wanita sedang melompat

4 Alasan Mengapa Asuransi Penting untuk Generasi Milenial

Siapa bilang asuransi hanya dimiliki oleh orang yang sudah menikah atau berkeluarga? Generasi milenial bisa banget punya asuransi, kok! Alih-alih menghabiskan uang untuk kebutuhan gaya hidup, lebih baik kamu mempersiapkan asuransi dari sekarang. Yuk, simak 4 alasan mengapa asuransi penting bagi milenial!

Gaya Hidup Milenial Masa Kini

Dilansir dari Kompas (17/04/2021), “milenial” adalah deskripsi bagi generasi yang tumbuh dan berproses dengan teknologi, menghabiskan banyak waktu di media sosial, dan gemar bepergian,.

Selain itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Good News From Indonesia 2020, milenial merupakan generasi yang menyukai belanja online dan menduduki di posisi pertama. Hal ini ditandai dari 47 juta milenial pengguna internet, sebanyak 7,8 juta atau 17 persen diantaranya menyukai belanja online.

Dari data di atas, bisa disimpulkan bahwa milenial masa kini tidak lepas dari gaya hidup konsumtif yang didominasi oleh pembelanjaan online. Jika kegiatan ini berlangsung dalam kurun waktu yang lama, tentu akan mengganggu keuangan sehingga milenial kurang bisa memaksimalkan kesempatannya untuk menabung, memiliki asuransi, dan berinvestasi.

 Baca juga: Manfaat Produk Asuransi Unit Link

4 Alasan Mengapa Asuransi Penting untuk Milenial

Jika ingin memiliki perlindungan jiwa dan kesehatan di masa mendatang, milenial perlu mempersiapkan asuransi sedari dini. Berikut 4 alasan mengapa asuransi penting bagi milenial:

  1.  Biaya Premi Lebih Murah

    Kalau memutuskan untuk memiliki asuransi di usia muda, premi yang kamu bayarkan akan jauh lebih murah. Kondisi kesehatan yang masih sehat pada usia 20-30 tahun adalah alasan dari biaya premi yang murah.

    Lain halnya jika kamu memiliki asuransi saat usia 40-50 tahun, perusahaan akan mengenakan biaya premi yang lebih besar karena kondisi kesehatan berbeda dibandingkan saat usia muda dan risiko terkena penyakit pun lebih tinggi.

  2. Memberi Perlindungan

    Asuransi akan memberi perlindungan ketika kamu mengalami risiko di kemudian hari. Perlindungan yang didapatkan tentu tergantung dari jenis asuransi yang kamu pilih.

    Jika memilih asuransi kesehatan, maka kamu akan mendapat perlindungan pada penanganan kesehatan. Sedangkan pada asuransi jiwa, perusahaan asuransi akan menanggung risiko bila nasabah meninggal dunia.

    Dengan mempersiapkan asuransi sedari dini, maka kamu tidak perlu khawatir akan kerugian dari ketidakpastian yang terjadi di masa depan.

  3. Peluang Pengajuan Asuransi Lebih Besar

    Jika kamu mengajukan asuransi sejak usia belia, maka peluang untuk diterima oleh perusahaan asuransi akan lebih besar, karena diasumsikan kamu mengajukan dalam kondisi sehat tanpa penyakit penyerta.

    Berbeda jika pengajuan asuransi terjadi saat usia 40-50, perusahaan asuransi akan melakukan screening yang ketat bagi calon nasabah. Ini dikarenakan, pada rentang usia tersebut, seseorang berisiko lebih besar untuk terkena penyakit dan tutup usia.

  4. Untuk Mengatur Keuangan

    Alih-alih membeli kopi kekinian dan minuman boba setiap hari, kamu bisa mengalihkan keuangan untuk hal yang bermanfaat, seperti asuransi. Dengan memiliki asuransi, uang yang kerap digunakan untuk gaya hidup semata, bisa kamu gunakan untuk membayar premi asuransi setiap bulannya.

    Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat dan mendapat perlindungan di kemudian hari.

Baca juga: Ciri-ciri Asuransi Kesehatan Terbaik

Setelah mengetahui 4 alasan mengapa asuransi penting, sekarang saatnya kamu memberi perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga! Yuk, kunjungi www.prudential.co.id untuk informasi lebih lanjut! Baca juga artikel berikut untuk mengetahui segala ketakutan yang harus dihadapi para millenials kedepannya dan persiapannya.