Online Shop

Strategi Belanja di Online Shop Agar Keuangan Tetap Aman Terjaga

Perkembangan teknologi mengubah segala aspek dari kehidupan kita, termasuk kebiasaan atau perilaku belanja. Kini jika ingin membeli apa pun tidak perlu repot-repot pergi ke pasar, supermarket, atau toko tertentu. Hanya dengan menggunakan gadget dan buka aplikasi e-commerce atau media sosial, kita sudah langsung bisa membeli barang-barang yang diinginkan di online shop pilihan.

Segala kemudahan ini tentunya merupakan hal yang begitu positif. Namun, bukan berarti kemudahan ini tidak akan menimbulkan efek negatif. Jika kita tidak bijak dan mudah terlena, kemajuan teknologi ini dapat berpotensi merugikan diri sendiri. Penting untuk benar-benar memahami bagaimana menyikapi kemudahan berbelanja saat ini.

Melalui artikel ini, yuk pahami berbagai aspek perihal kemudahan berbelanja masa kini, yaitu di online shop!

Online Shop dan Tren Belanja Masa Kini

Online shop atau toko online merupakan tempat di mana kamu bisa berbelanja secara daring atau online, tanpa perlu pergi kemana-mana. Di zaman serba digital seperti sekarang, berbelanja di online shop tentunya bukan merupakan aktivitas yang asing bagi segilintir kalangan. Bagi sebagian orang, justru hal tersebut kini merupakan rutinitas sehari-hari. Apakah Anda termasuk orang yang sering berbelanja di online shop atau sebaliknya?

Tren belanja di jaman sekarang sudah semakin berubah, di mana berbagai aktivitas belanja semakin banyak yang dilakukan secara online. Meskipun begitu, bukan berarti toko offline sudah ditinggalkan sepenuhnya. Survei dari Katadata Insight Center (KIC) justru mengungkapkan bahwa sesungguhnya jumlah masyarakat Indonesia yang aktif belanja online masih sangat sedikit, yaitu sekitar 33,4% dari total seluruh penduduk.

Masih banyak orang yang tetap berbelanja dengan mendatangi tempatnya secara langsung. Contohnya untuk berbelanja kebutuhan utama seperti bahan-bahan masakan, terlebih dalam ukuran yang sangat kecil, baik di warung, minimarket, atau supermarket terdekat. Dilansir survei Jajak Pendapat, 50% masyarakat Indonesia berbelanja online untuk membeli produk fashion dan aksesoris. Produk yang paling laris dibeli berikutnya ialah barang elektronik, dengan total 46%. Jumlah ini kemudian diikuti oleh produk kecantikan dan perawatan tubuh, produk kesehatan dan kebersihan, bahan makanan, produk rumah tangga, rekreasi, serta perlengkapan anak.

Baca Juga: Kesalahan dan Tipsnya dalam Mengelola Gaji Pertama

Cara Efektif Kelola Keuangan Meskipun Sering Belanja di Online Shop

Belanja memang menyenangkan, apalagi berbelanja dengan simple dan praktis, seperti belanja di online shop. Namun, selalu ingat untuk mengelola keuangan Anda dengan sebaik-baiknya, ya! Jika tidak, bisa-bisa kondisi keuangan Anda bisa terganggu. Anda bisa coba ikuti cara-cara berikut di bawah ini!

Menentukan Budget Belanja Sejak Awal

Menentukan budget sejak awal sebelum Anda berbelanja sangat penting untuk menjaga agar keuangan Anda tetap terkelola dengan baik. Dengan budget yang sudah ditetapkan, maka secara tidak langsung hal ini dapat mengatur diri dan menahan diri Anda agar tidak mengeluarkan uang lebih dari budget yang sudah ditentukan sebelumnya. Tentu saja kemampuan Anda untuk mengontrol diri sendiri ketika belanja juga benar-benar dibutuhkan. Apalagi, belanjanya sangat mudah, hanya perlu ambil gadget dan buka aplikasi e-commerce atau media sosial.

Membuat Daftar Belanjaan yang Ingin Dibeli

Selain menentukan budget belanja, membuat daftar belanjaan apa saja yang ingin dibeli juga sangat krusial agar keuangan Anda bisa tetap terkelola dengan efektif meskipun sering belanja di online shop. Contohnya Anda bisa membuat daftar belanjaan di notes handphone Anda terlebih dahulu, setelah itu tak lama kemudian bisa langsung menuju ke aplikasi e-commerce atau media sosial untuk langsung berbelanja.

