Wanita Sedang Mengatur Keuangan THR

9 Tips Efektif Mengatur Uang THR untuk Menyambut Hari Raya

Menjelang Hari Raya Idulfitri, Anda pasti juga menantikan Tunjangan Hari Raya (THR). Banyak orang menggunakan THR untuk membelanjakan kebutuhan Lebaran, namun tidak sedikit pula yang menyisihkan sebagian dari THR untuk ditabung. Lantas, bagaimana penggunaan uang THR dengan bijak? Ketahui tipsnya berikut ini.

Pentingkah Mengatur Uang THR dengan Bijak?

Biasanya, uang THR digunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran atau membeli hadiah Lebaran untuk orang terkasih. Uang THR akan habis begitu saja kalau tidak diatur dengan baik.

Tentu ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi menjelang Hari Raya Idulfitri, mulai dari membeli pakaian baru, bahan makanan khas Lebaran, atau bingkisan untuk orang terkasih. Penting sekali mengatur alokasi penggunaan THR supaya bisa memenuhi semua kebutuhan Lebaran.

Pengelolaan uang THR yang bijak juga akan menghindarkan Anda dari meminjam dana kepada orang lain atau kepada pihak lain. Euforia Lebaran terkadang membuat banyak orang ingin menggunakan dana secara berlebihan. Alhasil, mereka terjebak dalam pinjaman atau utang. Inilah pentingnya pengelolaan uang THR yang baik, supaya tidak terjebak berutang atau menghabiskannya untuk pengeluaran yang bersifat impulsif.

Baca Juga: Impulsive Buying, Mengatasi Godaan Belanja saat Bulan Puasa

9 Tips Mengatur Uang THR dengan Efektif

Tentunya diperlukan langkah praktis supaya uang THR bisa dikelola dengan baik. Bagaimana caranya? Lakukan tips mengelola uang THR di bawah ini setelah kamu menerima uang THR.

1. Buatlah Daftar Prioritas Pengeluaran

Tips mengelola THR pertama adalah membuat anggaran pengeluaran serinci mungkin supaya uang THR yang tersedia bisa dialokasikan sebagaimana mestinya. Prioritaskan pengeluaran rutin dan keperluan Lebaran dalam anggaran dan catatlah dalam nominal yang realistis. Sisa dari uang THR bisa ditabung atau investasi dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

2. Sisihkan Sebagian Uang THR untuk Menabung

Kamu bisa menabung sebanyak 5% sampai 20% atau tentukan sendiri persentasenya. Tabunglah uang kamu pada produk tabungan yang tepat. Contohnya, kamu bisa menabung uang di tabungan berjangka yang tidak bisa diambil dalam beberapa periode waktu ke depan.

3. Hindari Penggunaan Uang THR untuk Konsumsi yang Tidak Perlu

Setelah membuat anggaran pengeluaran THR, barulah kamu bisa membelanjakannya. Selalu ingat untuk menghindari pengeluaran yang mubazir atau tidak diperlukan. kamu juga perlu menahan hasrat untuk tidak berbelanja secara berlebihan (impulsive buying) pada momen menjelang Lebaran. Apabila menemukan produk yang disukai, pastikan kamu memikirkan urgensi atau kebutuhan penggunaannya terlebih dahulu sebelum membelinya.

4. Gunakan Uang THR untuk Melunasi Utang yang Sudah Ada

Uang THR bisa juga digunakan untuk melunasi kewajiban berupa hutang atau cicilan pinjaman yang dimiliki. Prioritaskan untuk membayar utang yang telah terlambat atau lewat dari tenggat waktu yang telah ditetapkan.

5. Gunakan Uang THR untuk Investasi

Selain menabung, kamu juga bisa menyisihkan dana untuk investasi. Sebelum berinvestasi, kamu perlu memilih instrumen investasi yang aman dan menjanjikan. Sesuaikan instrumen investasi yang dipilih dengan profil risiko investasi kamu . Carilah informasi investasi yang akurat dan terpercaya, contohnya dari akun media sosial atau membaca buku tentang keuangan, supaya kamu tidak terjebak dalam investasi yang tidak aman.

6. Tetap Disiplin dan Konsisten dengan Rencana Pengeluaran

Rencana pengeluaran yang telah dibuat harus dipenuhi dengan konsisten supaya tujuan keuangan kamu tetap tercapai. Miliki komitmen untuk tidak membelanjakan uang THR melebihi anggaran yang tersedia.

Baca juga: Mengelola Keuangan Mudik: Tips Agar Liburan Lebaran

7. Jangan Lupa Untuk Berbagi dengan Orang Lain

Ketika merencanakan pengeluaranmu untuk Lebaran nanti, pastikan untuk menyisihkan sebagian uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk keperluan berbagi. Sisihkan uang THR untuk membayar zakat atau pemberian kepada anggota keluarga seperti adik atau keponakan.

Agar lebih teratur dalam menyebarkan THR, buatlah daftar penerima THR beserta nominal yang akan diberikan. Dengan daftar ini, akan lebih mudah bagi kamu untuk menyalurkan THR dan menghindari kekurangan uang THR karena memberikannya kepada orang yang tidak termasuk dalam daftar penerima.

