Wanita membaca manfaat beli PAYDI di laptop

Dapatkan Manfaat Optimal dengan Beli PAYDI, Berikut Tipsnya

Berasuransi sambil memetik manfaat investasi yang memperkuat proteksi bukan lagi hal yang mustahil dilakukan berkat hadirnya Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI). Dengan membeli polis PAYDI, maka kita akan mendapatkan manfaat proteksi dalam jangka waktu yang ditentukan sesuai kebutuhan, serta potensi pertambahan nilai tunai dari sebagian nilai premi yang diinvestasikan oleh manajer investasi pada aset-aset tertentu sesuai dengan pilihan nasabah berdasarkan profil risiko masing-masing nasabah/calon nasabah.

PAYDI dapat digunakan sebagai investasi jangka panjang. Namun perlu diingat bahwa PAYDI bukanlah tabungan. Hasil investasi sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga pasar dari jenis dana investasi yang dipilih nasabah/calon nasabah. Oleh karenanya penting bagi nasabah/calon nasabah untuk memahami profil risikonya agar dapat memahami tingkat risiko dari masing-masing dana investasi pilihannya dan toleransi risiko yang dapat ditanggungnya.

Bagi yang tertarik membeli PAYDI, simak deretan tips penting berikut untuk mendapatkan manfaat optimalnya:

  1. Pilih PAYDI sesuai dengan profil risiko

    Saat akan membeli PAYDI, nasabah akan diminta untuk melakukan tinjauan atas profil risikonya. Secara singkat profil risiko terbagi menjadi tiga kategori: konservatif, untuk mereka yang memiliki toleransi risiko investasi paling rendah, moderat untuk tolerasi risiko investasi sedang, dan agresif untuk mereka yang tertantang mengambil risiko investasi tinggi. Sesuaikanlah pilihan dana investasi dengan hasil tinjauan profil risiko dan tujuan investasi Anda, agar hasil investasinya sesuai dengan yang diharapkan.

  2. Pilih PAYDI sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial

    Saat merencanakan keuangan, penting bagi calon nasabah untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan finansial sebelum membeli produk keuangan apapun, termasuk membeli PAYDI. Hal ini penting dilakukan agar stabilitas keuangan tetap aman ketika harus melakukan pembayaran premi secara rutin untuk jangka panjang. Nah, untuk menentukan produk asuransi yang sesuai, calon nasabah dapat berkonsultasi dengan tenaga pemasar dalam mengidentifikasi tujuan keuangan dan produk asuransi yang tepat agar mendapat manfaat perlindungan dan investasi yang sesuai.

  3. Pelajari dengan seksama PAYDI dalam Ringkasan Informasi Produk dan Layanan

    Ringkasan Informasi Produk dan Layanan (RIPLAY) versi personal merupakan gambaran manfaat asuransi dan proyeksi potensi hasil investasi dari pilihan dana investasi yang dipilih oleh calon Nasabah. Tenaga pemasar akan memberikan ringkasan informasi produk dan layanan berdasarkan informasi serta kebutuhan atas perlindungan asuransi yang Anda berikan. Jangan ragu-ragu untuk menanyakan dengan detail apabila Anda merasa informasi yang disampaikan tenaga pemasar kurang jelas, agar Anda mendapatkan pemahaman yang menyeluruh terkait pilihan produk dan jenis investasi yang akan Anda pilih. Dan, pastikan tenaga pemasar yang menjual produk PAYDI telah memiliki sertifikasi atau lisensi sebagai penjual PAYDI dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melalui laman websitenya.

  4. Pahami komponen biaya yang timbul dalam produk PAYDI

    Ketika Anda membeli produk keuangan termasuk produk asuransi, tentunya akan ada biaya-biaya yang dibebankan kepada pemegang polis, seperti biaya asuransi, biaya akuisisi, biaya administrasi, biaya pengalihan dana (switching), biaya penarikan dan penebusan polis, atau ketika membeli PAYDI akan ada biaya pengelolaan dana investasi. Jangan ragu untuk menanyakan tentang komponen biaya-biaya di awal, sebelum Anda memutuskan untuk membeli produknya.

  5. Membeli PAYDI dari perusahaan asuransi yang terpercaya

    Penting bagi calon nasabah untuk membeli PAYDI dari perusahaan asuransi yang terpercaya agar terhindar dari penipuan atau kasus yang tak diinginkan. Saat membeli PAYDI, calon nasabah harus memastikan perusahaan asuransi memiliki track record yang baik melalui pembayaran klaimnya, memiliki tata kelola investasi yang terpercaya, serta berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Itulah tips bagaimana mendapatkan manfaat yang optimal dari produk PAYDI. Sebelum membeli produknya, pastikan Anda telah memahami PAYDI dan berbagai risikonya. Jangan pernah tergiur untuk mendapatkan janji hasil imbal besar, karena sekali lagi PAYDI bukan tabungan. PAYDI merupakan kombinasi antara proteksi (asuransi) dan potensi hasil investasi yang memiliki risiko fluktuasi harga pasar.