3 wanita jongkok di pinggir pantai

Ketahui 10 Destinasi Wisata Favorit Indonesia

Sudahkah Anda memilih tempat wisata yang ingin dikunjungi pada akhir tahun ini? Apabila belum, Anda harus segera memutuskannya karena pesanan tiket transportasi dan akomodasi makin meningkat seiring dengan mendekatnya akhir tahun. Barangkali Anda bingung menentukan destinasi wisata Indonesia karena banyaknya pilihan yang tersedia. Jangan khawatir, artikel ini siap membantu Anda dengan merekomendasikan destinasi wisata favorit Indonesia.

Liburan impian tidak pernah lepas dari perencanaan finansial. Pasalnya, Anda harus memastikan bahwa dana yang tersedia cukup untuk menikmati liburan. Sayangnya, tidak jarang kita terjebak dalam gaya hidup konsumtif sehingga menghabiskan dana liburan di luar anggaran. Untuk mengatasinya, Anda bisa membaca artikel ini Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif dan Bijak Mengelola Keuangan.

Di artikel ini, kami membagikan deretan tempat wisata di Indonesia yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk dikunjungi. Daftar destinasi wisata di bawah ini direkomendasikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam website Wonderful Indonesia. Yuk, simak!

Baca Juga:  Mengelola Keuangan Mudik: Tips Agar Liburan Lebaran Lebih Terencana dan Terkendali

1. Bali

Tidak lengkap rasanya membahas destinasi wisata favorit di Indonesia tanpa memasukkan Bali ke dalam daftar ini. Sebagai 'surga'nya Indonesia, Bali mempunyai banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi sesuai preferensi traveling.

Untuk Anda yang mencintai budaya, Pura Besakih bisa menjadi pilihan. Salah satu pura terbesar di Bali ini mempunyai arsitektur yang megah dan suasana spiritual yang kuat sehingga Anda bisa merasakan pengalaman budaya yang kaya ketika mengunjunginya. Perlu dicatat bahwa Anda hanya bisa mengunjungi Pura Besakih pada pukul 08.00 sampai 18.00. Anda juga harus membayar tiket masuk sebesar Rp30.000.

Ada juga Gunung Batur yang bisa menjadi pilihan bagi pecinta trekking. Anda bisa mendaki Gunung Batur pada pagi hari untuk menikmati pemandangan matahari terbit dari ketinggian yang ingin dicapai.

Baca juga: Frugal Living: Pengertian, Tujuan, Tips dan Manfaatnya | Prudential Indonesia

2. Jakarta

Ibu kota Indonesia juga mempunyai beragam destinasi wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang menghadirkan replika dari setiap provinsi di Indonesia sehingga Anda bisa mempelajari keberagaman budaya, arsitektur, dan tradisi dari seluruh penjuru Indonesia.

Untuk masuk ke TMII, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 dan tiket kendaraan motor sebesar Rp15.000 dan mobil seharga Rp35.000. Perlu diketahui bahwa tiket masuk ini belum termasuk tiket wahana dan museum di dalam TMII.

Selain TMII, Anda juga bisa mengunjungi Kota Tua. Di destinasi wisata ini, Anda bisa melihat kondisi Indonesia pada zaman kolonial. Ada pun tiket masuk Kota Tua adalah Rp5.000 untuk orang dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak.

Baca Juga:  Mengelola Keuangan Mudik: Tips Agar Liburan Lebaran Lebih Terencana dan Terkendali

Raih Tujuan Keuangan Anda  dengan PAYDI

Cek di Sini

3. Raja Ampat, Papua Barat

Wilayah Indonesia bagian Timur juga mempunyai tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan bagi Anda yang menyukai keindahan laut.

Anda bisa mulai dengan snorkeling di Pulau Wayag untuk menyaksikan keindahan bawah laut berupa terumbu karang dan keanekaragaman hayati yang kaya. Ada juga Pulau Misool yang pemandangan bawah lautnya tidak kalah menarik untuk dilihat melalui snorkeling. Nah, untuk menikmati snorkeling, Anda harus mempersiapkan biaya sebesar Rp200.000 sampai Rp500.000.

Teluk Kabui juga menjadi pilihan tempat wisata lainnya bagi para pelancong yang mengunjungi Raja Ampat. Tebing karst yang menjulang tinggi dan pemandangan air laut yang tenang menjadi panorama yang tidak terlupakan selama liburan.

4. Yogyakarta

Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang kaya dengan sejarah dan budaya Jawa yang bisa ditemukan di setiap sudut kotanya. Di Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta yang megah dan mengetahui kekayaan sejarah dan kebudayaan Jawa. Anda dapat menjelajahi setiap sudut istana yang dipenuhi dengan pernak-pernik tradisional, museum, dan pertunjukan seni tradisional yang memukau.

Untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta, Anda hanya membayar tiket masuk mulai dari Rp10.000. Pastikan Anda mengunjungi Keraton Yogyakarta di jam bukanya, yaitu pada hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 08.00 sampai 14.00.

5. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Dari Yogyakarta, Anda bisa berkendara selama 1 jam 20 menit ke Candi Borobudur yang menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO. Di Candi Borobudur, Anda bisa melihat arsitektur yang digambarkan dalam stupa dan relief yang terukir di dindingnya. Anda pun bisa mengetahui cerita perjalanan hidup Sidharta Gautama yang dikenal sebagai Sang Budha melalui gambar pada relief tersebut.

Ketika mengunjungi Candi Borobudur, Anda harus mempersiapkan uang tiket masuk sebesar Rp25.000 (untuk pengunjung domestik berusia 3-10 tahun) dan Rp50.000 (untuk pengunjung domestik di atas 10 tahun) dan Rp5.000 sampai Rp25.000 untuk tiket parkir kendaraan. Ada pun jam berkunjung ke halaman Candi Borobudur adalah pukul 07.00 sampai 17.00, namun Anda bisa mengantri di loketnya mulai pukul 06.30.

6. Bandung, Jawa Barat

Bandung menyimpan kekayaan alam dan nuansa kota kontemporer sehingga Anda bisa merasakan dua pengalaman wisata yang berbeda. Kekayaan alam yang terkenal di Bandung adalah Gunung Tangkuban Perahu. Dari puncaknya, Anda dapat melihat dua kawah yang indah, yaitu Kawah Ratu dan Kawah Domas. Jangan lupa untuk mempersiapkan uang tiket masuk sebesar Rp20.000 jika berkunjung di hari kerja atau Rp30.000 kalau memilih berkunjung di akhir pekan.

Di area kotanya, Anda bisa mengunjungi Gedung Sate yang ikonik. Di dalamnya, ada museum yang menampilkan koleksi benda ketika Gedung Sate dijadikan tempat pemerintahan Belanda. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp5.000, dan Anda bisa mengunjunginya setiap hari pada pukul 08.00 sampai 14.00.

Baca juga: Nonton Konser Sendiri atau Bareng Orang Terdekat: Menciptakan Kenangan Musikal yang Berharga dengan Persiapan Finansial yang Tepat | Prudential Indonesia

7. Taman Nasional Komodo, NTT

Taman Nasional Komodo merupakan rumah bagi reptil raksasa yang ikonik, yaitu Komodo Dragon. Terletak di Nusa Tenggara Timur, tempat ini juga menawarkan pemandangan yang memukau, dilihat dari perbukitan yang menjulang, pantai berpasir putih, dan air laut yang berkilauan. Kabar bagusnya, Taman Nasional Komodo bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam. Hanya saja Anda perlu mempersiapkan anggaran untuk memasuki Taman Nasional Komodo sesuai panjang track yang ingin dijelajahi, yaitu:

  • Short track: Rp250.000.

  • Medium track: Rp275.000.

  • Long track: Rp300.000.

 

Baca juga: Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif dan Bijak Mengelola Keuangan | Prudential Indonesia

8. Labuan Bajo, NTT

Labuan Bajo adalah kota kecil yang menawan di ujung barat daya Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Pantai dan kehidupan laut yang menakjubkan membuat Labuan Bajo menjadi destinasi favorit bagi pecinta alam. Anda bisa menikmati sunset yang memesona di perbukitan Labuan Bajo. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner lokal di warung tradisional sebagai dukungan untuk pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah ini.

Baca Juga: Persiapan Biaya Pernikahan: Strategi Alokasi Dana untuk Budget Pernikahan Anda

9. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba sudah lama dikenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Area di sekelilingnya juga memukau dan Anda bisa mengunjungi desa tradisional yang menawan. Dari tepi Danau Toba, Anda bisa ‘menyeberang’ dengan kapal feri ke Pulau Samosir yang kaya dengan warisan budaya Batak. Keberangkatan feri dari Danau Toba dimulai sejak pukul 07.30 hingga 18.00. Ada pun harga tiketnya bervariasi sesuai jenis kendaraan yang Anda bawa. Untuk motor, dikenakan biaya mulai dari Rp15.000, sedangkan mobil dipatok biaya mulai dari Rp170.000.

Baca juga: Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Fisik dan Mental | Prudential Indonesia

10. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pulau yang bertetangga dengan Bali ini juga menawarkan keindahan alam yang tidak kalah menarik untuk dinikmati. Pantai Tanjung Aan adalah salah satu daya tarik utama di Lombok. Pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang menciptakan panorama pantai yang menakjubkan. Anda bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati sinar matahari yang hangat atau beraktivitas seperti bermain voli pantai.