8. Membuat Asuransi

Menggunakan asuransi merupakan salah satu cara untuk mengelola risiko yang mungkin timbul di masa depan. Sebagian dari Tunjangan Hari Raya (THR) juga bisa dialokasikan untuk membayar premi asuransi. Dengan memiliki polis asuransi, kamu akan merasa lebih aman dan terlindungi dari risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Sebelum memutuskan asuransi yang akan kamu pilih, pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan, serta manfaat yang akan kamu terima dari polis tersebut. Selalu pertimbangkan biaya premi dan manfaat yang ditawarkan, sehingga kamu tidak merasa terbebani dalam membayar premi setiap bulan.

9. Menyisihkan Sebagai Dana Darurat

Satu saran terakhir dalam mengatur Tunjangan Hari Raya (THR) adalah mengalokasikannya untuk dana darurat. kamu dapat menyisihkan sekitar 20% hingga 30% dari total THR untuk keperluan dana darurat.

Tindakan ini sangat penting dilakukan karena tidak ada yang bisa memprediksi kebutuhan darurat yang mungkin timbul. Dalam waktu yang tidak terduga, seperti kecelakaan, kehilangan pekerjaan, atau masalah kesehatan, dana darurat dapat menjadi penyelamat.

Baca juga: 4 Cara Mempersiapkan Dana Liburan agar Liburan Anda Tercapai

Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu hal yang dinantikan oleh banyak orang. Penggunaan THR dapat bervariasi, mulai dari memenuhi kebutuhan Lebaran hingga menyisihkan sebagian untuk ditabung atau diinvestasikan. Pengelolaan uang THR dengan bijak sangatlah penting, terutama dalam menjaga kestabilan keuangan dan menghindari utang yang tidak perlu. Dengan mengikuti tips-tips pengelolaan uang THR yang efektif, kita dapat memastikan bahwa penggunaan THR memberikan manfaat yang maksimal dan membantu dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Jangan biarkan masa depanmu terlupakan. Temukan solusi asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhanmu hari ini dengan Prudential. Mulailah mengalokasikan sebagian dari THR-mu untuk investasi bersama Prudential dan bangunlah keamanan finansial jangka panjang untuk dirimu dan keluargamu. Temukan produk Asuransi yang tepat untukmu dan mulailah merencanakan masa depan finansialmu dengan lebih baik sekarang!

Bangun Perencanaan Keuangan Lebih Bijak 

Cek di Sini

Tips Mengatur Uang THR dengan Baik

Tentunya diperlukan langkah praktis supaya uang THR bisa dikelola dengan baik. Bagaimana caranya? Lakukan tips di bawah ini setelah Anda menerima uang THR.

1. Buatlah Daftar Prioritas Pengeluaran

Setelah mendapatkan uang THR, jangan langsung membelanjakannya. Anda perlu membuat anggaran pengeluaran serinci mungkin supaya uang THR yang tersedia bisa dialokasikan sebagaimana mestinya. Prioritaskan pengeluaran rutin dan keperluan Lebaran dalam anggaran dan catatlah dalam nominal yang realistis. Sisa dari uang THR bisa ditabung atau investasi dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

2. Sisihkan Sebagian Uang THR untuk Menabung

Anda bisa menabung sebanyak 5% sampai 20% atau tentukan sendiri persentasenya. Tabunglah uang Anda pada produk tabungan yang tepat. Contohnya, Anda bisa menabung uang di tabungan berjangka yang tidak bisa diambil dalam beberapa periode waktu ke depan.

3. Hindari Penggunaan Uang THR untuk Konsumsi yang Tidak Perlu

Setelah membuat anggaran pengeluaran THR, barulah Anda bisa membelanjakannya. Selalu ingat untuk menghindari pengeluaran yang mubazir atau tidak diperlukan. Anda juga perlu menahan diri untuk tidak berbelanja secara berlebihan (impulsive buying) pada momen menjelang Lebaran. Apabila menemukan produk yang disukai, pastikan Anda memikirkan urgensi atau kebutuhan penggunaannya terlebih dahulu sebelum membelinya.

4. Gunakan Uang THR untuk Melunasi Utang yang Sudah Ada

Uang THR bisa juga digunakan untuk melunasi kewajiban berupa utang atau cicilan pinjaman yang dimiliki. Prioritaskan untuk membayar utang yang telah terlambat atau lewat dari tenggat waktu yang telah ditetapkan.

5. Gunakan Uang THR untuk Investasi

Selain menabung, Anda juga bisa menyisihkan dana untuk investasi. Sebelum berinvestasi, Anda perlu memilih instrumen investasi yang aman dan menjanjikan. Sesuaikan instrumen investasi yang dipilih dengan profil risiko investasi Anda. Carilah informasi investasi yang akurat dan tepercaya, contohnya dari akun media sosial atau membaca buku tentang keuangan, supaya Anda tidak terjebak dalam investasi yang tidak aman.

6. Tetap Disiplin dan Konsisten dengan Rencana Pengeluaran

Rencana pengeluaran yang telah dibuat harus dipenuhi dengan konsisten supaya tujuan keuangan Anda tetap tercapai. Miliki komitmen untuk tidak membelanjakan uang THR melebihi anggaran yang tersedia.

Baca Juga: Mengelola Keuangan Mudik, Tips Agar Liburan Lebaran Lebih Terencana dan Terkendali

Kesimpulan

Lakukan tips mengatur uang THR di atas, mulai dari membuat daftar prioritas pengeluaran hingga mengimplementasikannya dengan disiplin dan konsisten, agar terhindar dari risiko berutang.

Baca juga artikel ini: Pentingnya Money Parenting untuk Anak