspor, tiket, atau bagasi. Jenis-jenis asuransi perjalanan terdiri dari perjalanan individu, asuransi perjalanan keluarga (group travel), dan asuransi perjalanan bisnis.

Baca juga: Inilah 3 Salah Paham tentang Asuransi dan Kiat dalam Memilih Asuransi

Dari berbagai jenis asuransi di atas, manakah yang menjadi pilihan Anda? Hubungi kami jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang produk asuransi yang tersedia di Prudential!