Ayah dan anak di depan air terjun

Ketahui 5 Objek Wisata Tahun Baru dan Cara Mempersiapkan Keuangan

Tahun baru selalu menjadi momen yang indah untuk liburan. Bagaimana tidak, Anda bisa menutup tahun yang lama dan membuka tahun baru di destinasi wisata impian bersama orang tersayang. Apalagi di Indonesia, Anda mempunyai banyak pilihan objek wisata tahun baru yang menakjubkan untuk dikunjungi.

Anda yang berkeluarga pasti mempunyai impian untuk merayakan tahun baru di destinasi wisata favorit. Tentunya Anda perlu memastikan supaya keuangan untuk liburan tetap seimbang dengan keuangan keluarga sehari-hari. Agar keuangan keluarga berjalan lancar, Anda bisa membaca artikel ini Berikut Cara Mengatur Keuangan untuk Para Keluarga Muda.

Di artikel ini, Prudential akan membagikan rekomendasi destinasi wisata yang cocok untuk merayakan tahun baru. Simak, yuk!

Destinasi Wisata Terbaik untuk Merayakan Tahun Baru di Indonesia

Indonesia selalu dikenal dengan tempat wisata alam yang tidak terlupakan di setiap pulaunya. Mulai dari Pantai Kuta di Bali hingga Kepulauan Raja Ampat di Papua, mari kita lihat rekomendasi destinasi wisata tahun baru dalam daftar di bawah ini!

1. Pantai Kuta, Bali

Tidak lekang oleh waktu, itulah peribahasa yang menggambarkan keindahan Pantai Kuta. Pantai ini tidak pernah sepi wisatawan dan selalu menjadi tempat wisata pilihan, apalagi untuk merayakan tahun baru. Anda bisa menemukan perayaan malam pergantian tahun baru yang meriah di Pantai Kuta dan sekitarnya, mulai dari pesta pantai yang berlangsung sepanjang malam, hiburan live music, dan pertunjukan kembang api yang megah pada tengah malam.

Berkunjung ke Pantai Kuta berarti Anda bisa mendapatkan kenyamanan dalam menikmati fasilitasnya. Dikutip dari RRI.com, Pantai Kuta memenangkan penghargaan Asean Tourism Forum (ATF) tahun 2023 kategori The Second ASEAN Public Toilet Award 2023-2024. Artinya, toilet yang disediakan di Pantai Kuta sudah dikelola dengan baik sehingga Anda bisa membilas diri dan buang air dengan nyaman.

Raih Tujuan Keuangan Anda  dengan PAYDI

Cek di Sini

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Apabila mencari pengalaman yang magis dan memesona untuk merayakan tahun baru, pilihlah Taman Nasional Bromo Tengger di Gunung Semeru. Selain menikmati keindahan alam yang menakjubkan, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang epik di Gunung Bromo pada pagi tahun baru. Menariknya, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mendapat peringkat ketiga taman nasional terindah di dunia pada tahun 2023, dikutip dari website Portal Informasi Indonesia.

Baca Juga: Frugal Living: Pengertian, Tujuan, Tips dan Manfaatnya

3. Danau Toba, Sumatera Utara

Di Pulau Sumatera, ada Danau Toba dengan suasana sejuk dan menenangkan. Pilihan ini ideal untuk Anda yang ingin merayakan tahun baru dengan nuansa damai dan penuh refleksi. Pada malam tahun baru, Anda bisa menemukan penginapan dan restoran di sekitar danau yang menyelenggarakan acara khusus seperti konser musik, pesta rakyat, dan pertunjukan budaya Batak.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memasukkan Danau Toba sebagai 5 Destinasi Wisata Super Prioritas. Maksudnya, Danau Toba dan empat destinasi wisata lainnya (Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, dan Candi Borobudur) merupakan fokus pemerintah Indonesia untuk menumbuhkan ekonomi kreatif warga setempat.

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo menawarkan pengalaman unik untuk merayakan tahun baru. Anda bisa snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan terumbu karang yang terletak di bawahnya. Malam pergantian tahun juga diramaikan dengan pesta di beberapa resort dan restoran yang menampilkan atraksi khusus serta pesta dengan suasana tropis yang menyenangkan. Sama seperti Danau Toba, Labuan Bajo juga termasuk dalam 5 Destinasi Wisata Super Prioritas.

