Wanita sedang membaca petunjuk

Pahami Asuransi Sekaligus Investasi dan Manfaatnya

Asuransi Sekaligus Investasi, Ini Yang Perlu Kamu Pahami.

Tidak hanya orang tua, tapi semua orang butuh asuransi jiwa. Mengapa? Karena asuransi jiwa dapat memberikan manfaat sejumlah uang pertanggungan/santunan asuransi kepada penerima manfaat/keluarga/ahli waris dari tertanggung, apabila tertanggung meninggal dunia akibat masalah kesehatan, penyakit atau kecelakaan, dan jika terjadi risiko kesehatan terhadap diri tertanggung.

Bagi yang ingin miliki asuransi sekaligus berinvestasi, kamu dapat memilih asuransi jiwa unit link karena produk ini memberikan dua manfaat, yaitu manfaat asuransi dan manfaat investasi. Jadi kamu tidak lagi direpotkan mengurus dana investasi dan dana perlindungan secara terpisah.

Selain itu, asuransi jiwa unit link sangat fleksibel karena dapat menambah manfaat. Ya, jika kamu merasa manfaat perlindungan masih kurang maka bisa juga menambah manfaat lainnya sesuai kebutuhan.

Nah, sebelum memilih asuransi jiwa unit link, kamu juga perlu pahami alokasi biaya pada produk ini dari premi yang kamu bayarkan setiap bulan nantinya. Agar kamu tidak kaget saat melihat nilai tunai kamu tidak sesuai dengan premi yang telah dibayarkan.

  • Biaya akuisisi: biaya yang dikenakan kepada Pemegang Polis sehubungan dengan permohonan pertanggungan dan penerbitan Polis yang meliputi antara lain biaya pemeriksaan kesehatan, pengadaan Polis dan pencetakan dokumen, biaya lapangan, biaya pos dan telekomunikasi serta remunerasi karyawan dan tenaga pemasar.

  • Biaya Asuransi: biaya yang akan dikenakan selama Polis aktif dan besarnya bergantung di antaranya pada riwayat kesehatan, usia, jenis kelamin, merokok/tidak merokok, dan besarnya Uang Pertanggungan. Rincian Biaya Asuransi termasuk biaya asuransi tambahan lainnya (jika ada) dapat dilihat pada Ilustrasi Produk Asuransi yang disediakan oleh Tenaga Pemasar. Biaya asuransi pasti akan naik setiap tahunnya, jadi angka yang tertulis di proposal Anda tidak selamanya berlaku.

  • Biaya administrasi: nilai dari biaya ini biasanya hanya puluhan ribu rupiah setiap bulan dan cenderung tidak naik.

  • Biaya Pengelolaan Dana Investasi produk ini bergantung dari jenis investasi yang Anda pilih.

Sedangkan ada juga biaya yang dikenakan bila dilakukan, seperti:

  • Biaya Top-up: adalah biaya yang dikenakan pada saat Anda melakukan Top-up (penambahan Porsi Investasi) yang besarnya adalah 5%.

  • Biaya Pengalihan Dana Investasi (biaya switching): adalah biaya yang dibebankan kepada Pemegang Polis karena dilakukan pengalihan (switching) antar jenis Dana Investasi atas permohonan Pemegang Polis. Besar biaya switching mengikuti ketentuan yang ada di Formulir Pengalihan Unit.

Yuk, cari tahu produk asuransi yang akan kita beli dengan jelas, seperti informasi manfaat perlindungan yang dimiliki, serta alokasi investasi dengan tenaga pemasar agar semua sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko masing-masing.

Kamu juga dapat baca tips berasuransi lainnya di “Sering Ditawari Asuransi? Ini 5 Rahasia yang Belum Kamu Ketahui” dan juga melalui aplikasi Pulse by Prudential.