Evaluasi Pengeluaran Belanja Online Secara Berkala

Melakukan evaluasi pengeluaran belanja online secara berkala sangat penting agar Anda dapat mengetahui bagaimana kondisi keuangan Anda dalam periode waktu tertentu. Apakah Anda termasuk orang yang selalu mengecek pengeluaran atau tidak? Jika hal ini belum dilakukan, cobalah untuk melakukannya mulai dari sekarang! Caranya tidak sulit karena Anda tidak perlu mencatat manual, tetapi bisa dengan melihat history belanja di platform belanjar online terkait. Anda dapat belajar dari pengeluaran yang dirasa berlebihan, dan agar tidak mengulanginya di momen belanja online selanjutnya.

Baca Juga: Latte Factor: Definisi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tips Belanja di Online Shop untuk Dapat Harga Lebih Murah

Jangan Melewatkan Tanggal Cantik atau Ulang Tahun Platform E-Commerce Favorit

Familiar dengan promo seperti 11.11 atau 12.12, atau promo lainnya yang jatuh di tanggal dan bulan yang sama? Biasanya di tanggal-tanggal ‘cantik’ tersebut akan banyak segudang promo di berbagai online shop. Di waktu inilah barang-barang idaman Anda biasanya akan menjadi sangat murah akibat promo maupun diskon. Jangan sampai melewatkan tanggal-tanggal ‘cantik’ tersebut, atau Anda akan merasa rugi karena harus mengeluarkan lebih banyak untuk membeli barang idaman Anda!

Belanja di Waktu yang 'Aneh'

Tahukah Anda kalau di jam-jam tertentu, terutama di waktu yang ‘aneh’, beberapa promo bisa tiba-tiba muncul? Jika belum, maka Anda harus mulai mencoba membeli barang idaman Anda di waktu ‘aneh’ tersebut agar bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah! Contohnya seperti di jam lewat tengah malam ketika mayoritas orang sedang terlelap tidur, atau di jam setelah makan siang ketika mayoritas orang sudah kembali sibuk dengan pekerjaan atau aktivitasnya masing-masing. Bahkan, tidak harus menunggu tanggal ‘cantik’, promo bisa tiba-tiba muncul di jam tertentu.

Rutin Cek Beberapa Online Shop Terkait Untuk Spesifik Produk yang Sama

Saat Anda ingin membeli suatu barang, jangan lupa untuk rutin cek beberapa online shop yang menjual barang tersebut. Tidak semua online shop akan menjual suatu barang dengan harga yang sama dengan online shop lainnya. Meskipun begitu, pada umumnya harga yang ditentukan tidak akan berbeda jauh dengan harga pasaran. Pilihlah online shop yang menjual barang incaran Anda dengan harga yang paling sesuai dengan keuangan Anda. Namun, ingat untuk selalu cek terlebih dahulu keaslian dan kualitas barangnya. Jangan mudah terlena dengan harga yang terlampau murah!

Manfaatkan Promo yang Tersedia dalam Layanan Online Shop

Masing-masing online shop pada umumnya memiliki strategi dan caranya tersendiri untuk menyediakan promo agar mendapatkan banyak pembeli seperti misal buy 1 get 1, potongan sekian persen untuk produk tertentu, bundling package, dan sebagainya. Nah, Anda bisa memanfaatkan promo di online shop langganan Anda untuk membeli barang incaran. Rutinlah cek online shop langganan Anda, sebab bisa saja promo di berbagai layanan online shop bisa muncul di waktu yang tidak terduga!

Baca Juga: Keamanan Finansial: Langkah-langkah Menuju Kesejahteraan Keuangan

Cara Bijak Belanja di Online Shop 

Kemudahan teknologi untuk berbelanja di online shop tanpa harus pergi ke mana pun memang sangat memanjakan semua orang saat ini. Namun, jangan lupa untuk selalu bijak saat belanja online, ya! Berikut cara yang bisa Anda ikuti agar tidak terlena dengan kenikmatan belanja di online shop.

Utamakan Kebutuhan Baru Keinginan

Ketika belanja tidak jarang kita akan merasa lupa dengan kebutuhan sendiri karena terdistraksi dengan barang-barang lain yang menarik perhatian. Barang-barang yang memanjakan mata, terlihat lucu, hingga kemudian membuat kita ingin membelinya meski tidak membutuhkannya.