5. Raja Ampat, Papua Barat

Bagi pencinta keindahan bawah laut, Raja Ampat adalah destinasi yang sempurna untuk merayakan tahun baru. Beberapa resort atau kapal wisata menyelenggarakan acara khusus malam tahun baru dengan pesta di atas air atau pantai. Percikan kembang api di atas laut yang cerah pasti memperindah langit malam sehingga menjadi pengalaman tidak terlupakan untuk Anda.

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Raja Ampat juga meningkat selama tahun 2023, yang awalnya hanya mencapai 701.931 kunjungan pada bulan Februari 2023 naik menjadi 1.121.289 kunjungan pada bulan Agustus 2023, berdasarkan data dari Goodstats.

Baca juga: Frugal Living: Pengertian, Tujuan, Tips dan Manfaatnya | Prudential Indonesia

Destinasi Negara Favorit Wisatawan Indonesia untuk Tahun Baruan di Luar Negeri

Berencana mengawali tahun 2024 di luar negeri? Mengapa tidak? Liburan akhir tahun di luar negeri bisa menjadi pilihan yang menarik untuk membuka tahun yang baru sekaligus memenuhi resolusi tahun 2024 Anda.

Berdasarkan data dari Visa Global Travel Intentions yang dikutip dari CNN Indonesia, ada lima negara dengan jumlah peminat yang tinggi di kalangan wisatawan Indonesia pada tahun 2022, yaitu:

1. Singapura

Singapura menduduki peringkat teratas karena sebanyak 24 persen turis Indonesia memilih destinasi wisata ini. Tahun baruan di Singapura makin berkesan karena Anda bisa menyaksikan pesta kembang api yang memukau di Marina Bay Sands. Anda juga dapat berkunjung ke Sentosa Island yang menyediakan acara khusus dengan pertunjukan musik dan tarian yang meriah.

2. Malaysia

Negeri jiran kita juga menarik perhatian sebagai destinasi perayaan tahun baru. Bahkan sepanjang tahun 2022, sebanyak 15 persen wisatawan Indonesia berkunjung ke negara ini. Kuala Lumpur menampilkan pesta kembang api yang megah di Menara Kembar Petronas. Berbagai acara hiburan dan konser musik menghiasi kota ini, ditambah lagi dengan suasana hangat dari masyarakat yang ramah.

3. Thailand

Thailand dengan pesonanya yang khas juga menjadi magnet bagi 13% wisatawan Indonesia yang mengunjungi Negeri Gajah Putih. Bangkok menyuguhkan pesta kembang api yang luar biasa di sepanjang Sungai Chao Phraya serta pesta jalanan yang meriah di Khao San Road. Anda juga bisa memilih Phuket jika menyukai pesta pantai dengan live music dan pertunjukan menyambut tahun baru.

4. Jepang

Jepang menawarkan pengalaman unik dalam merayakan tahun baru dengan tradisi hatsumode, yaitu kunjungan pertama ke kuil pada awal tahun. Di Tokyo, acara besar di area Shibuya dan Tokyo Tower menyambut pergantian tahun dengan kembang api dan pertunjukan menarik. Selain itu, diskon besar di toko-toko Jepang juga menarik bagi para wisatawan yang suka berbelanja. Sebanyak 12 persen warga Indonesia memilih Negara Sakura sebagai tujuan wisata sepanjang tahun 2022.

5. Amerika Serikat

Bagi yang ingin merayakan tahun baru dengan nuansa yang berbeda, Amerika Serikat bisa menjadi pilihan yang tepat. Kota seperti New York dengan perayaan Times Square yang legendaris dan San Francisco dengan gemerlapnya malam menyuguhkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para wisatawan. Delapan persen wisatawan Indonesia juga mengunjungi Amerika Serikat sepanjang tahun 2022.

Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Liburan Tahun Baru yang Berkesan

Liburan tahun baru bisa menjadi pengalaman yang berkesan, tetapi Anda perlu mempersiapkan keuangan supaya bisa menikmati liburannya dengan maksimal. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti tips persiapan keuangan di bawah ini.

