Seorang wanita memegang cangkir dan tersenyum

5 Tips Memilih Asuransi yang Tepat untuk Mahasiswa

Status mahasiswa bukanlah alasan untuk tidak memiliki asuransi. Asuransi justru dapat dimiliki oleh siapa saja tanpa memandang usia. Orang tua dapat mempertimbangkan agar anaknya yang sudah berstatus mahasiswa juga mendapatkan perlindungan finansial, untuk antisipasi apabila ada kejadian yang tidak diinginkan. Lantas, bagaimana tips memilih asuransi yang tepat untuk mahasiswa? Simak penjelasannya dalam bacaan berikut ini.

Pentingnya Asuransi untuk Mahasiswa

Mungkin Anda masih bertanya-tanya seberapa penting asuransi bagi seorang mahasiswa? Asuransi itu penting karena mahasiswa juga tidak lepas dari berbagai risiko. Mari kita lihat uraian mengenai manfaat asuransi, dan risiko yang kemungkinan dihadapi oleh mahasiswa di bawah ini.

Baca juga: Asuransi Jiwa Berjangka: Pengertian dan Manfaatnya

Manfaat Asuransi untuk Mahasiswa

Sesuai fungsinya, asuransi bermanfaat untuk memberikan perlindungan ketika mahasiswa mengalami risiko pada masa depan, yang terkadang memakan biaya yang cukup besar sehingga bisa mengganggu finansial keluarga.

Seperti apa bentuk proteksi yang diperoleh mahasiswa? Jawabannya tergantung pada jenis asuransi yang dipilih. Contohnya, asuransi kesehatan memberikan manfaat perlindungan ketika nasabah dirawat di rumah sakit karena musibah atau penyakit.

Baca juga: Begini Cara Memilih dan Kriteria Perusahaan Asuransi yang Baik

Raih Tujuan Keuangan Anda  dengan PAYDI

Cek di Sini

Risiko yang Dihadapi oleh Mahasiswa

Mahasiswa juga menghadapi risiko berupa kejadian atau hal-hal yang tidak diinginkan. Risiko tersebut mencakup kecelakaan, penyakit yang mengharuskan rawat inap atau langkah medis yang lebih serius, bahkan meninggal dunia. Selain itu, risiko yang dihadapi oleh mahasiswa juga mencakup kehilangan dan kerusakan barang berharga, terutama kendaraan bermotor, akibat pencurian atau kecelakaan.

Baca juga: Mengenal 11 Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Pentingnya Mengelola Keuangan dan Tips Memilih Asuransi untuk Mahasiswa

Melihat pentingnya asuransi di atas, Anda tentu sudah mulai memikirkan untuk memiliki asuransi sedini mungkin. Sebelum memilih asuransi yang tepat, Anda perlu memahami pentingnya mengelola keuangan sejak masih berstatus mahasiswa. Berikut adalah alasannya:

  • Anda bisa mengelola keuangan secara efektif sehingga dana yang dimiliki bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

  • Anda belajar untuk menjaga keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran sehingga terbentuk kebiasaan yang baik pada masa depan.

  • Anda bisa belajar menabung untuk tujuan jangka panjang yang ingin dicapai, seperti melanjutkan pendidikan, membangun bisnis, atau membeli rumah.

  • Anda belajar mengalokasikan dana untuk membayar premi asuransi setiap bulannya, di samping pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Dari alasan yang telah disebutkan di atas, Anda bisa melihat bahwa pengelolaan keuangan juga mencakup asuransi. Pasalnya, asuransi termasuk dalam wealth protection yang merupakan bagian dari piramida keuangan.

Kendati asuransi merupakan hal yang penting, Anda tetap perlu memilih produk asuransi dengan bijak. Oleh karena itu, terapkan tips memilih asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda di bawah ini.

1. Pertimbangkan Kebutuhan Pribadi dan Kampus

Sebelum memilih asuransi, lebih baik Anda melakukan evaluasi keuangan terlebih dahulu. Buat alokasi anggaran dengan mempertimbangkan kebutuhan pribadi seperti makanan, sewa tempat tinggal, biaya transportasi, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menilai kebutuhan kampus yang mencakup buku, modul, alat tulis, bahkan uang kuliah. Dari evaluasi tersebut, Anda bisa memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.

2. Cek Kredibilitas dan Reputasi Asuransi

Setelah mengetahui jenis asuransi yang dibutuhkan, barulah Anda bisa mulai memilih asuransi. Dalam proses seleksi, Anda perlu mempertimbangkan kredibilitas dan reputasi asuransi tersebut. Carilah informasi mengenai perusahaan asuransi di media massa, media sosial, atau membaca testimoni mengenai produk asuransi yang disediakan.

