seorang pria sedang menjelaskan sesuatu

Pahami Cara Cek Kartu Keluarga Online Terbaru dengan Mudah

Dengan semakin canggihnya teknologi internet, membuat semua kegiatan semakin mudah. Ada beberapa hal yang sangat dimudahkan dengan hadirnya teknologi internet, Anda bisa membayar listrik, membeli pulsa, mengirimkan barang hingga membeli makanan hanya dengan menggunakan 
aplikasi dalam genggaman. Hadirnya teknologi internet membuat semua hal atau kegiatan semakin mudah dan praktis.  

Selain beberapa kegiatan yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mengecek nomor kartu keluarga secara online,  untuk mengecek kartu keluarga, Anda harus mengecek di rumah atau bertanya kepada orang rumah mengenai nomor kartu keluarga atau yang dikenal dengan NIK. Saat ini, Anda bisa mengecek nomor kartu keluarga secara online. Beberapa cara cek kartu keluarga online antara lain: 

Melalui Website 

Jika Anda ingin mengecek kartu keluarga secara online, Anda bisa membukanya melalui website. Anda bisa mengecek apakah NIK yang terdapat di e-KTP Anda sudah tersimpan atau belum dengan membuka website Dukcapil. Berikut langkahnya: 

  • Buka browser Anda 
  • Ketik alamat http://dukcapil.kemendagri.go.id/ 
  • Masukkan NIK e-KTP pada kolom yang tersedia 
  • Jika NIK Anda sudah terdaftar dalam database, maka data Anda akan muncul secara lengkap. 

 

Baca Juga: Makna Hari Pahlawan Indonesia


Melalui Media Sosial 

Selain mengecek nomor kartu keluarga secara online, Anda juga bisa mengecek nomor kartu keluarga melalui media sosial dengan format yang sama. Anda bisa mencari akun Facebook Halo Dukcapil, dan Twitter dengan username @ccdukcapil. Untuk keamanan bersama sebaiknya Anda mengirimkan pesan melalui fitur direct message dan private message untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  

Baca juga: Jenis-Jenis Zakat dan Ketentuannya

Melalui Surel, Telpon 

Selain melalui dua media di atas, Anda juga bisa mengecek kartu keluarga online dengan cara mengirim surel dan telpon. Anda bisa mengirim surel ke alamat email ditjendukcapil@kemendagri.go.id, atau telpon di nomor (021) 79194075. 

Baca Juga: Perbedaan Wakaf dengan Zakat & Infak

Nah, Itulah beberapa cara mengecek kartu keluarga secara online yang bisa Anda lakukan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resminya di sini. Baca juga artikel berikut untuk tips mewujudkan keluarga sehat dan bahagia yang bisa Anda lakukan!