berdiskusi

Pahami Cara dan Syarat Pendaftaran Asuransi di Rumah Sakit

Saat ini, semakin banyak orang yang peduli akan kesehatannya masing-masing. Maka dari itu, banyak orang akhirnya memiliki asuransi untuk memberi perlindungan tambahan. Namun, sayangnya, belum banyak orang yang memahami cara kerja klaim asuransi di rumah sakit. Untuk ini, ada beberapa syarat pendaftaran asuransi di rumah sakit yang perlu Anda ketahui. Syarat-syarat tersebut disebut juga dengan istilah pre-admission atau pra-pendaftaran.

Mengetahui bagaimana melakukan pra-pendaftaran akan sangat membantu Anda dalam hal klaim asuransi di rumah sakit. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan asuransi yang Anda miliki sebaik-baiknya. Bagaimanakah kinerjanya? Simak artikel ini!

Pengertian & Tujuan dari Pre-admission Asuransi

Sekarang, ada berbagai macam produk asuransi yang bisa Anda pilih. Dari sekian banyak asuransi yang ada, Anda harus bisa memahami betul proses klaim asuransi pilihan Anda. Jika tidak, maka produk asuransi yang Anda punya tentu akan sia-sia.

Manfaat tiap asuransi bisa Anda rasakan secara maksimal jika Anda memahami syarat serta ketentuan yang berlaku sesuai dengan polis. Ketika Anda memahami dengan betul bagaimana cara kerja klaim asuransi dengan pra-pendaftaran ini, maka Anda bisa memastikan bahwa Anda akan mendapatkan jaminan atas tindakan medis, one day care, bahkan rawat inap.

Pra-pendaftaran atau pre-admission sendiri merupakan sebuah proses di mana Anda harus melakukan pengajuan tindakan melalui rumah sakit sebelum Anda mengambil tindakan medis. Jadi, jika Anda berencana untuk melakukan tindakan medis di suatu rumah sakit, Anda harus mengajukan syarat-syarat yang sudah ditentukan setidaknya lima hari sebelum tanggal tindakan.

Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan kepastian penjaminan awal sementara dari perusahaan asuransi untuk melakukan tindakan medis, contohnya seperti rawat inap, sebelum hal itu dilakukan.

Syarat Melakukan Pre-admission

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Anda harus melakukan pengajuan tindakan sebelum mengambil tindakan medis. Pengajuan ini tentunya mengandung syarat-syarat tertentu. Lalu, apa sajakah syarat pendaftaran asuransi di rumah sakit agar Anda bisa memanfaatkan asuransi yang Anda miliki?

1. Peserta butuh tindakan medis, rawat inap, dan ODC

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda memang membutuhkan tindakan medis seperti rawat inap atau one day care. Setelah itu, Anda bisa mengumpulkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan menghubungi rumah sakit yang menjadi rekan dari perusahaan asuransi.

Hal ini wajib dilakukan minimal lima hari kerja sebelum rencana tindakan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan tindakan medis lebih lancar dan mudah karena sudah mengurus pengajuan tindakan terlebih dahulu.

2. Menyiapkan dokumen

Berikutnya, yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan segala dokumen sesuai dengan ketentuan. Adapun dokumen-dokumen tersebut adalah:

  • KTP Peserta/Pemegang Polis

  • Surat Permintaan Tindakan (SPT)

  • Dokumen pendukung yang ditetapkan berdasarkan aturan dalam polis yang berlaku Namun, jika Anda mengalami kejadian yang tidak diharapkan seperti kecelakaan, maka ada beberapa dokumen tambahan yang dibutuhkan, seperti:

  • Laporan medis awal/laporan medis awal kecelakaan

  • Kronologi kecelakaan

3. Kirim seluruh dokumen ke perusahaan asuransi

Setelah Anda mengumpulkan semua syarat pendaftaran asuransi di rumah sakit, maka Anda bisa langsung menyerahkan dokumen-dokumen tersebut sesuai hari yang ditentukan. Pihak rumah sakit akan membantu Anda agar proses pengajuan jadi lebih mudah.

Jika ingin mengetahui status penjaminan pre-admission, Anda bisa menghubungi pihak rumah sakit tempat Anda mendaftar atau dengan menghubungi Call Center yang berlaku. Bagi Anda yang memiliki asuransi PRUdential, dapat menghubungi Call Center PMN di 15000085. Surat penjaminan awal sementara akan dikirimkan oleh pihak perusahaan asuransi ke rumah sakit setelah permintaan pengajuan disetujui.

Setelah lima hari kerja dan jika surat jaminan awal sementara sudah dikeluarkan, maka peserta dapat langsung mengunjungi rumah sakit dan melengkapi dokumen persyaratan perawatan yang ditentukan rumah sakit.

Dengan memahami berbagai syarat tersebut, Anda bisa merasakan manfaat dari produk asuransi pilihan Anda. Untuk informasi lanjut terkait cara dan syarat pendaftaran asuransi di rumah sakit bersama Prudential, Anda bisa mengunjungi website  Prudential dan follow Instagram @id_prudential agar tidak ketinggalan update terbaru.