3. Perhatikan Manfaat dan Premi

Setiap produk asuransi menawarkan manfaat dan besaran premi yang berbeda. Inilah yang perlu diperhatikan dengan saksama. Pastikan manfaat yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan atau tujuan yang ingin dicapai pada masa depan. Untuk besaran preminya, sesuaikan juga dengan kondisi keuangan agar tidak terjadi gagal bayar.

4. Pelajari Ketentuan dan Syarat Polis

Sebelum menandatangani polis, pelajari dahulu syarat dan ketentuan yang tercantum di dalamnya, khususnya syarat pengajuan klaim. Hubungi Tenaga Pemasar Asuransi jika terdapat poin klausul yang kurang jelas agar tidak terjadi kesulitan di kemudian hari.

5. Pertimbangkan Masa Depan

Asuransi yang dimiliki sejak mahasiswa tentunya bermanfaat untuk masa depan. Pertimbangkan manfaat yang bisa diperoleh pada masa depan dengan memiliki asuransi sejak saat ini.

Baca juga: Dapatkan Manfaat Optimal dengan Beli PAYDI, Berikut Tipsnya

Jenis-Jenis Asuransi untuk Mahasiswa

Bagi mahasiswa, tentu sulit untuk memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan khawatir, Anda bisa memilih salah satu dari lima rekomendasi asuransi di bawah ini.

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan memberikan perlindungan dari pengeluaran yang terlalu besar ketika nasabah jatuh sakit. Mahasiswa bisa memiliki Asuransi Kesehatan yang memberikan manfaat biaya penggantian perawatan di rumah sakit, baik rawat inap maupun rawat jalan.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memberikan perlindungan terhadap risiko ketika nasabah berpulang dengan membayarkan manfaat berupa Uang Pertanggungan (UP) kepada ahli warisnya.

3. Asuransi Kendaraan

Kendaraan bermotor dan mobil tidak lepas dari risiko seperti kerusakan atau kehilangan akibat kecelakaan atau pencurian, apalagi kalau kendaraan tersebut merupakan milik orang tua dan digunakan untuk keperluan kuliah setiap hari. Oleh karena itu, mahasiswa disarankan memiliki asuransi kendaraan untuk mengantisipasi kerugian tersebut. Pastikan bahwa kendaraan milik orang tua Anda sudah terproteksi oleh asuransi, dan jika belum segera ingatkan orang tua Anda.

4. Asuransi Perjalanan

Mahasiswa saat ini lebih menyukai liburan atau traveling untuk menambah pengalamannya. Perlu diketahui bahwa perjalanan menuju destinasi tujuan cenderung rawan terkena risiko berupa kecelakaan, pembatalan atau penundaan perjalanan, atau kehilangan barang berharga. Lebih baik memiliki asuransi perjalanan agar mahasiswa tidak stres ketika menghadapi kejadian yang tidak terduga.

5. Asuransi Barang Elektronik

Mahasiswa membutuhkan barang elektronik seperti smartphone atau laptop untuk menunjang perkuliahannya. Hanya saja barang elektronik mudah rusak apabila tidak digunakan dengan baik. Sementara itu, biaya perbaikan barang elektronik tidaklah kecil. Asuransi barang elektronik berguna agar mahasiswa terhindar dari risiko tersebut, sehingga mereka tetap memiliki peralatan yang memadai selama berkuliah.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Polis Asuransi Endowment

Setelah mempertimbangkan jenis asuransi yang ingin dimiliki, jangan lupa untuk mengikuti tips memilih asuransi untuk mahasiswa yang telah dijelaskan sebelumnya. Tips tersebut mencakup pertimbangan mengenai kebutuhan pribadi dan perkuliahan, kredibilitas asuransi, manfaat dan premi asuransi, syarat dan ketentuan polis, hingga masa depan mahasiswa.

Prudential menawarkan produk Asuransi Kesehatan dengan manfaat yang sesuai kebutuhan, seperti perlindungan penyakit kritis, kecelakaan diri dan disabilitas, dan asuransi kesehatan murni dan rawat jalan. Hubungi kami untuk informasi lebih lengkap mengenai produk asuransi kesehatan dari Prudential, dan lindungi kebutuhan finansial Anda pada masa yang akan mendatang dengan memiliki asuransi kesehatan!

Diskusi kebutuhan Anda di sini!

Isi data berikut dan kami akan menghubungi Anda
error
lengkapi form berikut

Pemegang Polis

Pemegang Polis

Nama

Apakah ada topik yang ingin ditanyakan?

Saya /kami telah membaca, memahami dan memberikan persetujuan saya/kami kepada Prudential Indonesia untuk mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan data pribadi saya/kami sesuai dengan Deklarasi Privasi *

Contact us