Ibu bermain bersama anak laki-laki

Ketahui Persiapan Traveling untuk Menjaga Finansial Anda

Persiapan Dokumen Perjalanan

Pastikan Anda sudah memastikan kelengkapan dokumen perjalanan yang diperlukan sebelum traveling. Langkah ini tidak boleh diabaikan, terutama bagi Anda yang berlibur ke luar negeri di mana persyaratan dokumen perjalanannya lebih banyak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan dokumen perjalanan:

1. Pastikan Paspor dan Visa Anda Masih Berlaku

Pastikan tanggal kedaluwarsa paspor belum mendekati masa berlaku saat Anda bepergian, yaitu minimal enam bulan sebelum tanggal kedaluwarsa. Begitu juga dengan visa, pastikan Anda memiliki visa yang sesuai dengan negara tujuan dan masa berlakunya masih cukup untuk seluruh perjalanan Anda.

Ketika memeriksa ketersediaan visa, cari tahu juga jika ada persyaratan tambahan, seperti surat undangan, asuransi perjalanan, atau dokumen keuangan yang diperlukan oleh negara tujuan. Apabila memerlukan perpanjangan atau pembaruan visa, lakukan dari jauh hari sebelum tanggal keberangkatan agar tidak panik menjelang waktu keberangkatan.

Baca juga: Frugal Living: Pengertian, Tujuan, Tips dan Manfaatnya | Prudential Indonesia

2. Cek Persyaratan Imigrasi Negara Tujuan

Setiap negara memiliki aturan imigrasi yang berbeda-beda. Sebelum berangkat, Anda perlu memahami persyaratan imigrasi negara tujuan. Beberapa negara memerlukan vaksinasi khusus atau peraturan tertentu terkait masa tinggal di sana. Informasi ini bisa diperoleh dari website resmi kedutaan negara yang tujuan. Anda juga bisa menyimpan informasi kontak seperti alamat hotel atau tempat tinggal di negara tujuan untuk berjaga-jaga jika diperlukan oleh petugas imigrasi.

3. Simpan Salinan Dokumen Penting di Tempat yang Aman

Salinan dokumen ini tidak hanya berbentuk fotocopy, tetapi juga format digital. Anda bisa menyimpan salinan digital di email atau penyimpanan cloud yang aman. Untuk salinan fisik, Anda bisa menyimpannya di tempat terpisah dari dokumen asli, seperti di tas kabin, agar terhindar dari kehilangan dan pencurian.

Baca Juga: Nonton Konser Sendiri atau Bareng Orang Terdekat: Menciptakan Kenangan Musikal yang Berharga dengan Persiapan Finansial yang Tepat

Bangun Perencanaan Keuangan  Lebih Bijak

Cek di Sini

Persiapan Finansial

Rencana finansial yang matang tidak bisa dipisahkan dari persiapan traveling. Rencana finansial berguna untuk mengontrol pengeluaran supaya keuangan Anda tetap stabil saat liburan. Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan dalam persiapan finansial:

1. Buat Anggaran Perjalanan

Tentukan estimasi biaya untuk transportasi, akomodasi, makanan, aktivitas, dan keperluan lainnya. Buatlah anggaran yang realistis, tetapi tetap mempertimbangkan kemungkinan biaya tambahan yang timbul selama perjalanan. Anda bisa menganggarkan sejumlah uang sebagai dana darurat perjalanan. Dana darurat bermanfaat jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan atau dana perjalanan melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

2. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Apabila berlibur ke luar negeri, cari informasi mengenai biaya transaksi dan konversi mata uang yang dikenakan oleh bank penyedia kartu Anda. Pilih kartu kredit atau debit yang memberikan manfaat dalam perjalanan internasional, seperti tidak ada biaya konversi mata uang atau perlindungan terhadap pencurian kartu. Selain kartu, pertimbangkan juga penggunaan aplikasi pembayaran digital yang dapat memudahkan transaksi di tempat wisata atau restoran yang tidak menerima pembayaran kartu.

3. Siapkan Uang Tunai dalam Mata Uang Negara Tujuan

Uang tunai dapat membantu ketika berada dalam kondisi darurat atau Anda berada di tempat yang tidak menerima pembayaran non-tunai. Sebelum berangkat, Anda perlu menukar uang di money changer dengan kurs dan biaya admin yang rendah.

Untuk persiapan finansial ketika berlibur ke kampung halaman atau mengunjungi destinasi wisata dalam negeri, Anda bisa membaca artikel Mengelola Keuangan Mudik: Tips Agar Liburan Lebaran Lebih Terencana dan Terkendali.

