Orang sedang bekerja

Beda Asuransi Umum & Asuransi Jiwa Unit Link

Perbedaan asuransi umum dengan asuransi jiwa unit link

Salah satu yang cukup banyak membuat masyarakat bingung saat ingin memiliki asuransi, yakni ketidaktahuan tentang perbedaan asuransi umum dengan asuransi jiwa unit link. Secara umum, jenis asuransi dibedakan berdasarkan tingkat fokus, kebutuhan dan risiko dari si pemegang polis. Hal ini akan digunakan perusahaan asuransi untuk mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan tingkat premi yang ditawarkan sesuai dengan jenis asuransi masing-masing. Berikut beberapa jenis asuransi yang dipasarkan di Indonesia.

  • Asuransi Umum

    Asuransi memberikan manfaat berupa uang santunan atau dalam bentuk penggantian kerugian atas kerusakan suatu hal/barang yang diasuransikan. Contohnya asuransi umum adalah asuransi rumah, asuransi kendaraan, dan sebagainya.

  • Asuransi Jiwa

    Asuransi Jiwa memberikan manfaat sejumlah uang Pertanggungan/santunan Asuransi kepada Penerima Manfaat/keluarga/ahli waris dari Tertanggung/peserta asuransi, apabila Tertanggung/peserta asuransi meninggal dunia akibat masalah kesehatan penyakit atau kecelakaan, dan jika terjadi risiko kesehatan terhadap diri Tertanggung/Peserta.

  • Asuransi Kesehatan

    Asuransi Kesehatan memberikan jaminan biaya ketika pemegang polis mengalami gangguan kesehatan (sakit dan/atau kecelakaan). Asuransi kesehatan biasanya akan menanggung biaya rumah sakit (rawat inap, dokter, obat, dan tindakan) hingga biaya operasi berdasarkan syarat yang tertera di polis.

Lalu bagaimana dengan produk asuransi jiwa unit link?

Unit link merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi dan memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis, yaitu manfaat perlindungan serta manfaat investasi yang juga memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih.

Kenali lebih lanjut manfaat produk asuransi jiwa unit link sekaligus risikonya, sebagai berikut:

Memiliki Fungsi Ganda

Produk asuransi jiwa unit link memiliki 2 manfaat sekaligus, yaitu perlindungan dan investasi dalam satu polis. Hal ini cukup memudahkan Anda sebagai nasabah karena tidak perlu dipusingkan mengurus dana investasi dan dana perlindungan secara terpisah.

Fleksibel karena Dapat Menambah Manfaat

Jika Anda merasa manfaat perlindungan masih kurang maka bisa juga menambah manfaat kesehatan (rider) lainnya sesuai kebutuhan. Sebaiknya, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan tenaga pemasar agar tidak salah memilih.

Jangka Waktu Pertanggungan yang Panjang

Biasanya pada setiap produk asuransi jiwa unit link, masa pertanggungannya cukup panjang, hingga Anda berusia sampai 99 tahun dan informasi ini tercantum di dalam ilustrasi manfaat asuransi dan polis. Penawaran ini memang dapat menarik perhatian para calon nasabah karena asuransi jenis lainnya lebih pendek masa pertanggungannya.

Mari pelajari lebih lanjut tentang manfaat asuransi jiwa Unit Link melalui artikel Prudential Indonesia yang terbit di Tirto.ID, dengan judul “Asuransi Jiwa Unit Link: Satu Lahan, Dua Hasil Panen - Tirto.ID”.

Dapatkan juga tips bermanfaat lainnya di aplikasi Pulse untuk Anda dan orang-orang tersayang!