1. Buat Rencana Anggaran yang Realistis

Mulailah dengan menghitung jumlah uang yang ingin Anda gunakan untuk liburan. Masukkan informasi harga transportasi, penginapan, aktivitas, tiket masuk atraksi, hingga uang saku harian yang ingin digunakan. Buat rencana anggaran yang jelas dan realistis supaya Anda bisa menikmati liburan lebih leluasa.

Baca Juga: 6 Tips Efektif Mengatur Uang THR untuk Menyambut Hari Raya

2. Tentukan Tujuan Wisata

Anda harus memiliki gambaran jelas mengenai tempat wisata yang ingin dikunjungi. Pilih opsi destinasi wisata yang sesuai anggaran. Destinasi wisata yang tidak terlalu populer menawarkan pengalaman yang tidak kalah seru untuk dikunjungi.

3. Hitung Biaya Transportasi

Sebelum memesan tiket transportasi, bandingkan harga dari berbagai moda transportasi  yang ingin digunakan, apakah itu kereta api, pesawat terbang, atau kapal laut. Anda bisa booking tiket transportasi dari jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Pertimbangkan juga biaya transportasi lokal di destinasi yang akan dikunjungi, seperti bus kota atau transportasi online.

4. Hitung Biaya Akomodasi

Cari tahu harga penginapan yang sesuai anggaran Anda. Akomodasi yang bagus tidak harus berupa hotel, bisa juga hostel atau guesthouse dengan fasilitas yang tidak kalah lengkap. Penginapan seperti guesthouse atau hostel juga memberikan kesempatan untuk bertemu orang baru dari berbagai belahan dunia. Anda bisa menggunakan aplikasi pemesanan tiket untuk memperoleh penawaran menarik.

5. Hitung Biaya Makan dan Minum

Untuk langkah ini, Anda perlu mencari tahu seputar harga makanan dan minuman di tempat tujuan. Pilihlah tempat makan yang sesuai anggaran atau Anda bisa menikmati kuliner lokal yang tidak kalah lezat untuk disantap. Anda bisa memilih makanan khas lokal di warung atau kedai kecil. Selain bisa merasakan cita rasa autentik, harganya pun lebih ramah di kantong.

Baca juga: Nonton Konser Sendiri atau Bareng Orang Terdekat: Menciptakan Kenangan Musikal yang Berharga dengan Persiapan Finansial yang Tepat | Prudential Indonesia

6. Hitung Biaya Tambahan

Biaya tambahan ini bisa berupa tiket masuk ke atraksi liburan, membeli oleh-oleh, dan aktivitas lainnya yang berada di luar itinerari wisata Anda. Selalu sediakan dana tambahan untuk memenuhi berbagai keperluan ini. Anda juga perlu selektif dalam menghitung biaya tambahan, seperti tidak membeli barang suvenir yang kurang penting atau mencari alternatif atraksi wisata yang terjangkau tetapi menarik untuk dikunjungi.

7. Hemat Pengeluaran selama Liburan

Ada banyak cara untuk menghemat uang selama liburan, mulai dari memanfaatkan promo hingga menggunakan kartu diskon atau voucher belanja. Cari informasi tentang promo atau paket liburan yang bisa menghemat pengeluaran Anda.

8. Mempersiapkan Dana Darurat

Liburan tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya masalah datang menghampiri, seperti kehilangan koper, kendaraan rusak, bahkan sakit di perjalanan. Anda perlu mempersiapkan dana darurat untuk menghadapi situasi tidak terduga tersebut.

Baca Juga: Cara Menabung Efektif untuk Membeli Rumah Impian Anda

Kesimpulan

Merayakan tahun baru dengan liburan ke tempat wisata yang menarik merupakan pengalaman yang berkesan. Namun, Anda tidak boleh mengabaikan persiapan keuangan supaya liburan tahun baru berjalan lancar.

Baca juga: Perbandingan Tiga Jenis Investasi: Kesehatan, Properti, dan Pengetahuan. Mana yang Lebih Baik? | Prudential Indonesia