Baca juga: Nonton Konser Sendiri atau Bareng Orang Terdekat: Menciptakan Kenangan Musikal yang Berharga dengan Persiapan Finansial yang Tepat | Prudential Indonesia

Persiapan Barang Bawaan

Yang tidak kalah penting, Anda perlu mempersiapkan barang bawaan dan perlengkapan traveling. Agar perlengkapan traveling tetap tersusun rapi, Anda bisa mengikuti tiga tips di bawah ini:

1. Buat Daftar Barang yang Perlu Dibawa

Mulailah dengan membuat daftar barang yang diperlukan selama perjalanan. Utamakan barang yang penting seperti perlengkapan mandi, pakaian, obat-obatan, dan perlengkapan mandi. Setelahnya, Anda bisa memasukkan perlengkapan tambahan seperti kamera, buku, peralatan elektronik, aksesoris, dan sebagainya. Setelah membuat daftar, Anda bisa menilai kembali barang yang sifatnya esensial dan barang yang kurang penting supaya barang bawaan tidak terlalu banyak.

Baca juga: Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif dan Bijak Mengelola Keuangan | Prudential Indonesia

2. Pilih Tas atau Koper yang Sesuai

Sesuaikan tas atau koper dengan jenis perjalanan Anda. Jika Anda hanya menjalani liburan singkat, pilihlah tas atau koper yang muat di kabin pesawat. Sebaliknya, Anda bisa memilih koper yang kokoh dan dilengkapi gembok atau sistem penguncian yang aman apabila jangka waktu liburannya lebih lama. Pastikan juga tas atau koper Anda memiliki label pengenal yang jelas agar mudah dikenali di bandara atau stasiun ketika melakukan perjalanan.

3. Bawa Barang Penting di Tas Kabin

Ketika bepergian dengan pesawat terbang atau kereta api, prioritaskan barang-barang berharga untuk ditaruh di tas kabin. Barang penting ini bisa berupa dokumen penting, peralatan elektronik berharga seperti kamera atau smartphone, obat-obatan, dan sebagainya yang dianggap penting. Menaruh barang penting di tas kabin dapat memberikan perlindungan ekstra jika terjadi kehilangan atau keterlambatan koper.

Baca Juga: Simak Tips Finansial yang Perlu Disiapkan Pasangan Sebelum Menikah

Perlengkapan atau Barang yang Wajib Dibawa Saat Traveling

Berikut adalah daftar barang yang penting untuk dibawa saat Anda melakukan perjalanan:

  • Dokumen perjalanan jika Anda bepergian dengan kendaraan umum. Apabila ke luar negeri, jangan lupa membawa paspor dan visa.

  • Pakaian secukupnya sesuai dengan cuaca, aktivitas yang akan dilakukan, dan lama liburan Anda.

  • Peralatan mandi (sampo, sabun, sikat gigi, dan pasta gigi), dan perlengkapan kebersihan pribadi (sabun pencuci wajah).

  • Obat-obatan pribadi dan resep dokter, jika diperlukan

  • Peralatan elektronik (charger HP, power bank, kamera, dan lainnya)

  • Aksesori perjalanan (kunci koper, label identifikasi, dan tas kecil)

  • Uang tunai dan kartu pembayaran yang diperlukan.

  • Buku catatan perjalanan dan bolpoin.

 

Traveling dengan Transportasi Umum vs Kendaraan Pribadi

Ketika memilih antara transportasi umum atau kendaraan pribadi untuk traveling, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan. Anda bisa memilih transportasi umum apabila ingin lebih praktis. Apabila destinasi tujuan Anda merupakan kota besar, Anda bisa mendapatkan akses transportasi umum dengan mudah.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mengurus parkir atau menghadapi lalu lintas. Anda juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal atau turis sehingga pengalaman liburan lebih menyenangkan.

Lain halnya jika memilih kendaraan pribadi, Anda bisa memilih kendali penuh terhadap jadwal perjalanan yang ingin ditempuh. Anda juga bisa berhenti dan mampir di tempat-tempat menarik selama perjalanan. Kendaraan pribadi juga menghadirkan privasi serta kenyamanan karena Anda bisa membawa lebih banyak barang.Terakhir, kendaraan pribadi bisa menjadi pilihan yang baik apabila Anda menuju daerah pedesaan atau tempat yang sulit diakses dengan transportasi umum.

Kesimpulan

Pastikan Anda melakukan persiapan yang matang sebelum liburan, mulai dari memeriksa dokumen perjalanan, mempersiapkan keuangan, dan memilih barang bawaan yang sesuai sebelum berangkat. Anda dapat menikmati perjalanan yang aman dan menyenangkan dengan persiapan traveling yang baik, khususnya dari segi finansial.

Sambil mempersiapkan perlengkapan traveling, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan finansial Anda dan keluarga. Salah satu aspek finansial yang tidak bisa diabaikan adalah asuransi.

Pertimbangkan untuk memiliki produk Asuransi Jiwa dari Prudential yang memberikan perlindungan tidak hanya kepada pemegang polis, tetapi juga keluarga ketika pemegang polis menghadapi kondisi kritis atau meninggal dunia. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk Asuransi Jiwa dari Prudential!

Baca juga: Perbandingan Tiga Jenis Investasi: Kesehatan, Properti, dan Pengetahuan. Mana yang Lebih Baik? | Prudential Indonesia