Tidak hanya pantai, Lombok juga mempunyai Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Anda bisa trekking untuk menikmati pemandangan alam seperti danau kawah sambil menaklukkan puncak gunung yang menantang.

Baca Juga: Persiapan Biaya Pernikahan: Strategi Alokasi Dana untuk Budget Pernikahan Anda

Tips dan Rekomendasi untuk Perjalanan yang Tidak Terlupakan

Setiap perjalanan memiliki keunikan dan tantangannya sendiri. Untuk memastikan liburan Anda di destinasi wisata Indonesia menjadi momen yang tak terlupakan, ada beberapa tips dan rekomendasi yang perlu dipertimbangkan sebelum berangkat.

1. Pilih Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Setiap destinasi memiliki waktu yang ideal untuk dikunjungi, tergantung pada preferensi cuaca dan tingkat kepadatan wisatawan. Karena liburan akhir tahun berada di musim hujan, Anda perlu mempertimbangkan waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata outdoor. Anda bisa melihat prakiraan cuaca di aplikasi yang tersedia di smartphone untuk mengetahui waktu terbaik mengunjungi destinasi wisata favorit di Indonesia.

Waktu yang tepat juga berkaitan dengan event lokal yang ingin dikunjungi. Contohnya, Yogyakarta mempunyai deretan festival seni tahunan yang khas dengan kebudayaan Jawa. Anda bisa mencari informasinya melalui website atau akun Instagram yang berkaitan dengan tempat wisata tersebut.

2. Pilih Akomodasi yang Sesuai Anggaran dan Kebutuhan

Sebelum memilih akomodasi, pertimbangkan anggaran Anda dan tentukan tempat menginap yang sesuai preferensi dan kebutuhan Anda. Apabila mencari pengalaman yang lebih autentik dan khas dengan kebudayaan, Anda bisa mencoba menginap di homestay atau vila tradisional di sekitar destinasi wisata.

Selain itu, pastikan akomodasi yang dipilih juga sesuai lokasi dan aktivitas yang direncanakan. Jika merencanakan banyak waktu di pantai, Anda bisa memilih akomodasi yang dekat pantai agar bisa menghemat waktu perjalanan dan meningkatkan kenyamanan saat liburan.

Baca juga: Mengenal Sejarah Hari Anak Nasional: Mengapresiasi Perjuangan dan Hak Anak di Indonesia | Prudential Indonesia

3. Jangan Lupa Mencicipi Kuliner Lokal

Salah satu keunikan dari setiap destinasi wisata Indonesia adalah kekayaan kuliner lokalnya. Jangan lewatkan kesempatan mencoba hidangan khas dari setiap daerah yang Anda kunjungi. Bali menawarkan berbagai hidangan lezat mulai dari sate lilit dan bebek betutu. Sementara itu, Yogyakarta terkenal dengan gudeg dan bakpia. Anda bisa memahami budaya dan tradisi setempat dengan pengalaman kuliner ini. Untuk menemukan kuliner lokal yang pas, Anda bisa meminta rekomendasi dari penduduk lokal atau mencoba warung kecil yang sering dikunjungi oleh warga lokal.

4. Siapkan Rencana Perjalanan yang Matang dan Fleksibel

Liburan yang ideal tentu harus mempunyai rencana yang matang. Namun, Anda juga perlu mempunyai rencana yang fleksibel dan bisa diubah jika ada beberapa hal yang tidak sesuai rencana. Fleksibilitas dalam menyusun rencana perjalanan juga membuat Anda lebih siap menghadapi kondisi yang tidak terduga selama di perjalanan.

Yang pasti, Anda perlu merencanakan transportasi antar tempat wisata serta mempertimbangkan waktu perjalanan dan potensi kemacetan. Jadwalkan waktu senggang untuk menikmati keindahan alam supaya liburan Anda lebih maksimal.

Baca Juga: Keamanan Finansial: Langkah-langkah Menuju Kesejahteraan Keuangan

Kesimpulan

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata favorit yang unik dan layak dikunjungi. Mulai dari Bali yang terkenal dengan pantainya, Yogyakarta yang kaya akan budaya, Raja Ampat dengan keindahan bawah lautnya, hingga Lombok yang mempunyai pantai yang indah. Tentunya Anda tetap perlu merencanakan perjalanan dengan baik dengan mengikuti tips yang sudah dibagikan di artikel ini.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk asuransi dari Prudential!

Baca juga: Perbandingan Tiga Jenis Investasi: Kesehatan, Properti, dan Pengetahuan. Mana yang Lebih Baik? | Prudential Indonesia