Keluarga muda belajar tata cara berkurban

Pahami Tata Cara Berkurban bagi Keluarga Muda

Daftar Isi

 

Saat Hari Raya Idul Adha, umat Islam menjalankan ibadah yang disebut dengan kurban. Ibadah ini sudah dijalankan sejak dahulu kala dan masih berlangsung hingga sekarang. Bahkan, pihak penyelenggara maupun yang berpartisipasi tidak harus orang tua saja, kaum milenial dan gen Z pun boleh melaksanakan kurban. Bagi Anda yang hendak melaksanakan ibadah kurban, simak tata cara orang yang berkurban berikut ini!

 

Apa Itu Berkurban dan Apa Saja Keutamaannya?

Kurban secara bahasa artinya mendekatkan diri. Sedangkan secara istilah, kurban diartikan sebagai kegiatan menyembelih hewan tertentu di Hari Raya Idul Adha dan hari tasyrik yang dimaksudkan untuk beribadah kepada Allah SWT.  Terkait dengan waktu penyembelihan hewan kurban yaitu saat setelah terbit matahari pada Hari Raya Idul Adha hingga tiga hari setelahnya atau hari tasyrik.

Hukum berkurban adalah sunah muakkad, oleh karenanya dianjurkannya berkurban bagi umat Islam tak lepas dari keutamaan yang ada di baliknya. Seperti yang tercantum dalam hadits riwayat Aisyah r.a. bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Melalui ibadah qurban manusia akan hidup lapang dalam kedermawanan.”

Bahkan, meskipun pisau baru saja digesekkan pada leher hewan dan darahnya belum membasahi tanah, Allah SWT sudah menyiapkan pahala sebagai balasan bagi orang-orang yang taat dan memenuhi perintah agama.

Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada Hari Raya Qurban yang lebih dicintai oleh Allah SWT selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Sesungguhnya sebelum darah qurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berqurban.” (HR. Tirmidzi)

Hadits tersebut telah menegaskan bagaimana keutamaan bagi orang yang melakukan kurban, bahkan sebelum ibadah itu benar-benar dilakukan. Pelaksanaan kurban ini juga dapat memotivasi umat Muslim untuk meningkatkan pengorbanan demi kepentingan agama.

Baca JugaCara Cek NIK Online Dengan Mudah

 

4 Tata Cara Orang yang Berkurban bagi Keluarga Muda

Apakah Anda berniat untuk melaksanakan kurban bagi keluarga di momen Idul Adha? Anda bisa menerapkan tata cara berkurban sesuai syariat islam berikut ini agar bisa berkurban bahkan di usia yang masih muda.

  1. Tentukan jenis dan syarat hewan kurban

Pertama, tentukan terlebih dahulu jenis dan syarat hewan yang akan dikurbankan, dengan demikian Anda akan memiliki target dan motivasi untuk mengumpulkan biayanya. Umumnya hewan yang dijadikan kurban adalah sapi dan kambing. Seekor kambing ukuran kecil dapat dibeli dengan harga Rp1,5 juta hingga Rp2-3 juta untuk yang berukuran besar. Sedangkan sapi lokal berada di kisaran harga Rp10-15 juta. Berkurban kambing hanya berlaku untuk satu orang saja, sedangkan sapi bisa mencapai maksimal tujuh orang.

  1. Mempersiapkan tabungan

Setelah mengetahui harga hewan kurban yang diinginkan, segera persiapkan tabungan Anda. Mulailah menabung setidaknya Rp10 ribu rupiah setiap harinya. Maka, dalam 5-6 bulan, Anda sudah memiliki tabungan untuk membeli seekor kambing kecil. Dalam setahun, kambing berukuran besar sudah bisa didapat. Jika ingin membeli sapi, tabunglah minimal Rp50 ribu setiap hari selama setahun atau sesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing.

  1. Mengelola keuangan dengan baik

Selanjutnya, sebaiknya kelola keuangan Anda dengan baik. Jika Anda berniat menyisihkan Rp10 ribu setiap harinya, atur kembali pengeluaran dan gaji yang didapat tiap bulannya. Atau sebaliknya, Anda juga bisa menyisihkan sebagian dari gaji Anda untuk berkurban. Misalnya, Anda mendapat gaji Rp4 juta tiap bulannya, sesuaikanlah dengan pengeluaran sehari-harinya. Mengelola keuangan adalah kunci dari tata cara orang yang berkurban di usia muda.

  1. Mempersiapkan proteksi diri dan keluarga

Penyakit bisa  menimpa siapa saja dan kapan saja  yang pada akhirnya menimbulkan beragam risiko. Salah satunya adalah risiko keuangan. Jika Anda tak punya asuransi atau tabungan, bukan tidak mungkin Anda akan menggunakan tabungan untuk berkurban. Maka, Anda perlu menyiapkan proteksi kesehatan untuk mengcover finansial jika hal tersebut terjadi, tanpa mengganggu pos keuangan dari uang kurban.

Baca JugaMengetahui Ciri-Ciri Asam Lambung Naik saat Puasa dan Cara Mengatasinya

 

Jika Anda ingin melakukan proteksi dini dari berbagai risiko penyakit, kunjungi situs resmi dan unduh aplikasi PULSE untuk mempermudah Anda dalam memantau kondisi tubuh. PULSE adalah aplikasi khusus berteknologi AI dari Prudential untuk membantu Anda tetap sehat dan bugar.

Pada aplikasi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dari rumah lewat fitur Bicara Dengan Dokter. Aplikasi PULSE juga memiliki fitur Perencana Makanan Saya​ yang akan memberikan ragam inspirasi makanan sehat setiap hari. Ayo, jaga selalu kesehatan Anda bersama PULSE dari Prudential Indonesia. Anda juga bisa mencari informasi seputar produk asuransi lainnya seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, hingga asuransi pendidikan di situs resmi Prudential Indonesia!

Diskusi kebutuhan Anda di sini!

Isi data berikut dan kami akan menghubungi Anda
error
lengkapi form berikut

Pemegang Polis

Pemegang Polis

Nama

Apakah ada topik yang ingin ditanyakan?

Saya /kami telah membaca, memahami dan memberikan persetujuan saya/kami kepada Prudential Indonesia untuk mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan data pribadi saya/kami sesuai dengan Deklarasi Privasi *

Contact us