nonton konser sendiri

Nonton Konser Sendiri atau Bareng Orang Terdekat: Menciptakan Kenangan Musikal yang Berharga dengan Persiapan Finansial yang Tepat

Menonton konser penyanyi atau band idola tentu merupakan salah satu pengalaman berharga merasakan pengalaman nonton konser sendiri atau bersama teman sebaya. Di tengah euforia konser artis yang lagi marak pada tahun ini, jangan lupa untuk melakukan persiapan nonton konser secara finansial. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan tidak hanya tiketnya, tetapi juga transportasi dan akomodasi selama menonton konser. 

Sebelum mempersiapkan dana untuk konser, ada baiknya Anda perlu mencari informasi konser yang ada di Indonesia melalui media sosial atau website. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengumpulkan dana sesuai dengan konser yang ingin dihadiri.

Salah satu akun media sosial yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan informasi konser yang ada di Indonesia adalah akun Instagram @infokonser. Akun ini aktif setiap hari membagikan informasi konser yang diadakan di beberapa kota di Indonesia. Selain akun media sosial, Anda juga bisa mengecek website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang aktif membagikan informasi konser. Portal berita yang ada di Indonesia seperti Liputan6.com atau CNBC Indonesia juga selalu menghadirkan informasi konser terbaru di website-nya.

Setelah menemukan informasi mengenai konser yang ingin didatangi, barulah Anda bisa mempersiapkan dana untuk konser. Salah satu cara mempersiapkan dana untuk menonton konser adalah menabung. Namun, persiapan finansial untuk menonton konser sejatinya tidak terbatas pada menabung saja. Masih banyak strategi lain yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan keuangan Anda sebelum menonton konser. Apa saja? Yuk, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini.

Baca artikel ini: 4 Tips Menabung Agar Milenial Bisa Punya Rumah

Mengapa Persiapan Finansial Penting untuk Nonton Konser Sendiri atau Bersama Orang Terdekat?

Menonton konser musik merupakan pengalaman yang menyenangkan, terutama jika konser tersebut dibawakan oleh musikus favorit. Namun, sering kali orang terlalu terbawa suasana dan mengeluarkan uang dalam jumlah yang lebih besar daripada yang seharusnya. Oleh karena itu, persiapan finansial yang tepat sangat penting untuk menghindari terlilit utang akibat pengeluaran yang tidak terkendali. Mari kita bahas lebih lanjut alasannya di bawah ini.

Menghindari Stres Keuangan Setelah Nonton Konser

Sudah pasti hati kita merasa senang dan puas setelah menonton konser karena bisa merasakan kesempatan untuk melihat penyanyi atau band idola secara langsung. Namun, tidak jarang orang yang merasa stres setelah menonton konser karena mereka harus menghadapi masalah keuangan. Contohnya, tagihan kartu kredit atau utang yang membengkak karena pengeluaran yang besar saat menonton konser. Maka dari itu, persiapan finansial yang tepat dibutuhkan agar Anda dapat menghindari stres keuangan ini dan menikmati pengalaman nonton konser dengan tenang.

Memastikan Tidak Terlilit Utang Akibat Pengeluaran yang Tidak Terkendali

Banyak orang tergoda untuk membeli tiket konser dengan harga yang tinggi, padahal pembawa konser tersebut belum tentu merupakan tokoh idola mereka. Tidak jarang pula penikmat konser musik perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk makanan dan minuman yang dijajakan di sekitar venue konser. Alhasil, tidak sedikit orang yang terlilit utang setelah menonton konser. Mereka kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari atau membayar tagihan bulanan. Dengan persiapan finansial yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa pengeluaran selama konser tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

Baca juga: Cara Mengatur Pengeluaran dengan Bijak

Langkah-Langkah Persiapan Finansial untuk Nonton Konser Sendiri atau Bersama Orang Terdekat

Melihat dua alasan di atas, Anda pasti sudah paham mengenai pentingnya persiapan finansial sebelum menonton konser. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri secara finansial sebelum menonton konser   atau bersama orang terdekat:    

1. Menetapkan Anggaran yang Realistis untuk Tiket Konser

Sebelum membeli tiket konser, pastikan Anda menetapkan anggaran yang realistis. Carilah informasi tentang harga tiket dan bandingkan dengan anggaran yang telah Anda tetapkan. Jangan tergoda untuk membeli tiket dengan harga yang mahal apabila harga tiket tersebut berpotensi mengganggu keuangan Anda.

2. Membuat Rencana Menabung untuk Mencapai Target Keuangan

Setelah mengetahui informasi harga tiket, langkah berikutnya adalah membuat rencana menabung untuk mencapai target keuangan tersebut. Anda bisa membuat jadwal menabung secara harian, mingguan, atau bulanan. Alokasikan sejumlah dana yang harus ditabung setiap periodenya dan tetapkan durasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut.

Baca juga: 3 Cara Berobat ke Luar Negeri dengan Aman dan Berkualitas

3. Mencari Promo dan Diskon untuk Mendapatkan Tiket dengan Harga Terjangkau

Biasanya, konser yang dihadiri oleh artis ternama dan memiliki banyak peminat sering diikutsertakan dengan promo dan diskon. Manfaatkan kesempatan tersebut dengan mencari informasi jika ada promo atau diskon untuk tiket konser yang ingin dibeli. Anda dapat mencari informasinya di website resmi artis, venue konser, atau media sosial dari merchant dan pihak yang bekerja sama dengan konser tersebut. Jangan lupa untuk memeriksa secara berkala untuk memastikan Anda tidak ketinggalan informasi mengenai tawaran ini.

4. Memperhitungkan Biaya Transportasi dan Akomodasi yang Sesuai dengan Anggaran

Biaya transportasi dan akomodasi juga perlu dimasukkan ke dalam anggaran persiapan nonton konser, khususnya jika konser tersebut diadakan di lokasi yang berbeda dari kota Anda. Buatlah estimasi perkiraan biaya transportasi dan akomodasi dan pastikan sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat. Setelah mencapai angka yang tepat, Anda bisa mulai menabung dan mempersiapkan dana untuk memenuhi biaya transportasi dan akomodasi yang perlu dikeluarkan.

5. Mengontrol Pengeluaran Selama Konser dengan Mengatur Anggaran Makanan dan Minuman

Saat menonton konser, sering kali orang tergoda untuk membeli makanan dan minuman dengan harga yang mahal di sekitar venue konser. Oleh karena itu, pastikan Anda mengatur anggaran makanan dan minuman sebelum pergi ke konser. Beberapa venue konser melarang penonton untuk membawa makanan dan minuman ke dalamnya, jadi pastikan Anda sudah makan dan minum terlebih dahulu sebelum menonton konser. Selain itu, Anda bisa membeli makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau di luar venue konser.

6. Mengalokasikan Dana untuk Dana Darurat atau Investasi

Baca juga: Fire Movement: Menuju Kemandirian Finansial dan Pensiun Dini

Terakhir, jangan lupa untuk mengalokasikan sebagian uang untuk dana darurat dan investasi. Dana darurat bisa digunakan agar tidak perlu menggunakan kartu kredit atau mengajukan pinjaman selama menonton konser sehingga keuangan Anda tetap sehat dalam jangka panjang. Sementara itu, investasi juga dibutuhkan supaya Anda bisa memenuhi tujuan keuangan jangka panjang yang ingin dicapai.