Suami istri berbicara dengan agen properti

Cara Menabung Efektif untuk Membeli Rumah Impian Anda

Kenaikan harga uang muka rumah yang tinggi menjadi salah satu alasan generasi milenial agak kesulitan memiliki rumah impian. Namun,  Anda bisa mencari cara menabung untuk beli rumah dengan efektif untuk mewujudkan impian tersebut.

Bagaimana caranya? Simak serangkaian tip di bawah ini sampai selesai sebagai panduan Anda.    

Tentukan Tujuan dan Anggaran untuk Membeli Rumah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, Anda perlu menentukan tujuan dan anggaran rumah yang akan dibeli. Tujuan perlu ditetapkan sejak awal supaya Anda memiliki panduan dan arahan yang jelas dalam mengelola tabungan sampai mencapai target yang ditetapkan. Lakukan dua langkah berikut sebagai permulaan menabung untuk beli rumah.

1. Mulai dengan Menetapkan Tujuan

Tetapkan tujuan yang jelas mengenai rumah yang ingin dibeli. Cari tahu jenis rumah yang diinginkan, lokasi rumah, serta estimasi harga yang sesuai dengan anggaran. Setelah selesai, Anda bisa menuliskannya dalam kertas atau buku supaya lebih termotivasi untuk menabung dengan disiplin.

2. Buat Anggaran

Anggaran pembelian rumah sebaiknya disusun secara realistis. Hitunglah penghasilan dan daftar pengeluaran rutin per bulannya. Sisihkan sebagian dari penghasilan sebesar 10%-20% untuk menabung setiap bulan, termasuk juga tabungan untuk membeli rumah. Jangan abaikan pengeluaran rutin yang harus dibayar, seperti tagihan cicilan kredit, dan kebutuhan sehari-hari. Buat anggaran yang detail dan terapkan secara disiplin, supaya Anda bisa memiliki alokasi dana untuk ditabung.

Baca juga: Pentingnya Money Parenting untuk Anak

Raih Tujuan Keuangan Anda dengan PAYDI 

Cek di Sini

Buat Rencana Menabung

Berikutnya, Anda bisa membuat rencana menabung. Rencana ini berguna agar Anda bisa mengelola keuangan secara bijaksana dan mampu mencapai target menabung yang telah ditetapkan. Beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat rencana menabung sebagai berikut:

1. Hitung Dana yang Dibutuhkan

Hitunglah dana yang dibutuhkan untuk membeli rumah sesuai tujuan dan anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Perhatikan harga rumah yang sesuai dengan tujuan Anda, serta biaya lainnya yang mungkin diperlukan, seperti biaya notaris, pajak, dan asuransi. Tidak ada salahnya memperkirakan kenaikan harga setiap tahunnya karena harga properti cenderung mengalami peningkatan. Anda bisa menentukan target menabung yang harus dicapai dengan langkah ini.

2. Tentukan Waktu Menabung

Setelahnya, tentukan waktu atau durasi menabung yang realistis untuk mencapainya. Sesuaikan waktu menabung dengan penghasilan dan anggaran yang telah dibuat. Pastikan Anda memiliki durasi yang cukup untuk menabung dengan jumlah yang ditetapkan untuk mencapai target yang diinginkan.

3. Pilih Jenis Investasi

Selain menabung di tabungan perbankan, Anda bisa memilih jenis investasi untuk memaksimalkan dana yang ditabung. Ada beberapa jenis investasi jangka menengah dan jangka panjang yang bisa dipilih, termasuk reksa dana dan saham. Pilihlah jenis investasi sesuai dengan tujuan, durasi menabung, dan profil risiko Anda. Lebih baik melakukan riset terlebih dahulu atau berkonsultasi dengan ahli keuangan untuk keputusan investasi yang lebih bijaksana.

4. Tetapkan Target Menabung

Target menabung hendaknya dibuat dengan pola S.M.A.R.T (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Bound). Pola ini akan membantu memastikan agar target menabung yang dibuat tetap realistis. Anda juga akan memiliki tujuan yang spesifik dan terukur dalam proses menabung.

Baca juga: 4 Tips Menabung Agar Milenial Bisa Punya Rumah

Hemat Pengeluaran

Menghemat pengeluaran sangat membantu dalam mengumpulkan uang lebih cepat ketika membeli rumah. Berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran Anda.

1. Catat Daftar Pengeluaran

Catatlah setiap pengeluaran Anda dalam satu bulan dengan detail, baik itu pengeluaran rutin seperti tagihan bulanan, kebutuhan sehari-hari, hingga pengeluaran yang terlihat kecil seperti jajan atau berbelanja. Anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang penggunaan uang dalam satu bulan serta pos pengeluaran yang bisa dihemat.

2. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Setelah mencatat daftar pengeluaran, identifikasi pengeluaran yang dianggap tidak penting atau bukan kebutuhan mendesak. Contohnya, mengurangi frekuensi makan di luar, membatasi pembelian barang-barang yang tidak diperlukan, atau menghindari impulsive buying. Anda akan menghemat lebih banyak uang untuk tabungan rumah dengan langkah ini.

3. Menghemat Pengeluaran Rutin

Selain dua langkah di atas, cobalah untuk menghemat pengeluaran rutin. Anda bisa mencari cara untuk mengurangi tagihan listrik, air, atau internet dengan menggunakan fasilitasnya secara efisien. Opsi lainnya adalah membandingkan harga dan mencari diskon atau promo untuk membeli kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: Cara Mengatur Pengeluaran dengan Bijak

Jaga Konsistensi Menabung dan Mengelola Keuangan

Konsistensi dalam menabung dan mengelola keuangan merupakan kunci dalam mencapai tujuan keuangan, termasuk membeli rumah impian. Bagaimana caranya agar tetap konsisten? Lakukan tiga langkah di bawah ini!    

1. Cegah Godaan

Selama proses menabung, tentu saja Anda akan menemukan godaan untuk mengeluarkan uang untuk memenuhi keinginan yang datang tiba-tiba. Miliki kontrol diri supaya bisa menghindari segala bentuk godaan yang berdampak buruk pada kondisi keuangan. Aturlah batasan pengeluaran atau minta bantuan orang terdekat untuk mengingatkan Anda jika sering mengalami godaan untuk menghamburkan uang.

2. Lakukan Evaluasi

Evaluasi rutin terhadap anggaran dan rencana menabung merupakan langkah penting dalam menabung. Lakukan evaluasi setiap bulan atau setiap tiga bulan untuk menilai progres dalam mencapai target menabung. Evaluasi juga berguna dalam mengidentifikasi perubahan atau perencanaan yang perlu disesuaikan untuk menghadapi situasi keuangan yang berubah.

3. Berikan Reward pada Diri Sendiri

Tidak ada salahnya memberikan reward pada diri sendiri (self-reward) setiap kali Anda mencapai target menabung. Self-reward akan membantu menjaga motivasi dan konsistensi dalam menabung maupun mengelola keuangan. Namun, pastikan reward yang diberikan masih sesuai dengan anggaran dan tidak mengganggu progres menabung Anda.

Disiplin dalam menerapkan cara menabung untuk beli rumah juga bisa dilakukan dengan tidak menggunakan tabungan tersebut untuk hal lain yang lebih mendesak, salah satunya biaya pengobatan di rumah sakit.

Baca juga: Mempersiapkan Dana Pendidikan Tinggi Anak

Agar menabung untuk beli rumah lebih maksimal, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan PRUProteksi Griya dari rekanan bank Prudential Indonesia. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!