Selalu utamakan kebutuhan Anda sebelum keinginan ya! Anda bisa mencegah terdistraksi dengan sudah membuat notes apa saja yang ingin dibeli sebelum memulai berbelanja. Selain itu, Anda juga bisa menghindari terdistraksi dengan langsung menuju online shop tujuan dan mencari barang incaran Anda tanpa melihat atau scroll lebih jauh. Belanja cepat, praktis, dan tentunya tidak boros.

Jangan Terpengaruh Harga yang Jauh dari Harga Pasaran

Harga murah memang sangat menarik perhatian, dan hal ini seringkali terjadi di berbagai online shop. Sebelum tergiur karena tidak harus mengeluarkan banyak uang, jangan lupa untuk luangkan waktu Anda melihat harga pasaran untuk barang yang ingin Anda beli.

Usahakan untuk tidak mudah terpengaruh dengan harga yang jauh dari harga pasaran, ya! Barang yang dilabeli harga jauh dari harga pasaran pada umumnya dapat berpotensi kurang dalam segi kualitasnya. Dengan kata lain, Anda berpotensi membeli barang yang bukan original. Sebelum terlanjur menyesal karena barang belanjaan tidak bertahan lama, lebih baik cegah dengan cek terlebih dahulu.

Baca Juga: Generasi Sandwich: Definisi, Tipe, dan Cara Mengatur Keuangannya

Apakah Belanja di Online Shop Lebih Hemat atau Lebih Boros?

Jika Anda termasuk orang yang sering berbelanja di online shop, apakah sejauh ini Anda merasa lebih hemat atau justru lebih boros? Sesungguhnya, lebih hemat atau lebih boros itu akan tergantung kepada diri Anda sendiri. Anda yang menentukan apakah Anda akan menjadi lebih hemat atau lebih boros setelah berbelanja di online shop.

Anda bisa ikuti tips di atas agar dapat mengelola keuangan secara efektif, serta dapat tetap bersikap bijak meskipun sering berbelanja di online shop. Strategi yang Anda terapkan saat belanja online akan sangat menentukan keuangan Anda loh. Segera mulai dari sekarang agar keuangan Anda bisa terkelola dengan baik!

Baca Juga: Frugal Living: Pengertian, Tujuan, Tips dan Manfaatnya | Prudential Indonesia

Generasi Mana yang Paling Hobi Belanja di Online Shop?

Belanja di online shop kini merupakan aktivitas yang dilakukan oleh semua kalangan dari berbagai generasi. Namun, kira-kira sebenarnya generasi mana yang paling hobi belanja di online shop?

Generasi Z

Survei terbaru dari Populix terkait perilaku belanja masyarakat Indonesia di online shop yang dilakukan pertengahan 2023 ini menunjukkan bahwa total 54% masyarakat memilih belanja di e-commerce, di mana jumlah tersebut didominasi oleh Gen Z. Meskipun begitu, 42% lainnya masih memilih untuk berbelanja secara offline atau langsung. Sebanyak 3% sisanya memilih untuk berbelanja di online shop melalui media sosial, di mana khususnya juga dilakukan oleh Gen Z.

Dari survei tersebut juga dipaparkan bahwa pada umumnya perilaku Gen Z dalam berbelanja dipengaruhi oleh Fear of Missing Out (FOMO) akibat paparan media sosial. Sehingga, generasi ini akan cenderung lebih impulsif dalam berbelanja karena lebih berhubungan dengan gaya hidup serta tren masa kini. Walaupun begitu, Gen Z tetap memiliki anggapan bahwa berbelanja, terutama belanja makanan, adalah kegiatan yang berdasarkan kebutuhan.

Milenial

Generasi milenial, khususnya mereka yang sudah memiliki pendapatan tetap, cenderung berbelanja hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan rumah tangga. Dilansir Populix, generasi milenial cenderung berperilaku stabil dalam berbelanja online. Mereka banyak yang lebih memprioritaskan kebutuhan sehari-hari, pendidikan, tabungan dana pensiun, serta investasi dengan risiko yang minim.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda dapat mengelola keuangan Anda dengan lebih efektif, sambil tetap sering berbelanja di online shop. Yuk mulai bijak dalam memanfaatkan kemudahan teknologi, lebih tepatnya belanja online, dan atur keuangan Anda dengan lebih baik.

Baca Juga: Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif dan Bijak Mengelola Keuangan